Resep Makanan Bayi 8 Bulan Modal Apel

resep makanan bayi 8 bulan
Source: Food Network

Resep makanan bayi 8 bulan merajalela di internet. Ekonomi yang kian membaik dengan rendahnya tingkat perang fisik, dorong kreativitas penduduk bumi bahkan dalam kuliner bayi sekalipun. Usia yang nyaris satu tahun ini buat jenis makanan apa saja seolah gampang diterima oleh buah hati ayah bunda.

Semakin maju suatu negara, penduduknya cenderung ingin segala sesuatu lebih mudah dan praktis. Bahasa gampangnya simpel. Bicara mengenai simpel, dalam konteks makanan bayi apel bisa menjadi jawaban. Apel mudah ditemukan dengan harga murah, cara memasak yang mudah namun tetap disukai, tak heran masuk kategori resep mudah tapi enak.

Kala apel bertemu labu 

Dari bahan pendamping saja sudah mengundang tanda tanya, seperti apa labu untuk makanan bayi?

Labu umumnya identik dengan kereta sihir dalam dunia dongeng. Kisah upik abu naik pangkat jadi seorang putri menyita slot cerita kesukaan anak. Rasa penasaran akan cita rasa labu wajar saja dipertanyakan walau tak terucap.

Rasa labu bisa dibilang cukup netral. Sebagai bagian keluarga blewah, labu punya karateristik yang cukup unik. Di lidah, labu tidak begitu memanjakan sebagai individu, namun secara tekstur labu akan sulit dilupakan. Lain cerita dengan apel yang tegas. Semua orang dapat bedakan mana apel yang asam dengan yang manis, kendati demikian tekstur apel dan labu seolah ditakdirkan untuk berjodoh.

Agar rasa tidak perlu timbulkan persaingan tidak perlu, apel bisa menjadi pendukung labu. Apalagi, kandungan keduanya cukup kompatible. Baik apel maupun labu, sama – sama kaya akan vitamin A yang tentu saja membantu perkembangan mata, ditambah asam folat, dan vitamin C, kombo yang tak kalah dari apel dan daging bukan?

Menghidangkan sesuatu lebib baik sudah melalui proses masak. Tata cara memasak labu dan apel sebetulnya cukup mudah. Nah langsung saja bahan yang dibutuhkan. Sediakan 1 cangkir labu yang sudah dikupas dan dipotong kecil, 2 cangkir apel yang tidak hanya dikuliti, dikupas, namun juga dipotong bagian tengahnya. 1 mangkuk air dan kayu manis termasuk dalam bahan wajib bagi resep ini.

Masukkan semua bahan yakni potongan labu, apel, air, dan kayu manis ke dalam panci. Terus aduk perlahan namun pasti dengan api sedang hingga semuanya bercampur menjadi satu tanpa ada halangan. Madsud dari tidak ada halangan adalah semua bahan melebur seperti tekstur bubur dan adukan tidak lagi terasa berat. Keluarkan bahan yang sudah tercampur dalam blender, dan mulai hancurkan semuanya hingga larut.

Apel panggang 

Malas melakukan sesuatu bukan hal buruk. Dalam siklus hidup manusia rutinitas kadang tak selalu menyenangkan. Tubuh yang dipaksa beraktivitas sama selama sepanjang hidupnya, akan bosan. Toh manusia bukanlah robot yang bisa dipaksa melakukan segalanya secara sistematis tanpa ada kreativitas.

Lucu tapi unik, ketika kemalasan ditambah bosan, kadang otak dapatkan keinginan untuk buat sesuatu yang lain. Begitu pula dengan konteks makanan, menyediakan apel yang diiris begitu saja terlihat kurang indah. Namun, bagaimana dengan apel panggang?

Bahan yang akan dibutuhkan adalah 3 sampai 4 apel besar, bunda bebas memilih jenis apel apa saja, baik lokal sampai apel import yang paling penting rasa apel yang kira – kira disukai si kecil. Supaya rasa lebih nendang, sediakan mentega, kayu manis, dan gula jawa bisa jadi langkah tepat.

Pertama, kosongkan bagian tengah apel dari daging – dagingnya, namun jangan mengupas kulit apel. Mulailah mengoleskan mentega (jika memutuskan memakai mentega), lalu semprotkan air guna menjaga kesegaran apel dalam panggangan.

Nantinya apel akan bertekstur lembek dan sedikit kuat, karenanya menambahkan bubuk kayu manis jika berkenan dan sekiranya menambah selera makan si kecil. Panaskan oven lantas panggang apel pada suhu dua ratus derajat selama paling tidak empat puluh menit sampai sekiranya kulit apel mengkerut dan bergelembung.

Gagal? Tak masalah 

Salah satu alasan apel bisa jadi bahan makanan bayi terbaik adalah tingkat fleksibilitas. Umumnya, suatu masakan yang gagal akan sulit untuk dihidangkan kembali, dan muncullah dilema. Apalagi kalau hari sedang buruk dan hati hanya berteriak kasur saja.

Ambil contoh apel panggang pada resep sebelumnya. Alih-alih bentuk cantik menawan, apel malah hancur berantakan usai di panggang, padahal tidak ada langkah yang dirasa salah. Ambil nafas, tenang, cukup hancurkan saja apel yang bentuknya gagal menjadi bubur dan hidangan terlihat layak saji.

Beberapa orang senang mengambil jalan mudah. Kalau memang hasil akhir masakan tidak sesuai ekspektasi. Terlebih jika tekstur padat menggumpal, solusinya cukup mudah. Rebus saja atau simpan dalam kulkas dan dapatkan saus apel bikinan sendiri. Menarik bukan?

Winner winner chicken Apple dinner 

Siapa bilang apel tidak bisa dikombinasikan dengan ayam? Dunia masakan ibarat Padang pasir dengan timbunan harta karun. Berjuta kemungkinan bisa diperoleh dengan mudah. Termasuk kombinasi tak umum seperti apel dan ayam sangatlah mungkin diproses lebih lanjut.

Justru 2 bahan makanan populer di kalangan bayi ini sangat menakjubkan jika diajak duet, tentu saja dengan pengolahan yang tepat. Nah, bahan bahan yang diperlukan tentu saja 1 / 3 cangkir ayam tanpa tulang yang sudah dimasak, 1 / 4 mangkuk apel yang sudah dipanggang dan dikupas kulitnya. Untuk penambahan rasa, potongan wortel dan sejumput kayu manis bisa menjadi kuncinya. Anda tidak perlu memasukkan garam untuk membuatnya gurih.

Pertama – tama, masukkan ayam dan apel yang sudah dimasak dalam blender, agar memudahkan, potong apel dan ayam hingga menjadi balok – balok kecil. Anda diperbolehkan menambah kayu manis ke dalamnya supaya ada wangi yang mengundang dengan rasa lebih kuat. Wortel sebagai bahan pilihan dicampur bersama dengan ayam dan apel tadi. Hancurkan semuanya hingga mencapai konsistensi kesukaan bayi.

Beberapa pemasak menemukan konsistensi ayam dan apel terlalu keras, kalau sudah begini cobalah menambahkan air ke dalamnya sehingga lebih empuk dan lebih layak untuk dimakan si kecil. Pada hasil akhir bisa menyimpan bubur di dalam kulkas selama beberapa hari, asal jangan lupa untuk memanaskannya terlebih dahulu saat menghidangkan kembali. Apel dan ayam mengandung banyak air sehingga menyimpan di kulkas bisa merusak tesktur resep makanan bayi 8 bulan yang pas.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *