Proses Pengolahan Susu Sapi Yang Higienis Tidaklah Cukup

Susu Formula Terbaik
sarankesehatan.com

Sebenarnya proses pengolahan susu sapi sudah ditentukan. Sudah ada standarisasinya sehingga perusahaan susu hanya perlu mengikuti aturan yang sudah ada. Aturan tersebut perlu diikuti agar kehiginisan susu bisa terjamin. Lebih dari itu, kandungan nutrisinya juga sesuai dengan apa yang sudah ditentukan oleh para ahli gizi anak.

Namun, apakah itu sudah cukup? Ternyata tidak. Yang menjadi isu bukan kehigienisan pada proses pengolahan susu, melainkan pada proses pengalengan atau pembungkusan. Itulah mengapa ibu sebagai orang tua harus hati-hati. Bisa saja susu sudah sangat higienis sejak proses pengolahan. Namun, ketika susu ada di tangan ibu, kehigienisan tersebut tidak ada.

Menjaga Kehigienisan Susu

Tentu saja setiap perusahaan susu berusaha sebaik mungkin agar susu yang higienis terjamin. Itulah mengapa susu Friso dibungkus dengan kaleng yang khusus untuk menjaga kehigienisan susu yang ada di dalamnya. Lebih dari itu, ada juga sendok higienis yang disiapkan agar setiap kali susu dituang ke dalam gelas atau botol, susu benar-benar higienis. Kemudian, bungkus susu Friso bisa ditutup dengan segel yang sangat rapat.

Yang pasti, bungkus atau tempat susu sangat menentukan kehigienisan susu. Percuma jika proses mengolah susu sapi sudah higienis tapi bungkusnya tidak mampu menjaga kehigienisan susu.

Susu yang higienis adalah susu yang tidak terkontaminasi bakteri. Bakteri ini bisa masuk ke dalam bungkus susu lantaran bungkus susu terbuka atau terpapar sinar matahari. Tempat yang lembab juga bisa membuat susu terkontaminasi lho.

Lain hal dengan Friso. Susu ini dibungkus pada kelang khusus dengan penutup yang rapat. Dengan demikian, tidak mungkin bakteri masuk. Walaupun susu ini ditempatkan pada tempat yang lembab, susu di dalam kaleng ini tetap terjaga.

Kasus Susu Yang Terkontaminasi Bakteri

Ada beberapa kasus yang pernah terjadi di mana susu yang sudah beredar di pasaran ternyata terkontaminasi bakteri. Bakteri masuk ke dalam wadah susu ketika proses pengolahan susu. Akan tetapi, tidak jarang juga susu terkontaminasi bakteri ketika sudah ada di toko. Biasanya, pemilik toko tidak begitu memperhatikan tempat yang digunakan untuk display susu. Mungkin saja tempat tersebut lembab atau terpapar sinar matahari. Dengan demiikian, bakteri mudah berkembang dan membuat susu tidak higienis.

Memang kasus semacam ini sudah jarang terjadi. Akan tetapi, alangkah baiknya ibu waspada jika hal tersebut terjadi. Mungkin saja kasus ini tidak terjadi secara massive. Jadi, bisa saja hanya satu atau dua bungkus susu saja yang terkontaminasi bakteri.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa ibu terapkan.

  • Membeli Secara Online

Sekarang ibu bisa membeli susu Friso di toko online, sudah bisa dipastikan susu yang ibu beli terjaga kualitasnya. Pasalnya, ibu langsung membeli kepada produsennya secara langsung.

  • Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Semakin lama tanggal kadaluarsanya maka kualitas susu pasti lebih baik. Hal ini disebabkan susu tersebut baru saja diproduksi.

  • Pilih Tempat Penyimpatan Yang Baik

Tempat untuk menyimpan susu yang tepat adalah tempat yang tidak langsung terkena paparan sinar matahari dan bukan tempat yang lembab.

Semoga informasi ini bisa membuat ibu mengerti pentingnya memberikan susu yang higienis. Jangan sampai anak ibu mengalami keracunan karena mengkonsumsi susu yang terkontaminasi dengan bakteri. Selain mengetahui proses pengolahan susu sapi, ibu juga perlu perhatikan kaleng pembukusnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *