Resep makanan bayi 8 bulan berbahan dasar terong

resep makanan bayi 8 bulan
www.awalsehat.nestle.co.id

Dari sekian banyak sayuran yang ada di tanah air Indonesia, tentu terong adalah salah satu sayur yang tidak asing lagi di mata penggemar masak memasak, apalagi kuliner lokal. Tanpa anda tahu, terong tidak hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa namun juga bayi. Tentu saja karena cita rasa terong, tentu menghidangkan terong pada bayi butuh sedikit trik. Untung saja pada artikel ini ada daftar resep makanan bayi 8 bulan hanya bermodal terong saja. Seperti apakah cara memasaknya ? simak penjelasan berikut ini

Dalam dunia kuliner, terong banyak digunakan pada berbagai masakan daerah. Mulai dari padang sampai jawa semua orang mengenal terong. Hati pecinta kuliner banyak direnggut oleh terong pada berbagai mancanegara terutama pada masakan vegetarian alias orang orang yang menolak memakan produk daging atau vegan alias orang yang tidak hanya menolak daging namun juga produk tidak langsung seperti susu dan telur. Rasa terong yang sebetulnya lezat dengan gizi melimpah, seperti membantu mempertebal daya tahan butuh dan kaya akan vitamin B, akan sangat baik bila dimasukkan dalam menu resep makanan bayi 8 bulan guna membiasakan bayi konsumsi terong sejak dini.

Bubur bayi terong a la carte

Bahan yang anda perlukan adalah satu terong sudah dikuliti dan dipotong kecil kecil, 1 sampai 2 siung bawang putih, dan 1 cangkir kuah kaldu ayam.
Langkah pertama tentu saja adalah memastikan terong cukup empuk ketika dihidangkan pada malaikat kecil anda, caranya kukus terong sampai empuk atau anda bisa tusuk terong hingga terdapat banyak lubang kecil lalu panggang terong di suhu oven 200 derajat celcius selama 30 – 40 menit. Tujuan dari lubang tersebut, agar terong tidak meledak saat dipanggang. Apabila terong sudah matang, tumbuk terong dengan bawang dan kuah kaldu ayam hingga anda mendapat tekstur yang anda mau.

Kudapan terong
Jika bayi anda suka nyemil, beri saja cemilan sehat pada si kecil, toh kebiasaan ini bisa melekat hingga ia dewasa. Untung saja terong adalah salah satu sayur yang sangat cocok dijadikan kudapan.
Bahan yang anda butuhkan hanya 1 terong yang sudah dikuliti dan dipotong seukuran genggaman bayi, minyak zaitun, dan 1 bawang putih yang sudah di ‘keprek’ (ditekan dengan pisau hingga hancur).
Siapkan panggangan anda di suhu 1901 derajat celcius, sembari menunggu, rendam terong didalam minyak zaitun dan bawang ‘keprek’. Gunakan baking tray atau wadah panggangan agar lebih efisien.
Setelah siap, masukkan wadah ke dalam panggangan paling tidak 30 menit. Anda bisa melihat terong telah menjadi potongan kecil super gurih yang si kecil kemungkinan besar sukai. Jika anda mau, anda bisa mengkombinasikan terong dengan kentang agar si kecil mendapat varian pada saat makan.

Bubur krim terong bertabur paprika
Jangan salah sangka, bubur krim terong bertabur paprika ini bukan terasa pedas malah justru manis nan creamy. Hmm.. membayangkan untuk diri sendiri saja bisa lezat apalagi jika si kecil mencobanya, apalagi cara masak resep bayi 8 bulan satu ini sangatlah mudah, Anda hanya butuh 1 terong dan 1 paprika merah.

Pertama tama, seperti biasa, kedua bahan ini harus cukup lunak untuk dihidangkan pada bayi meski 8 bulan umumnya bayi lebih kuat menghadapi berbagai bahan dibanding sebelumnya. Melunakkan terong tidak jauh berubah dengan sesudah sudahnya, entah dengan dikukus atau dipanggang. Adapun cara melunakkan paprika merah ialah dengan dengan membakar paprika di atas kompor atau letakkan di atas panggangan, jika sudah matang, yang artinya kulit paprika mulai gosong.
Masukkan paprika merah yang sudah di empukkan dalam kantong platik makanan dan tinggalkan selama 10 menit. Barulah kupas kulit paprika. Lebih mudah melepas kulit paprika apabila paprika sudah lebih empuk dibanding pada saat masih mentah.
Barulah sebagai langkah akhir, tumbuk paprika yang matang dengan terong hingga menjadi bubur empuk dan creamy ketika masih panas. Tunggu beberapa menit sambil diaduk aduk sedikit hingga bubur lebih dingin baru dihidangkan pada malaikat kecil anda. Jika anda memang berencana memberi makanan panas, masak paprika dan terong bersamaan dan tumbuk bersama sama.

Ratatouille bayi

Bagi anda yang gemar makanan prancis, Ratatouille mungkin tidak asing di telinga anda. Tapi Ratatouille bisa dijadikan resep makanan bayi 8 bulan versi si kecil dengan sedikit modifikasi.
Bahan yang anda perlukan ½ terong kecil yang sudah dipotong kecil kecil dan di empukkan, 1 zukini kecil yang juga sudah dipotong kecil kecil tanpa perlu dikupas, 1 paprika merah yang sudah dipotong kotak kotak kecil, 1 bawang merah terpotong kecil kecil, 1 bawang putih yang sudah dihancurkan, 2 – 3 sendok tomat, 3 sendok air kaldu ayam atau sayur, sejumput oregano, sejumput thyme¸ sejumput marjoram¸ sejumput lada hitam tumbuk, minyak zaitun dan sejumput kemanggi.
Layaknya memasak Ratatouille biasa, oseng oseng semua sayuran diatas dengan minyak zaitun hingga harum, dan empuk. Tambahkan tomat dan bumbu bumbu lainnya. Masukkan dalam kuah kaldu sayur sambil diaduk hingga hangat dan semua bahan tercampur. Hidangkan pada si kecil.

Tidak hanya Ratatouille nikmat dan mewah, namun juga mengenyangan bayi kala jam makan siang atau ketika anda menghidangkan resep makanan bayi 8 bulan lain sebagai pendamping.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *