Rangkuman 10 Hal untuk Masa Depan Anak Cerah Berdasarkan Forum Ibu Hamil

tanda tanda kehamilan
Source: Scary Mommy

Forum ibu hamil tidak sekedar ruang komplain, justru disinilah tips kehamilan murah dan cepat dapat diperoleh. Terlebih sebagian besar forum menyediakan saran kehamilan berdasarkan pengalaman nyata. Paling tidak ada 10 hal yang sering disebutkan oleh anggota forum, apa sajakah?

  1. Percaya insting
    Nasihat demi nasihat terlontar dari berbagai sisi. Mulai dari yang wajar yakni orang tua, hingga mitos-mitos aneh tentang bayi dari orang tak dikenal. Kebenaran dan konspirasi layaknya benang tipis, sukar bedakan mana yang benar dan tidak, rasanya ayah bunda serba salah.

    Ibunda dianugrahi kemampuan untuk merawak anak sejak lahir. Susunan otak telah dirancang tuhan untuk memastikan keselamatan keluarga. Insting seorang bunda jauh lebih baik dibanding jurnal ilmiah terbitan peneliti terbaik sekalipun. Percayalah dengan suara hati bunda, percaya atau tidak, kadang justru hati yang menyelamatkan perkembangan janin sampai dirinya lahir dan tumbuh besar sekalipun.

  2. Ikut keinginan tidak salah
    Orang Indonesia punya norma dan rasa social yang tinggi. Jangan heran bila undangan acara sering mampir ke rumah dan rasa tidak enak untuk menolak kerap kali muncul. Padahal, seringkali bunda tidak nyaman untuk pergi keluar, entah karena janin berulah atau sekedar malas saja. Pasangan kadangkala juga tidak mengerti dan memaksakan kehendak.

    Berkata ya demi menyenangkan orang lain mungkin terdengar seperti ide bagus. Padahal, tidak demikian. Terkadang bunda harus menyusun prioritas dan memikirkan diri sendiri. Berikan pengertian jelas mengapa bunda merasa harus berada di rumah dibanding pergi demi kepentingan orang lain.

  3. Manfaatkan kesempatan tidur
    Harta berharga manusia adalah tidur. Meme atau candaan seputar bagaimana anak tidak mau tidur sedangkan orang dewasa justru mendambakan kasur benar-benar mencerminkan realita yang ada. Seorang ibu hamil dengan ijin cuti kandungan seharusnya merasa bersyukur.

    Anugrah waktu kosong untuk tidur seharusnya dimanfaatkan dengan baik. Tidak perlu malu bila orang lain merasa bunda terlihat seperti pemalas, toh pada kenyataanya tidak demikian adanya. Nikmati kemewahan tidur dengan bebas selagi bisa, sebelum buah hati lahir atau kegiatan semakin padat.

  4. Gunakan waktu bermain

Waktu luang adalah barang langka di era modern. Semua orang sibuk dengan pekerjaan dan kegiatan masing-masing. Hanya nongkrong di kafe saja tergolong sukar, padahal tidak ada madsud untuk menjauhkan tali persahabatan. Kesalahan beberapa orang adalah merasa begitu banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum si kecil lahir sampai perlu menolak ajakan bermain.

Tidak ada yang salah dengan rileks dan percayakan beberapa hal pada pasangan. Lagipula, dengan adanya interaksi manusia, maka bunda akan merasa jauh lebih baik. Secara psikologis memang, berhubungan dengan sahabat atau siapapun dengan status dekat akan membuat kehamilan lebih positif.

  1. Positif saja
    Bicara mengenai positif, dalam segala hal bunda harus berpikir jernih. Rasa takut akan kedatangan buah hati terutama pada kehamilan pertama sangat wajar menghantui bunda. Inilah kenapa, perlu dilakukan penekanan bahwa pikiran negatif sangat mungkin merusak kehamilan walau kecil kemungkinan terjadi.
  2. Tak perlu belanja layaknya mania
    Istilah shopping atau belanja kebutuhan bayi seolah bukan hal aneh untuk dilakukan kaum hawa. Bahkan, dengan belanja, hati bisa merasa bahagia, walau tidak butuh sekalipun. Kedok belanja untuk si kecil seringkali berakhir dengan membeli barang tidak penting, apalagi rasa cemas akan kebutuhan buah hati kian membutakan mata.

    Saran beberapa bunda berpengalaman adalah membeli produk setengah dari yang dibutuhkan. Dorongan rasa khawatir tak berdasar akan menguras kantong untuk ‘keperluan fana’ yang bahkan sebetulnya tidak dibutuhkan sama sekali. Kerap kali, bayi justru hanya membutuhkan sebagian kecil dari anggaran belanja ayah bunda.

  3. Cari refrensi sebelum membeli
    Namanya belanja bisa membutakan mata. Mana yang perlu dan yang tidak sukar sekali dibedakan ketika sudah masuk toko. Inilah kenapa berbincang terlebih dahulu dengan bunda yang berpengalaman akan sangat membantu dibanding tidak punya refrensi sama sekali. Biasanya tips tidak terduga, dan informasi produk berharga spesial bisa diperoleh dengan berbincang ringan.
  4. Jangan berharap sama dengan bunda lain
    Kehamilan setiap orang berbeda. Mungkin, bunda pernah membaca bagaimana kehamilan bisa terasa jauh lebih baik ketika beranjak tua. Sayangnya, tidak selalu demikian kasusnya. Inilah kenapa, jangan pernah merasa iri dengan kondisi berbeda, atau diagnosa diri sendiri tanpa dasar yang jelas. Buat apa ada jasa dokter kalau tidak digunakan.
  5. Investasi dan tabungan
    Paud, sekolah, kuliah, belum lagi biaya makan dan perawatan, aduh, anggaran rumah tangga kian membengkak seiring dengan pertumbuhan anak kelak. Belum lahir saja, janin sudah menguras gaji orang tua, bagaimana dengan masa depan kelak. Instrument tabungan dan investasi justru dibentuk untuk berjaga-jaga.

    Investasi mungkin terdengar sukar bagi beberapa orang. Untung saja, kini OJK atau otoritas jasa keuangan sudah mempermudah informasi mengenai keperluan investasi. Tak perlu buru-buru carilah informasi terbaik yang cocok dengan ekspektasi dan kemampuan penanganan resiko ayah bunda.

  6. Berikan nutrisi yang diperlukan

Janin bisa dibilang parasit yang tentu saja bergantung pada inang. Apapun yang bunda makan akan berdampak pada bayi. Inilah kenapa, bunda sebaiknya berpikir betul kadar nutrisi saat ini. Menurut forum ibu hamil, kalau perlu, minum susu ibu hamil untuk mendukung perkembangan janin merupakan keputusan yang sangat tepat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *