Resep Makanan Balita Yang Bisa Dibuat Sendiri Dirumah

resep makanan balita
www.awalsehat.nestle.co.id

Memilih resep makanan balita yang disajikan untuk si kecil tentu saja merupakan tugas bagi para ibu di setiap harinya. Sebab memberikan masakan sehat untuk balita merupakan permasalahan yang selalu sulit dihadapi.

Tidak hanya makanan yang Anda berikan ke balita harus sehat dan bergizi, namun masalah selera makan anak yang harus lebih menentukan masuk tidaknya gizi ke dalam tubuh bayi Anda. Untuk para ibu bila melihat anak yang susah menerima makanan yang Anda  buat tentu saja akan merasa khawatir. Perasaan cemas tentang kondisi anak sebab takut balita Anda tidak mendapatkan gizi yang cukup.

Makanan sehat dan bergizi adalah suatu kebutuhan sehari-hari yang perlu selalu diperhatikan. Sebab pada sekarang ini balita Anda sedang mengalami masa pertumbuhan. Anda juga harus selalu menjaga makanan yang layak untuk dikonsumsi dan hindari makanan yang mengandung vetsin cukup banyak. Misalnya saja seperti  beraneka snak , terlalu banyak makan makanan yang  siap saji dan lain yang lainnya. Akan tetapi  pada masa pertumbuhan seperti ini justru para balita sering kali tidak mau menikmati berbagai buah atau sayuran.

Hal ini yang terkadang membuat para ibu bingung untuk menyajikan makanan sehat seperti  halnya sayuran untuk anak. Disamping berbagai buah dan sayuran , tentu saja para balita memerlukan protein nabati maupun hewani. Anda bisa menyajikan makanan yang berbahan dasar telur. Telur untuk para balita merupakan salah satu makanan yang ringan dan mudah untuk dikonsumsi.

Resep Masakan Telur Untuk Makanan Balita Yang Bergizi

Kami akan akan menyampaikan beberapa resep dan menu makanan balita sehat yang bisa Anda buat untuk disajikan kepada si kecil.  Berikut diantaranya;

  1. Resep Telur Panggang Balita

Bahan-bahan  yang perlu disapkan saat akan membuat telur panggang balita adalah telur ayam enam  butir, Wortel parut 100 gram, Tomat 1 buah dan diiris tipis, Daun bawang satu batang yang  diiris tipis, Susu cair kurang  lebih 100 mili, Margarin dua  sendok makan, Bawang merah 5 butir serta diiris tipis , Bawang putih 2 siung lalu haluskan, dan juga Garam satu sendok teh.

Cara Membuat Telur Panggang Balita :

Langkah pertama tumis bawang merah dan bawang putih dengan margarin sampai harum. Kemudian masukkan tomat, wortel, daun bawang dan tambahkan pula garam secukupnya. Aduk sampai  semua bahan tercampur dengan rata lalu sisihkan. Setelah itu kocok telur ayam , kemudian masukkan tumisan dan susu dan aduk kembali sampai rata.

Terakhir panaskan sisa margarin diwajan yang anti lengket, kemudian panggang adonan telur sembari  dibolak balik sampai matang dan warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Angkat lalu potong-potong dan telur panggang balita pun siap disajikan untuk bayi Anda .

2.Resep Telur Dadar Gulung Balita

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat telur dadar gulung balita yaitu Telur 2 buah dibuat telur dadar, Telur 1 butir dan dikocok, Daging ayam 100 gram yang sudah dicincang, Kecap manis 1 sendok makan, Lada halus setengah sendok teh, dan juga Garam 1/4 sendok the.

Cara Membuat Telur Dadar Gulung Balita :

Langkah pertama campurkan daging ayam,lada, kecap, dan garam dengan telur yang telah dikocok. Kemudian diaduk rata dan tuangkan ke atas telur dadar yang telah dibuat. Setelah itu gulung rapi dan kukus gulungan telur sampai 15 menit , angkat lalu dinginkan. Terakhir potong-potong dahulu sebelum digoreng jika sudah maka angkat dan sajikan untuk bayi Anda.

Resep Masakan Sayur Untuk Makanan Balita Yang Sehat

Setelah tadi saya sampaikan resep masakan telur, maka kali ini akan saya sampaikan resep masakan sayur untuk balita. Berikut diantaranya;

1.Resep Sayur Asam Kacang Merah Balita

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk membuat sayur asam kacang merah yaitu kacang merah 100 gram yang sudah direbus sampai empuk, tulang sapi 250 gram yang sudah dipotong-potong, daun salam 1 lembar, air asam jawa 5 sendok makan, garam 1 sendok the, kol 100 gram dipotong tipis, daun seledri 1 batang yang sudah diiris halus, daun bawang 1 batang diiris 1 cm, dan juga air 700 mili liter. Bumbu halus sayur asam kacang merah : Bawang merah 5 butir, Bawang putih 3 siung, Cabai merah 4 buah, Kemiri 3 butir, dan  Lengkuas 2 cm.

Cara Membuat Sayur Asam Kacang Merah :

Langkah pertama rebus tulang sapi dengan air sampai menjadi kaldu. Lalu masukkan bumbu halus dan semua bahan ke dalam rebusan tulang sampai matang. Kemudian angkat dan sajikan untuk bayi Anda.

  1. Resep Bubur Kentang Brokoli

Bubur kentang brokoli ini adalah salah satu resep makanan yang menjadi pilihan para ibu untuk si kecil sebab rasanya yang dinilai lezat dan bisa menggugah nafsu makan . Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bubur kentang brokoli yaitu daging ayam tanpa lemak 40 gram di potong kecil , kentang 200 gram yang dikupas, lalu dipotong kecil-kecil seperti potongan daging ayam, wortel segar 40 gram dikupas lalu potong seperti potongan kentang, air bersih 120 mili liter, dan juga brokoli 15 kuntum dipotong kecil-kecil seperti potongan kentang dan wortel.

Cara Membuat Bubur Kentang Brokoli :

Langkah awal masukkan daging ayam , kentang dan wortel kedalam panci. Masak diatas api kecil dan tambahakan air sampai mendidih . Lalu tutup panci dan diamkan selama 30 menit . Kemudian masukkan brokoli dan tutup kembali panci selama 30 menit sampai brokoli lunak lalu angkat. Terakhir masukkan semua bahan kedalam blender, haluskan lalu tuang kembali kedalam mangkuk  dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin, bubur kentang brokoli siap untuk disajikan kepada balita kesayangan Anda. Resep makanan balita ini memang sangat baik untuk si kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *