Resep makanan balita penuh gizi sehat

resep makanan balita
www.awalsehat.nestle.co.id

Sebagai orang tua tentu anda ingin yang terbaik bagi balita anda. Untung saja pada artikel kali ini akan dijabarkan 4 resep makanan balita. Tentu saja bukan resep biasa tapi resep makanan balita kaya gizi dan cukup mudah dalam pembuatannya. Anda tidak perlu khawatir jika anda bukan koki professional ataupun pemasak ahli. Mulai penasaran ? ayo bersama simak daftar berikut ini.

  1. Roti celup telurBahan yang anda butuhkan cukup simpel yaitu 4 buah telur, minyak zaitun, dan roti tawar.Pertama tama kocok 4 buah telur menggunakan mangkuk dan kocok manual atau menggunakan mesin itu pilihan anda yang terpenting telur larut seperti saat akan membuat telur dadar.

    Kedua panaskan wajan dan tuang beberapa tetes minyak zaitun

    Langkah ketiga adalah bagian seru, celupkan roti ke dalam adonan telur untuk kedua sisi, pastikan bahwa roti benar benar ‘basah’ dengan adonan telur.

    ‘Goreng’ roti diatas wajan menggunakan api kecil sampai lapisan luar telur matang dan ulangi proses ini menggunakan sisa roti lain atau seberapa banyak roti yang anda mau.

  1. Bulat bulat apel ayamHmm apel dan ayam, 2 bahan makanan yang umumnya disukai malaikat kecil di seluruh dunia. Bagaimana jika kita gabungkan ?Bahan bahan yang harus anda siapkan terdiri dari 2 sendok makan minyak zaitun murni, 1 bawang Bombay sudah dipotong, 1 buah apel (kuliti apel dahulu baru diparut), 2 dada ayam, ½ sendok parsley segar, 1 sendok makan daun thyme, 1 kaldu ayam, 50 gram remah roti, 1 sendok garam, 1 sendok lada (tumbuk), dan 50g tepung.

    Pertama panaskan wajan dengan minyak zaitun, lalu oseng oseng bawang Bombay selama kira kira 3 menit. Luangkan waktu untuk meremas parutan apel agar cairan di dalam apel keluar bersih.

    Campurkan parutan apel bersama dengan ayam, bawang Bombay, rempah rempah, kaldu ayam, dan remahan roti ke dalam blender dan hancurkan selama beberapa detik. Di tengah penghancuran matikan sebentar blender untuk menambahkan garam dan lada sebelum melanjutkan masakan.

    Gunakan tangan anda untuk membentuk ‘adonan’ tadi menjadi bulat bulat seperti bakso, lapisi bagian luar dengan tepung dan goreng menggunakan minyak zaitun yang sudah dipanaskan seperti memasak nugget selama 5 menit sampai berubah menjadi keemasan.

    Resep satu ini banyak disukai balita mengingat rasanya sangat gurih dan renyah menjadi satu.

  1. Kentang tumbuk berkejuKentang telah banyak digunakan sebagai fondasi makanan, kini saatnya kentang menjadi bintang utama dalam hidangan untuk balita. Masakan ini sangat tepat apabila anda ingin memasak dalam waktu singat namun tetap membuat si kecil tersenyum bahagia menyantap masakan bunda.Bahan bahan yang disiapkan pun tidak rumit hanya 1 kilo gram kentang (boleh mencampur kentang biasa dengan ubi), 50 gram mentega, 140 mili liter susu, keju cheddar, dan lada hitam. Lada hitam hanya sebagai penambah rasa jika anda tidak berkenan menggunakan lada hitam sebenarnya tidak masalah.

    Pertama kuliti kentang terlebih dahulu, potong menjadi kotak kotak dan rebus dalam air hingga kentang bisa ditusuk tanpa menggunakan tenaga berlebih. Kalau kentang sudah masak, pisahkan kentang dari air dan taruh kentang dalam mangkuk.

    Tumbuk kentang, susu, dan mentega hingga bercampur menjadi satu atau sesuai dengan tekstur kentang tumbuk kesukaan anda. Tambahkan keju cheddar yang sudah diparut diatasnya dan hidangkan untuk si kecil. Rasa manis dari susu dan tekstur lembut kentang mampu memanjakan lidah balita dan membantu meningkatkan nafsu makan balita.

  1. Sahabat salem dan wortel kentangIkan salem telah menjadi idola dalam dunia masak maupun kesehatan. Kandungan omega -3 ikan salem membuat pecinta kesehatan ingin selalu mengkonsumsi ikan salem. Maka dari itu mari memasak ikan salem menjadi masakan menyenangkan bagi balita sehingga menumbuhkan kebiasaan baik di masa depan.Bahan yang anda butuhkan adalah 225 gram wortel (dikuliti dan dipotong), 150g ikan salem fillet, ½ sendok makan susu, 30 gram mentega, 2 buah tomat yang sudah dikuliti dan dipotong kecil kecil, serta 40 gram keju cheddar parut.

    Pertama rebus wortel hingga tekstur wortel lebih empuk, tahap ini memakan waktu 15 sampai 20 menit. Selagi menunggu, taruh ikan diatas piring microwave dan tambahkan susu, dan setengah mentega dan tutup, biarkan saja ikan salem pada suhu ruangan.

    Nah, tahap selanjutnya memiliki 2 alternatif yang bisa dipilih anda sesuai kenyamanan bunda dalam memasak.

    Anda bisa langsung memasukkan ikan salem kedalam microwave dalam suhu tinggi sekitar 11/2 sampai 2 menit. Atau memanggang ikan salem diatas penggorengan sambil terus menuangkan susu keatas ikan salem selama kurang lebih 4 menit hingga ikan salem dirasa matang.

    Lelehkan sisa mentega di dalam panci, tambahkan tomat, dan oseng oseng hingga tomat menjadi halus dan lembek. Matikan kompor dan masukkan parutan keju cheddar hingga meleleh. Campurkan wortel kedalam tomat dan keju.

    Karena masakan ini untuk balita maka anda perlu menghilangkan duri duri ikan salem dan menghilangkan kulit ikan salem.

Bagaimana ? daftar resep makanan balita diatas cukup menarik untuk dicoba, bukan ? Jangan lupa tambahkan cinta dan kasih sayang ke dalam masakan. Resep makanan balita satu ini dibuat demi mempertahankan senyum balita dan ayah bunda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *