Resep Cemilan Sehat Untuk Anak Sebagai Pendamping Bubur

resep cemilan sehat
Ali Baba Express

Resep cemilan sehat sangat cocok untuk anak Anda yang suka ngemil. Tak terasa saat ini  buah hati anda telah memasuki usia balita dan sebentar lagi akan memasuki sekolah taman kanak-kanak.

Pada usia tersebut, biasanya aktivitas yang mereka lakukan semakin meningkat. Bahkan si kecil sudah mulai beraktivitas di luar rumah dan mulai mengenal lingkungan sekitar, bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya hingga bermain dengan mainanan anak atau benda favoritnya. Tentu saja hal tersebut sangat menguras energi yang mereka miliki.

Sehingga untuk Anda yang cerdas sangatlah perlu untuk menyediakan pasokan energi anak yang lebih melalui asupan pilihan makanan sehat yang di berikan kepada si kecil. Makanan yang sehat sendiri tidak hanya di dapatkan dari makanan pokok yang mereka konsumsi saat sarapan pagi, makan siang atau makan malam. Melainkan makananan sehat sendiri bisa bunda lengkapi dengan memberinya berbagai cemilan. Tidak setiap cemilan merupakan kebiasaan jelek, Bahkan terdapat berbagai manfaat di dalamnya.

Beberapa manfaat cemilan sehat tersebut seperti halnya menjadi makanan selingan yang dapat menekan rasa lapar anak di tingkat minimum, menjadi sumber alternatif bagi anak hingga menjaga kesehatannya. Yang terpenting kita tidak salah untuk memilih asupan dalam cemilan tersebut. Seperti bunda tidak memilih cemilan yang mengandung pewarna dan pemanis buatan, MSG berlebih dan bahan pengawet makanan. Sehingga cemilan yang bunda pilih dapat membentuk pola makan yang menjaga kesehatan si kecil. Anda  bisa memberikan cemilan sehat tersebut di sela antara setelah sarapan pagi ke makan siang, ataupun setelah makan siang ke makan malam.

Resep Cemilan Sehat Dari Pisang

Buah yang disarankan adalah pisang , karena mengandung kalori untuk pertumbuhan , kaya akan kandungan kalium, kalsium dan vitamin c. Dengan kandungan kadar tepung dan mineral yang tinggi baik untuk pertumbuhan bayi anda.  Pemberian Pisang  dapat anda lumatkan menggunakan sendok makan bayi  atau diberikan utuh . Bubur Pisang Susu bahan yang dibutuhkan yaitu  1 Pisang dengan ukuran kecil yang dilumatkan, 2 sendok makan susu formula , 200 ml air matang.

Cara Membuatnya adalah seduhlah susu formula dengan 200 ml air matang kemudian campur dengan pisang yang telah dilumatkan, aduk hingga rata. Anda dapat menyajikan langsung kepada bayi.  Anda bisa  menggantinya dengan jenis buah lain seperti dengan perasan jeruk atau alpukat pada hari yang berbeda, pada bayi berusia  8 bulan fungsi gigi sudah semakin berperan, sehingga anda dapat memberikan buah yang lebih variatif.

Es Sumsum Pisang bahan yang diperlukan ; 6 buah pisang raja masak, kukus hingga matang, kupas, potong serong 1 cm, 3 mata (50 g) nangka masak, buang bijinya, potong dadu 1 cm, 150 gr tapai ketan hijau, siap pakai, 180 ml sirup merah dan Es batu, pecahkan. Bahan sumsum yaang dibutuhkan ; 300 ml santan dari 1 butir kelapa parut, 25 gr tepung beras, 1 lembar daun pandan, simpulkan, 50 gr gula pasir dan ½ sdt garam.

Cara membuatnya adalah Tuang 100 ml santan sedikit demi sedikit ke dalam mangkuk berisi tepung beras, lalu aduk-aduk hingga tercampur rata dan tidak menggumpal. Sisihkan. Didihkan sisa santan bersama daun pandan, gula, dan garam sambil diaduk. Lalu, tambahkan larutan tepung beras, aduk rata hingga kental dan matang. Angkat. Tuang bubur sumsum ke dalam mangkuk saji, tambahkan pisang, nangka, dan tapai ketan. Tambahkan es batu. Siram dengan sirup merah. Cemilan sehat untuk anak siap disajikan.

Resep Cemilan Sehat Mudah Dan Murah

Berikut ini akan saya spaikan beberapa macam dan jenis cemilan sehat untuk anak;

  • Sereal dan biskuit gandum

Salah satu cemilan sehat yang dapat bunda berikan kepada si kecil adalah sereal dan biskuit yang erbuat dari gandum. Bagimana tidak, cemilan yang satu ini sangat baik untuk perkembangan otak dan perkembangan motorik anak. Hal tersebut di karenakan pada gandum sendiri terkandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin E, vitamin B, serta kalium yang cukup tinggi yang dapat mengoptimalkan fungsi kerja otaknya. Sementara kandungan seratnya sangat mampu memberikan energi penuh bagi si kecil.

  • Kacang-kacangan

Bunda tak perlu khawatir jika si kecil tidak menyukai cemilan yang satu ini, karena rasanya yang nikmat juga jenisnya pun sangat bervariasi mulai dari kacang tanah, kacang hijau hingga kacang almond semuanya penuh dengan nutrisi. Terlebih cemilan sehat yang satu ini sangat kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan yang memiliki peranan penting sebagai pelindung sel-sel otak anak terhadap radikal bebas.

  • Yogurt dan keju

Produk olahan susu seperti yogurt dan keju telah terkenal dengan kandungan protein dan vitaminnya yang tinggi. Protein dan vitamin B yang terdapat dalam produk olahan susu ini memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan enzim dan otak. Bahkan tak hanya itu, cemilan sehat yang satu ini pun mengandung vitamin D yang sangat penting untuk perkembangan otot serta saraf tubuh si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

  • Buah berry

Berbagai jenis buah berry seperti strawberry, rasp berry dan lainnya di kenal sebagai salah satu jenis buah yang memiliki nutrisi yang baik dalam mendukung perkembangan otak dan motorik anak. Bahkan tak hanya itu, jenis buah tersebut juga dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi ingat otak. Selain itu, kandungan antioksidan serta vitamin C juga terdapat dalam jenis buah tersebut dan bisa dijadikan sebagai bahan resep cemilan sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *