Resep Makanan Balita Yang Baik Tidak Hanya Harus Bergizi Tinggi

resep makanan balita
www.awalsehat.nestle.co.id

Banyak sekali orang tua yang merasa sudah lega ketika sang buah hati mereka sudah menginjak balita. Mereka sudah bisa membuatkan resep makanan balita untuknya. Cara membuat makanan balita juga tidak terlalu sulit. Bahkan, dokter anak pun tidak mempermasalahkan jika balita usia 1 tahun sudah mengkonsumsi makanan yang sama dengan orang dewasa.

Hanya saja, ada satu hal yang perlu ibu perhatikan dalam menentukan resep makanan untuk balita. Memang sistem pencernaan anak sudah sangat baik sehingga ibu bisa memberikan makanan yang sama seperti yang ibu konsumsi. Namun, tahukah ibu jika balita paling sering mengalami masalah dalam pencernaan?

Ini yang harus menjadi concern para orang tua, termasuk ibu. Sangat mudah sekali bagi ibu untuk mencari resep makanan yang bergizi untuk balita. Akan tetapi, apakah ibu yakina menu makanan tersebut baik untuk sistem pencernaan balita?

Dua Masalah Pencernaan Yang Paling Sering Terjadi

Mungkin ibu sudah terlalu sering menghadapi diare dan konstipasi yang dialami oleh balita. Memang dua masalah pencernaan inilah yang paling sering dialami oleh balita. Tidak lain, masalah tersebut sangat dipengaruhi oleh makanan yang ia konsumsi.

Ketika sang buah hati baru pertama kali mendapatkan MPASI, ia mungkin akan mengalami masalah konstipasi. Sistem pencernaan belum siap mencerna dan menghaluskan makanan yang sedikit lebih keras. Akibatnya, anak akan mengalami susah BAB.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Yang pasti, tidak dengan memberikan obat-obatan kimia. Ibu bisa memberikan lebih banyak ASI atau mengganti menu MPASI dengan bubur susu Nestle Cerelac.

Lain hal dengan masalah diare. Ini sering disebabkan si kecil suka mengkonsumsi buah yang masam. Sangat baik sekali jika balita dikenalkan dengan berbagai macam buah-buahan. Akan tetapi, jangan sampai terlalu banyak sehingga ia mengalami diare ya bu.

Karena tingginya resiko anak mengalami masalah diare dan konstipasi, cara yang paling tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menentukan resep makanan anak yang tepat.

Resep Makanan Yang Perlu Ibu Pertimbangkan

Sangat mudah sekali mencari resep makanan untuk anak. Hanya saja, resep makanan apakah yang baik untuk sistem pencernaan anak? Berikut ini beberapa menu makanan yang bisa ibu buat sendiri di rumah.

  1. Telur Dadar Gulung

Apakah si kecil terlihat bosan dengan nasi? Ibu bisa melakukan kreativitas dengan membuatkan telur dadar gulung. Yang pasti, tidak hanya nasi yang memberikan energi kepada balita. Menu makanan lainnya pun bisa. Salah satunya adalah telur dadar gulung.

Telur sendiri mengandung protein yang sangat tinggi. Akan lebih baik jika ibu menambahkan sedikit daging ayam yang dicincang kecil-kecil. Dengan tempilan makanan yang berbeda dan menarik ini, diharapkan makanan tersebut bisa meningkatkan nafsu makan balita.

  1. Sayur Asam Kacang Merah

Sudah seharusnya balita mendapatkan nutrisi berupa protein. Selain dari susu, ibu juga harus membuatkan resep makanan balita yang mengandung protein lho. Dan menu yang satu ini bisa menjadi alternatif.

Kacang merah yang digunakan sebagai salah satu bahan utama untuk membuat sayur asam ini jelas mengandung protein yang sangat tinggi. Jika anak ibu tidak suka dengan dengan daging, maka kacang bisa menjadi alternatif. Kacang mengandung protein yang sama banyak dengan daging. Dan yang pasti, protein nabati pada kacang jauh lebih aman untuk kesehatan pencernaan anak lho. Pasalnya, kacang tidak mengandung bakteri. Tidak seperti daging yang selain mengandung protein tinggi, ada kemungkinan bakteri masih ada pada daging tersebut.

Cara membuat sayur asam kacang merah tidaklah sulit. Bumbu yang harus disiapkan seperti biasa, yaitu bawang putih, bawah merah, kemiri, dan lengkuas. Tambahkan sedikit cabai jika balita ibu sudah berani mengkonsumsi makanan yang sedikit pedas.

Untuk bahan-bahannya, ibu harus siapkan:

  • Kacang merah
  • Air asam jawa
  • Kol
  • Daun seledri
  • Daun bawang

Cara memasaknya sama seperti ibu membuat sayur bening. Mungkin ibu bertanya kenapa harus sayur asam? Banyak sekali kasus di mana balita mogok makan karena menu makanan balita yang ibu berikan rasanya selalu sama. Dan ada baiknya ibu membuatkan menu makanan dengan rasa yang berbeda. Tepat sekali jika ibu mencoba membuatkan sayur asam kacang merah ini.

  1. Menu Makanan Berbahan Ubi

Memang sebaiknya balita tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu lunak. Apakah ibu tahu apa alasannya? Makanan yang terlalu lunak akan menghambat pertumbuhan gigi. Sebaiknya ibu buatkan makanan yang sedikit lebih keras agar makanan tersebut bisa membantu menstimulasi pertumbuhan gigi.

Akan tetapi, tidak ada salahnya jika sesekali ibu membuatkan menu makanan untuk balita dengan tekstur lunak. Hanya saja, bukan bubur biasa. Tapi bubur yang terbuat dari ubi?

Kenapa ubi? Ternyata, ubi membantu memperbaik sistem pencernaan si kecil lho. Bahkan, jika anak ibu mengalami konstipasi, sebaiknya ibu buatkan bubur yang terbuat dari ubi.

Caranya, rebus ubi merah dan haluskan. Lalu, tambahkan susu pada ubi yang sudah dihaluskan tersebut. Menu makanan lezat untuk balita sudah jadi. Mudah, bukan?

Tentu saja ibu ingin sekali menjaga kesehatan sang buah hati. Dan ibu tidak hanya fokus memperhatikan menu makanan si kecil. Ibu juga harus tahu banyak tentang apa yang seharusnya ibu lakukan untuk menjaga kesehatan balita. Dapatkan informasi tersebut di www.awalsehat.nestle.co.id.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *