Resep Makanan Bubur Bayi Beras Merah Yang Disukai Si Kecil

bubur bayi beras merah
Little Miss Momma

Bubur adalah makanan dengan tekstur lembek yang sangat mudah sekali untuk dikunyah dan dicerna. Makanan ini adalah hasil masakan dari beras dengan penggunaan kadar air yang lebih banyak bila dibandingkan dengan memasak beras menjadi nasi. Bubur yang dibuat apabila dilihat dari sasaran konsumen bisa dibedakan menjadi dua, di mana pilah yang pertama adalah bubur untuk konsumsi dewasa atau selain bayi dan pilah yang kedua adalah bubur bayi beras merah untuk konsumsi bayi.

Pembuatan bubur untuk selain bayi tentu jelas sekali dalam komposisi bahan yang dimasak dan disajikan, yaitu terdapat banyak campuran pelengkap pada sajian bubur untuk konsumsi selain bayi. Sedangkan bubur untuk konsumsi bayi dan bagaimana cara pembuatannya dapat anda simak pada ulasan resep berikut ini;

Bahan-bahan yang dibutuhkan Air Matang 100 ml, Air susu ibu atau  susu formula 2 sdm, Tepung beras merah 2 sdm dan Wortel 60 gr . Cara membuatnya yaitu langkah awal adalah membersihkan wortel yang akan dipakai untuk pembuatan bubur dengan mengupas kulit tipisnya lalu membersihkannya dan memotongnya dengan ukuran kecil berbentuk kotak. Setelah itu, panaskan air dalam wadah panci hingga mendidih lalu masukkan potongan kotak wortel yang sudah disiapkan tadi. Tunggu sampai potongan wortel matang. Angkat lalu haluskan. Sisihkan sejenak.

Langkah berikutnya adalah mencampurkan air dengan tepung beras merah kemudian mengaduk-aduknya sampai merata. Tuangkan hasil adukan tepung beras merah dan air ini ke dalam wadah panci/citel atau wadah sejenisnya yang biasa digunakan untuk memasak dan masak bersama dengan tambahan wortel yang sudah dihaluskan tadi. Aduk-aduk sampai merata dan tunggu hingga menjadi bubur beras merah wortel matang. Angkat. Sebelum di pindahkan ke wadah saji, tambahkan dulu bubur dengan ASI atau susu formula dan aduk merata. Setelah itu baru bubur beras merah wortel bisa disajikan untuk konsumsi buah hati anda.

Khasiat Bubur Bayi Beras Merah Sebagai Makanan Pendamping ASI

Salah satu bahan makanan yang bisa dijadikan MPASI yaitu beras merah. Kandungan di dalam beras merah memiliki banyak manfaat untuk bayi. MPASI atau makanan pendamping ASI diberikan saat usia bayi menginjak 6 bulan. Makanan pendamping ASI itu sendiri merupakan sumber nutrisi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi guna menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pemilihan makanan pendamping ASI untuk bayi harus dilakukan dengan tepat untuk memberikan nutrisi yang bervariasi dan bermanfaat untuk bayi.

Makanan pendamping ASI yang mengandung variasi nutrisi akan membantu dalam mengoptimalkan tumbuh dan kembang si kecil. Selain itu, makanan tersebut dapat membantu dalam menunjang kesehatannya. Salah satu bahan makanan yang dapat jadikan makanan pendamping ASI atau MPASI untuk bayi yaitu beras merah. Beras merah digembor-gemborkan jauh lebih baik dibandingkan dengan beras putih karena kandungan dan manfaatnya. Karena seperti itu, beras merah dianggap sebagai pilihan yang tepat sebagai makanan pendamping ASI.

Apa Saja Yang Terkandung Pada Bubur Bayi Beras Merah ?

Berikut ini manfaat serta beberapa hal yang terkandung pada bubur untuk buah hati Anda ;

  • Membantu proses perkembangan dalam pembentukan energi

Beras merah memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan beras putih. Manfaat beras merah itu sendiri karena beragam kandungan yang ada di dalamnya seperti vitamin B1, B6, B12 yang tinggi. Karena kandungan yang cukup tinggi tersebutlah beras merah diketahui bermanfaat dan membantu perkembangan untuk pembentukan energi dalam sel tubuh bayi.

  • baik untuk perkembangan otak bayi

Kulit ari yang terdapat pada beras merah mengandung suatu zat yang baik dan bermanfaat untuk perkembangan otak bayi. Bahkan mineral yang terkandung dalam beras merah memberikan manfaat yang baik sebagai asupan bayi yang dapat menunjang pertumbuhan gigi, pertumbuhan rambut, pertumbuhan tulang dan otot bayi. Serat yang terkandung di dalam beras merah yang cukup tinggi baik untuk sistem pencernaan bayi. Zat besi yang terkandung di dalamnya baik dalam memenuhi kebutuhan zat besi untuk pertumbuhan bayi.

  • Baik Untuk Perkembangan Jantung dan Jaringan Saraf Bayi

Beras merah mengandung zat tamin, dimana zat tersebut memiliki manfaat untuk perkembangan jantung dan jaringan saraf bayi. Selain itu, kandungan fosfor yang terdapat pada beras merah bermanfaat dalam membantu perkembangan sistem saraf rangka si kecil.

  • Bermanfaat terhadap pola tidur

Apabila bayi mengkonsumsi beras merah sebagai makanan pendamping ASI, maka selain manfaat di atas yang akan didapatkan, konsumsi beras merah juga akan mempengaruhi pola tidur bayi. Bayi akan memiliki pola tidur yang baik dan cukup yang disebabkan karena adanya kandungan zat tepung pada beras merah. Dimana zat tepung yang terkandung pada beras merah tersebut dapat membantu dalam meningkatkan serotonin jaringan otak bayi. Serotonin itu sendiri berperan dalam mengatur tingkat kantuk sehingga akan lebih teratur.

Gula yang terkandung di dalam beras merah lebih stabil, efeknya bayi tidak akan mudah merasa lapar sehingga si kecil tidak akan bangun ketika malam hari karena rasa lapar yang akan mengganggu aktivitas tidurnya. Itulah beberapa manfaat beras merah untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI. Mengetahui manfaat bubur bayi beras merah  untuk si kecil yang begitu besar, sekarang anda bisa memutuskan untuk menjadikan beras merah sebagai pilihan untuk makanan pendamping ASI. Anda bisa membuat tepung beras merah untuk dijadikan sebagai persediaan di rumah.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *