Produk Susu Anak Bagaimana Cara Memilihnya?

susu pertumbuhan anak 1 tahun
intisari.grid.id

Produk susu anak saat ini sudah ada banyak sekali. Tidak semua ibu yang baru menyusui dapat memberikan asi kepada bayi yang baru dilahirkannya. Berbagai macam alasan kenapa air susu ibu tidak dapat dikeluarkan. Entah karena faktor hormonal atau karena kondisi psikologi ibu yang baru saja melahirkan. Semua permasalahan tersebut dapat menyebabkan asi tidak dapat keluar. Ketika asi tidak dapat dikeluarkan, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah tetap mencoba memberikan asi kepada bayi yang baru anda lahirkan.

Hisapan bayi pada puting susu dapat membantu hormon disekitar payudara untuk membantu proses keluarnya asi.  Ketika usaha yang anda lakukan tidak membuahkan hasil, barulah anda memikirkan untuk memberikan asupan alternatif selain air susu ibu. Permasalahannya disini adalah, bayi yang baru lahir memiliki sistem percernaan yang masih rentan. Makanan pokok bayi yang paling dibutuhkan bayi yang baru lahir adalah air susu ibu.

Jika memang kita terpaksa memberikan bayi yang baru lahir dengan asupan gizi selain asi, maka yang harus dilakukan adalah dengan memilih jenis susu formula yang sesuai dengan kondisi bayi yang baru dilahirkan. Susu formula yang bagus untuk bayi baru lahir adalah susu yang sesuai dengan kondisi bayi dan tidak menimbulkan alergi pada bayi. Susu formula terbaik bukanlah susu formula dengan merek ternama dan termahal.

Tips Mendapatkan Produk Susu Anak Berkualitas

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa cara memilih susu formula yang bagus untuk bayi baru lahir, diambil dari berbagai sumber diantaranya:

-Memperhatikan Keamanan Dan Kualitas Susu

Susu formula yang diproduksi oleh pabrik pastilah memiliki standart kualitas yang berbeda-beda. Selain berbeda standartnya, hasil produksi juga harus memenuhi standart minimal agar produksi tersebut layak dikonsumsi oleh konsumen. Terlebih lagi jika hasil produksi tersebut untuk konsumen usia dibawah dua tahun atau usia balita semisal produksi susu formula, sebelum beredar luas dipasaran, susu formula tersebut haruslah memiliki standar kualitas minimal. Susu formula dikatakan memiliki kualitas yang bagus jika produksi susu tersebut mengikuti aturan standart yang sudah ditetapkan.

Good Manufacturing Product (GMP) merupakan salah satu lembaga pengawasan produksi susu formula dengan pengawasan ketat oleh suatu lembaga pemerintahan seperti EU (European Union), U.S FDA (the United States Food and Drug Administration). Jika di Indonesia, badan atau lembaga yang bertugas untuk mengawasi kualitas setiap produk yang beredar dipasaran adalah BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Jadi bagi setiap ibu hamil yang dengan terpaksa memberikan susu formula kepada buah hatinya karena asi tidak keluar berhati-hatilah dalam membeli produk dan selalu lihat kemasan adakah label yang menyakatan bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi bayi.

-Memilih Susu Sesuai Dengan Kondisi Si Kecil

Memang sedikit merepotkan jika hendak memberikan yang terbaik bagi bayi tetapi terkendala asi tidak keluar. Pemenuhan nutrisi yang paling utama ketika bayi baru lahir sebenarnya adalah air susu ibu. Kondisi setiap bayi tidak sama antara satu dengan yang lainnya, oleh karena itu, jika memang terpaksa harus memberikan si kecil dengan susu formula sebagai ganti asi, maka hal bijak yang harus diperhatikan adalah kondisi bayi atau anak itu sendiri.

Sebelum mengetahui secara pasti bagaimana kondisi anda, ada baiknya untuk tidak terlalu banyak memberikan takaran susu formula. Pemberian susu formula dengan takaran secukupnya bertujuan untuk mengetahui kondisi bayi apakah si bayi memiliki alergi terhadap beberapa jenis susu formula. Kondisi pencernaan bayi yang masih rentan ini memang harus terus diperhatikan, karena ada beberapa jenis susu formula tertentu memang ada yang tidak cocok dengan kondisi bayi.

Jika ibu tidak jeli melihat kondisi bayi dan memilih untuk meneruskan memberikan susu formula pada bayi, ada kemungkinkan gangguan pada perkembangan bayi itu sendiri. Diperlukan pengkajian lebih dalam dengan memeriksakan si bayi ke dokter atau dengan melihat riwayat keluarga adakah reaksi intoleran atau alergi terhadap jenis susu formula tertentu. Jika salah satu atau kedua orang tua pernah memiliki alergi terhadap susu sapi maka kemungkinan anak juga akan mengalami alergi terhadap produk susu sapi.

Selain itu perhatikan perilaku dan kesehatan anak. Apabila terdapat gangguan pada saluran pencernaan, gangguan pada organ tubuh lain dan bahkan terdapat gangguan perilaku pada anak sebaiknya konsultasikan kepada ahlinya untuk mendapatkan rekomendasi susu yang paling cocok dengan kondisi anak yang saat ini.

Produk Susu Anak Terbaik

Sangat penting untuk memilih susu formula yang sesuai dengan tingkat usia anak. Sudah banyak beredar di pasaran susu formula yang mencantumkan usia yang diperuntukkan mengkonsumsi susu tersebut. Susunan zat gizi yang berada di dalam susu formula akan disesuaikan oleh produsen susu berdasarkan tingkat usia penggunanya. Susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan akan berbeda komposisinya dengan susu formula untuk bayi yang berusia 6-12 bulan.

Bayi usia kurang dari 6 bulan sistem pencernaannya masih belum sempurna, sedangkan pada bayi usia 6-12 bulan sistem pencernaannya sudah berkembang lebih baik. Selain itu kalori yang dibutuhkan juga lebih banyak dibandingkan dengan golongan usia di bawahnya. Pada anak usia di atas 1 tahun pastilah kandungan susu formulanya lebih kompleks. Belum tentu anak akan cocok minum susu formula yang bermerk terkenal. Bisa saja anak akan cocok minum produk susu anak merk A yang kurang terkenal. Oleh karena itu FRISO bisa ibu coba berikan kepada Si Kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *