Resep Bubur Bayi 6 Bulan Supaya Bayi Mau Makan

resep makanan bayi 6 bulan
www.ibudanbalita.com

Resep bubur bayi 6 bulan sudah saatnya diberikan pada usia 6 bulan, sebab pada usia tersebut merupakan waktu yang tepat untuk anda memberikan makanan bayi atau Makanan Pendamping ASI. Pada umur 6 bulan, bayi sudah mampu memproduksi enzym-enzym pencernaan sehingga mampu mencerna makanan selain ASI. Pemberian MPASI dapat menurunkan resiko alergi dari makanan bagi bayi jika diberikan tepat pada  usia 6 bulan.

Alasannya adalah sistem pencernaan yang sempurna pada bayi berusia 6 bulan akan menghasilkan IgA, yaitu protein immunoglobin yang memiliki peranan melindungi sistem pencernan. Meskipun IgA dapat dihasilkan dari ASI akan tetapi produksinya rendah, sehingga kemungkinan bayi anda terkena alergi makanan jika diberikan MPASI pada usia dibawah 6 bulan.

Selain itu pada usia 6 bulan bayi sudah mengalami perkembangan dalam menggerakan makanan hingga dapat mendorong makanan dari depan ke belakang mulutnya, dengan mekanisme  seperti ini, akan mempermudah bayi anda dalam menelan MPASI yang diberikan.

Resep Bubur Bayi 6 Bulan Keatas Harus Mengandung Nutrisi Apa ?

Pada usia 6 bulan merupakan awal bagi bayi anda mengenal asupan nutrisi selain dari ASI, sehingga MPASI harus benar-benar disesuaikan dengan tumbuh kembang bayi anda. Berikut ini beberapa jenis nutrisi pada usia 6 bulan diantaranya adalah ;

– Protein

Protein akan membantu dalam memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh pada bayi anda sehingga mampu mengontrol fungsi tubuh oleh enzim. Protein yang didapatkan dari ikan laut akan tetapi anda juga harus memilih ikan dengan kandungan mercury yang rendah seperti ikan salmon atau ikan air tawar seperti, ikan lele. Daging ayam giling, daging sapi giling bisa menjadi campuran bubur untuk bayi usia 6 bulan.

– Lemak

Lemak dibutuhkan sebagai sumber energi untuk bayi anda. Menyediakan asam lemak esensial dan vitamin larut merupakan kepentingan nutrisi yang harus dicukupi dalam usia 6 bulan. Lemak yang dihasilkan dari ikan sangat baik untuk perkembangan bayi anda di usia 6 bulan.

– Karbohidrat

Merupakan sumber energi pertama yang dibutuhkan bayi anda untu menyediakan energi selain dari ASI. Pada bayi 6 bulan karbohidrat yang dibutuhkan adalah 68,75 gram-89,39 gram. Dalam menghasilkan karbohidrat bisa dihasilkan dari beras putih atau beras merah.

– Vitamin dan Mineral

Hampir semua vitamin dibutuhkan dalam perkembangan bayi di usia 6 bulan. Vitamin A,B,K,E ,D dan vitamin C. Vitamin tersebut bisa dihasilkan dari beberapa sayuran seperti bayam, labu siam, brokoli, seledri, tomat dan wortel.Sumber buah-buahan yang disarankan pada bayi berusia 6 bulan adalah mangga, semangka, pisang, jeruk, pepaya, alpukat, pir dan apel.

Resep Bubur Bayi 6 Bulan Yang Sehat

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa resep menu makanan yang bisa menjadi pilihan anda untuk bayi usia 6 bulan.

– Resep Bubur Ikan Sarden

Bahan  yang diperlukan 25 gram beras putih/merah, 40 gram ikan sarden dan dicincang, 500 ml dari sari tomat (bisa anda dapatkan dari jus tomat segar tanpa bahan campuran), 20 gram tahu dan dihaluskan, 25 gtam kacang merah yangg direbus kemudian dihaluskan.

Cara membuatnya adalah beras merah dicuci kemudian campur dengan sari tomat yang telah dijus, masak hingga beras empuk dan mengental kurang lebih 20 menit. Pada saat 20 menit, kemudian campurkan dengan tahu, ikan sarden, kacang merah yang telah dihaluskan kemudian aduk hingga rata sampai semua bahan tercampur. Bubur siap di sajikan selagi hangat.

– Bubur Susu

Bubur susu merupakan salah satu resep makanan padat yang memang bisa Anda berikan kepada si kecil sebagai makanan pertamanya, sebelum Anda membuatnya, berikut ini beberapa bahan yang harus Anda persiapkan, yaitu sebagai berikut 1 sdm (10g) tepung beras dan 200 ml (20 sdm) susu formula.

Cara membuatnya adalaha pertama, Anda harus melarutkan tepung beras dengan sedikit susu formula yang telah disediakan. Setelah itu, campurkan semua bahan yang telah di sediakan dan masaklah hingga agak mengental, dan sajikan selagi hangat. Tips yang harus Anda perhatikan yaitu Anda harus memastikan kalau tidak ada tepung yang menggumpal dengan cara di saring. Guna menambah variasi, Anda bisa mengganti tepung beras ini dengan tepung maizena, sagu, garut atau bahkan tepung lainnya yang bisa memberikan manfaat untuk si kecil. Usahakan Anda tidak menggunakan tepung teridu.

– Bubur Susu Kentang

Bahan yang diperlukan 1/2 buah (50 g) kentang,kupas,kukus,lalu potong potong dan 50 ml (5 sdm) susu formula atau asi. Cara membuatnya adalah Terlebih dahulu haluskan kentang yang telah di sediakan dengan menggunakan blender. Berikan sedikit susu formula atau bahkan ASI.

Setelah selesai, Masukkan kedalam mangkuk saji, dan tambahkan kembali dengan susu formula atau ASI dan sajikan. Dalam membuat makanan yang lembut, agar semua bahan menjadi halus dengan tekstur yang baik, maka Anda dianjurkan untuk menyaringnya setelah makanan tersebut diblender.

– Bubur Sayur

Bahan yang diperlukan 4 bunga (50 g) brokoli,kukus,potong potong dan 50 ml (5 sdm) susu formula atau asi. Cara membuatnya adalah  Blender brokoli yang dicampurkan dengan susu formula. Sajikan kepada si kecil dengan kembali di tambahkan dengan susu formula. Anda bisa mengganti brokoli dengan bayam, eortel, atau beberapa jenis sayuran lainnya yang memang bermanfaat untuk kesehatan juga membantu tumbuh kembang si kecil.

Itu tadi beberapa resep bubur bayi 6 bulan yang mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda yang akan memberikan bubur untuk si kecil. Semoga bermanfaat

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *