Proses Belajar Bicara Balita Pertanda Kognitif dan Motorik yang Berkembang 

belajar bicara
Ibu dan Balita

Coba ibu perhatikan progres belajar bicara si kecil. Untuk usianya, sudah seberapa lancar dia berbicara? Karena, proses belajar balita dalam berbicara juga menunjukan progress berkembangnya kemampuan kognitif dan motorik anak. 

 Akan tetapi, balita yang terlambat untuk mulai belajar bicara atau progress belajarnya termasuk terlambat dibandingkan anak lain seusianya pun tidak berarti kognitif dan motoriknya tidak berkembang dengan baik. Pasalnya, setiap anak memiliki waktu memulai dan kecepatan yang berbeda – beda untuk berbicara. Yang perlu diperhatikan adalah progress pembelajaran itu sendiri bagi si kecil, jadi ibu tidak perlu terlalu khawatir kalau anak ibu belum bisa berbicara sebanyak atau selancar anak – anak lain seusianya.

Kemampuan kognitif menggambarkan kemampuan si kecil dalam belajar. Dalam hal berbicara, kemampuan kognitif berarti kemampuan si kecil untuk mempelajari kosa kata dan kalimat baru, termasuk arti dari kata – kata tersebut dan bagaimana ia memahaminya. Pastinya, faktor lingkungan dimana si kecil menghabiskan waktunya sehari – hari adalah sumber belajar yang paling berpengaruh.

Misalnya, acara televisi yang sering ditonton oleh si kecil ditujukan untuk anak – anak yang usianya jauh lebih tua, maka kosa kata yang digunakan dalam acara tersebut pastinya akan menjadi terlalu sulit untuk si kecil yang baru mulai belajar berbicara. Hal seperti ini bisa memperlambat belajar berbicara, karena kemampuan kognitif si kecil untuk memahami acara yang ia tonton belum mencapai tahapnya.

Hal ini juga akan dipengaruhi oleh bagaimana orang tua berkomunikasi dengan si kecil. Agar si kecil lebih mudah mengerti dan belajar, ibu perlu menggunakan kosa kata yang mudah dipahami dan berbicara dengan menggunakan kalimat – kalimat yang lebih pendek. Ini juga salah satu sebab utama mengapa lagu – lagu untuk anak – anak menggunakan kata – kata simple dan mudah dimengerti agar anak – anak lebih mudah untuk ikut bernyanyi.

 Kemampuan belajar bicara si kecil juga dipengaruhi oleh perkembangan balita secara motorik. Hal ini ditandai oleh cara si kecil mengucapkan kata – kata dan seberapa jelas pengucapannya. Tentunya, di tahap awal belajar bicara, pengucapan memang sering belum begitu jelas, misalnya kata – kata yang agak sulit akan diucapkan sedikit kurang jelas dan lain sebagainya. Walaupun ini hal yang umum, balita dengan perkembangan motorik yang baik pengucapannya perlahan akan menjadi lebih baik.

Untuk membantu mendorong kemampuan bicara si kecil secara motorik, ibu bisa mengajarkan si kecil mengucapkan kata – kata baru, yang diulang sampai pengucapannya sudah benar. Salah satu caranya adalah dengan membaca buku cerita kepada si kecil setiap hari, dan ketika ibu menemukan kata yang kira – kira belum diketahui si kecil, coba jelaskan dan suruh ia mengulang kata yang diajarkan. Selanjutnya, ibu bisa bertanya kembali agar si kecil menjawab pertanyaan menggunakan kata tersebut. Selain itu, ada banyak cara lain yang serupa untuk mendorong si kecil untuk menggunakan motoriknya untuk berbicara.

Proses berbicara sendiri pun membutuhkan kedua kemampuan kognitif dan motorik untuk bekerja sama. Jika kemampuan kognitif berkembang dengan baik namun perkembangan motoriknya kurang, maka kemampuan untuk memahami akan baik tetapi tidak bisa dikomunikasikan karena kurangnya kemampuan motorik. Begitu juga sebaliknya, jika kemampuan motoriknya berkembang dengan baik, pasti bisa berbicara dengan lancar, tapi kata – kata yang diucapkan bisa tidak ada artinya atau tidak nyambung karena kemampuan kognitifnya yang kurang baik.

Jika balita ibu menunjukkan masalah dalam berbicara, ibu disarankan untuk melakukan konsultasi masalah anak agar si kecil bisa diberikan bantuan yang tepat untuk mengembangkan kemampuannya. Jika tidak, ibu bisa mencari cara – cara lain supaya si kecil akan lebih bersemangat untuk belajar bicara

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *