Resep Makanan Untuk Bayi Super Mudah Dan Sehat

makanan untuk bayi
Source: MomJunction

Makanan untuk bayi tidak selamanya harus hambar dan monoton. Di usia belia sekalipun, bayi perlu diperkenalkan dengan makanan-makanan sehat supaya gaya hidupnya kelak lebih terararah. Sayangnya, tidak banyak orang tua tahu bagaimana cara mengolah makanan bayi yang benar agar rasanya tetap enak dan sehat, maka dari itu kebanyakan menu si kecil hanya berputar-putar pada satu bidang saja, tidak berganti-ganti.

Perlu diketahui, bubur tim bukan satu-satunya makanan bayi. Bahkan kalau bayi sudah mencapai usia 6 bulan keatas, buah-buahan seperti apel, sangat diperbolehkan untuk buah hati. Sayur mayur juga begitu, tidak ada kewajiban memberi bubur tim dan sayuran setiap hari. Dengan pengolahan yang benar nan kreatif, seharusnya ayah bunda bisa mengeluarkan cita rasa guna menarik minat malaikat kecil.

Memang, namanya kreatif yang disertai kemampuan tidak turun dari langit. Ayah bunda kadang masih butuh inspirasi terlebih dahulu sebelum mampu membuat hidangan sendiri bagi anak-anaknya. Untung saja, dibawah ini terdapat 5 resep makanan bayi super mudah yang wajib dicoba.

1. Pir rebus dan yoghurt

Pir umumnya dihidangkan mentah, padahal potensinya terbilang besar. Kalau si kecil terlihat bosan dengan pir, coba saja resep satu ini. Bahan yang bunda butuhkan cuma 1 pir, 100 mili liter air, dan 1 sendok makan yoghurt tanpa perasa saja kok.

Seperti biasa, ketika berhubungan dengan buah, bunda harus mencuci dan menguliti buah tersebut sebelum memotong kecil kecil. Letakkan pir diatas wajan yang sudah diisi air, kemudian ‘rebus’ selama paling tidak 6 – 7 menit dengan tutup wajan berada diatasnya.

Bunda bisa tahu apakah pir cukup matang apabila daging lebih empuk dan bisa ditusuk tanpa menggunakan banyak tenaga. Hilangkan air dari wajan, dan hancurkan pir sehingga membentuk bubur. Hidangkan dengan menambahkan yoghurt sebagai penambah rasa.

Perut bayi tergolong lemah, dan belum punya kinerja maksimal. Bakteri baik dalam yoghurt terkadang bisa timbulkan sakt perut. karenanya tambahan bahan yang satu ini hanya sebagai pilihan, tanpa yoghurt pun tetap bisa disukai.

2. Apel manis panggang

Apel manis panggang sebetulnya hidangan khas Amerika yang telah diperkenalkan turun menurun. Selama di rumah bermodal panggangan, dijamin makanan satu ini gampang, cepat, dan mudah.

Pertama, kosongkan bagian tengah apel dari daging – dagingnya, namun tidak perlu mengupas kulit apel. Mulailah mengoleskan mentega (jika memutuskan memakai mentega), lalu semprotkan air guna menjaga kesegaran apel dalam panggangan. Panaskan oven lantas panggang apel pada suhu dua ratus derajat selama paling tidak 40 menit sampai sekiranya kulit apel mengkerut dan bergelembung.

Kadang, apel malah hancur berantakan usai di panggang, bunda tidak perlu merasa salah. Hancurkan saja apel yang bentuknya gagal menjadi bubur supaya selera bayi tidak rusak. Bunda bisa menambahkan bubuk kayu manis jika berkenan dan sekiranya menambah selera makan si kecil.

3. Cemilan terong

Siapa bilang terong pahit nan tak menyenangkan? Bermodal hanya 1 terong yang sudah dikuliti dan dipotong seukuran genggaman bayi, minyak zaitun, dan 1 bawang putih yang sudah di ‘keprek’ (ditekan dengan pisau hingga hancur) Bunda sudah bisa bikin makanan bayi enak.

Siapkan panggangan bunda di suhu 1901 derajat celcius, sembari menunggu, rendam terong didalam minyak zaitun dan bawang ‘keprek’. Gunakan baking tray atau wadah panggangan agar lebih efisien.

Jika semua dirasa siap, masukkan wadah ke dalam panggangan paling tidak 30 menit. Bunda bisa cek kalau terong telah menjadi potongan kecil super gurih yang si kecil kemungkinan besar sukai. Jika bunda mau, bunda bisa mengkombinasikan terong dengan kentang agar si kecil mendapat varian hidangan setiap harinya.

4. Sereal oatmeal buatan rumah

Oatmeal sudah pasti tergolong makanan sehat. Sayangnya, rasa oatmeal memang sedikit ganjal terutama bagi mereka yang tidak biasa. Padahal, bunda dan ayah bisa mengajari bayi hidup sehat bahkan di usianya yang masih belia. Caranya? Cobalah bereksperimen dengan oatmeal dan buah, seperti apel.

Pertama tama bunda harus mengurus apel terlebih dahulu, mengingat apel cukup keras untuk digigit si kecil. Kuliti apel, kemudian cuci barulah dipotong kecil kecil. Rebus air dan masukkan bubuk sereal nasi sambil diaduk aduk, tambahkan potongan apel tadi.

Kala bunda lihat bubur sereal nasi serta apel mulai menyatu, maka artinya sudah matang. Jika bayi bunda berusia diatas 9 bulan, bunda bisa memberikan bubur begitu saja, namun jika dibawah itu bayi biasanya meminta tekstur makanan lembut, jadi hancurkan campuran tadi menggunakan blender baru berikan pada malaikat kecil bunda.

5. Nuansa labu dan apel

Mengolah dua buah berbeda? Siapa takut toh caranya tergolong gampang. Masukkan semua bahan yakni potongan labu, apel, air dan kayu manis (alternatif) ke dalam panci. Terus aduk perlahan namun pasti dengan api sedang hingga semuanya bercampur menjadi satu tanpa ada halangan. Madsud dari tidak ada halangan adalah semua bahan melebur seperti tekstur bubur dan adukan tidak lagi terasa berat.

Keluarkan bahan yang sudah tercampur dalam blender, dan mulai hancurkan semuanya larut. Sebagai orang tua, bunda lebih paham tekstur kelembutan yang disukai si kecil. Makanan untuk bayi satu ini tidak menuntut prosedur penghancuran makanan yang tepat, jika tanpa blender konsistensi memang dirasa pas maka tidak diperlukan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *