Proses Perkembangan Bayi 10 Bulan Yang Wajib Diketahui Bunda

perkembangan bayi 10 bulan
www.awalsehat.nestle.co.id

Perkembangan bayi 10 bulan memang merupakan suatu pertanda bahwa kemajuan bayi cukup pesat.  Tentu saja hal itu akan memberikan kebahagiaan tersendiri untuk orang tua dan keluarganya. Setelah menunggu kurang lebih sekitar 9 bulan, pada akhirnya usia si kecil sudah 10 bulan dan sudah mengalami banyak perkembangan. Ada berbagai hal yang sudah dapat dilakukan oleh bayi Anda saat sudah menginjak usia 10 bulan. Dari mulai aktivitas fisik atau aktivitas emosionalnya telah berkembang dan lebih mudah untuk berinteraksi kepada orang lain.

Sebagai orang tua tentu saja Anda harus selalu mengikuti perkembangan bayi Anda dan juga paham tentang bagaimana cara merawat si kecil dengan baik dan benar. Anda juga perlu untuk selalu memperhatikan tentang makanan bayi usia 10 bulan yang baik dan benar agar tumbuh kembangnya berjalan lebih baik.  Sebagai orang tua Anda juga perlu tahu tentang bagaimana merawat bayi Anda yang masih berusia 10 bulan ini agar lebih baik kedepannya. Pada usia ini umumnya si kecil akan mulai lebih aktif dalam melakukan pergerakaan di lingkungan sekelilingnya. Si kecil akan mencari berbagai benda baru yang ingin ia ambil dan ia sukai.

Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga lingkungan si kecil agar tetap aman. Pergerakan bayi akan lebih aktif, dan sebagai orang tua Anda tentu akan mulai kesulitan ketika menjaganya. Pada umumnya jika perkembangannya normal, pada usia 10 bulan bayi umumnya mulai dapat merangkak dengan cepat. Walaupun memang tidak semua bayi mempunyai waktu perkembangan yang hampir sama. Anda bisa untuk lebih sering mengajaknya berkeliling lingkungan sekitarnya, entah berkeliling rumah maupun berkeliling di sekitar rumah termasuk taman.

Akan tetapi Anda juga harus memastikan bahwa lingkungan tetap aman untuk bayi Anda. Sebab bayi akan mulai lebih mandiri, bahkan si kecil juga lebih berani melepas kedua tangannya sebagai pegangan ketika ia berdiri. Dengan demikian, sebagai orang tua maka Anda perlu membantu bayi agar ia dapat berdiri dengan baik. Disamping itu, usahakan juga agar Anda tidak menggunakan baby walker, sebab penggunaan baby walker ini malah dianggap akan memperlambat kemampuan jalan bayi Anda. Anda bisa mencoba secara manual dan bantu si kecil untuk belajar berjalan dengan kesabaran dan penuh kasih sayang.

Perkembangan Bayi 10 Bulan Secara Fisik Dan Emosional

Pada usia 10 bulan, umumnya bayi sudah mulai cerdas dalam mengatur posisi tubuhnya sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Tanpa Anda ketahui si kecil sudah mulai dapat duduk sendiri dan menggubah posisinya tanpa bantuan Anda maupun orang lain. Bayi Anda juga sudah mulai mampu merambat dengan berpegangan dinding maupun benda di sekelilingnya dan dapat pula berdiri dengan usahanya sendiri dalam waktu yang tidak sebentar.

Oleh sebab itu sebaiknya Anda memerhatikan berbagai barang yang ada di sekitar bayi Anda agar tidak berbahaya ketika dipegang dan dijadikan tempat untuk merambat. Saat usia si kecil sudah mulai hampir  1 tahun, Anda juga perlu mulai melatih  untuk menatih si kecil. Anda bisa mengajarkan bayi Anda untuk melangkah secara perlahan. Dengan begitu perkembangan bayi Anda juga akan semakin baik dan lebih cepat. Bila dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya, bayi Anda umumnya sudah mulai dapat memanfaatkan kedua tangannya dengan lebih baik.

Anak Anda dapat memegang mainannya dengan benar dan tidak terlepas, bahkan ia juga mulai dapat menggerakan mainannya ke segala arah. Anda juga dapat mulai mengajarkan bayi bertepuk tangan ketika ia melakukan suatu hal yang menyenangkan. Contohnya Anda bisa memintanya untuk mengambilkan suatu barang, bila ia berhasil maka ajarkan ia untuk bertepuk tangan. Berikan pula pujian kepada si kecil setelah ia bisa melakukan berbagai hal yang Anda perintahkan. Anda juga bisa memberikan tanda cinta dan kasih sayang Anda seperti pujian, kecupan, usapan, dan lain-lainnya.

 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Perkembangan Bayi 10 Bulan

Selain cara mengajari yang baik dan benar seperti yang diatas tadi, orang tua juga perlu selalu memerhatikan makanan yang dimakan oleh si kecil. Sebab selain mendapatkan ASI, bayi Anda juga sudah mulai dapat menerima berbagai macam makanan pendamping. Akan tetapi , jangan terburu-buru memberikan ia makanan padat sebanyak 3 kali dalam sehari. Sebab, terkadang perutnya belum bisa menyesuaikan kondisi seperti itu.

Terdapat beberapa macam makanan yang memang dianjurkan untuk bayi usia 10 bulan. Salah satu jenis makanan tersebut yaitu sup. Makanan ini merupakan salah satu makanan paling utama untuk bayi Anda berlatih mengonsumsi makanan pendamping selain dari ASI. Anda bisa memberikan campuran ayam dan juga berbagai jenis sayuran agar asupan nutrisi si kecil tetap terpenuhi. Disamping itu, Anda juga dapat memberikan oats untuk makanan bayi usia 10 bulan selain ASI. Makanan olahan dari gandum ini memang bermanfaat untuk bayi agar bisa melancarkan pencernaan sebab adanya kandungan serat yang sangat tinggi.

Anda juga dapat memberikan biskuit khusus untuk si kecil yang memang bisa menjadi camilan untuk bayi berusia 10 bulan. Ada berbagai macam rasa biskuit bagi si kecil sehingga bayi Anda tidak akan jenuh dengan menu makanan yang diberikan untuknya. Disamping itu, bayi juga tentunya memerlukan asupan karbohidrat, oleh karena itu Anda bisa memberikan makanan pendamping ASI berupa bubur susu. Di mana bahan dasarnya ini umumnya dapat dibuat dari berbagai macam buah atau sayuran. Tentu saja makanan ini baik untuk perkembangan bayi 10 bulan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *