Rugi Jika Ibu Hamil Tidak Mau Rajin Baca

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Jika ibu tidak suka baca, mungkin kini saatnya untuk menumbuhkan kecintaan terhadap buku. Karena tidak hanya ibu saja yang akan mendapatkan manfaatnya, tapi juga janin yang sedang ibu kandungan juga mendapatkan manfaat dari kegiatan membaca buku yang ibu lakukan.

Apa saja manfaatnya? Banyak sekali tentunya. Jika ibu tahu beberapa manfaat penting jika ibu membaca buku sewaktu hamil, ibu pasti akan merasa rugi sekali jika tidak mau membaca buku.

Berikut ini beberapa manfaat membaca buku ketika ibu sedang hamil.

  1. Memberikan Stimulus

Pernah dengar bawasannya bayi di dalam kandungan akan bergerak, menendang-nendang, dan memukul-mukul jika diperdengarkan musik? Begitu juga jika ibu membacakan buku. Namun, syaratnya ibu harus membaca dengan suara yang cukup keras ya.

Dengan cara ini, ibu sedang memberikan stimulus agar bayi yang ibu kandung bergerak. Dan pergerakan yang dilakukan oleh bayi merupakan pertanda bawasannya perkembangan bayi di dalam rahim baik.

  1. Membangun Kedekatan

Sangat penting untuk membangun kedekatan antara ibu dan bayi. Meskipun bayi masih ada di dalam kandungan, ternyata kedekatan tersebut bisa mulai dibangun lho.

Dengan cara membacakan buku, maka ibu sebenarnya sedang berkenalan dengan bayi. Semakin sering ibu membacakan buku maka hubungan antara ibu dan bayi akan semakin dekat. Hal ini disebabkan bayi sering mendengarkan suara ibu.

  1. Membantu Perkembangan Indera Pendengaran

Kenapa ketika hamil ibu dilarang mengucapkan kata-kata yang kasar atau tidak dianjurkan bertengkar dengan suami? Karena pada dasarnya bayi ibu yang masih ada di dalam kandungan mendengarkan apa saja perkataan yang ibu katakan.

Jika ibu mengucapkan kata-kata yang baik, maka itu artinya ibu mengajarkan hal yang baik. Begitu sebaliknya.

Dan membacakan buku merupakan cara yang tepat untuk mengajarkan hal-hal yang baik. Pada intinya, membacakan buku juga merupakan salah satu cara untuk membantu atau menstimulus perkembangan indera pendengaran sang buah hati.

Sekarang ibu sudah tahu bukan betapa pentingnya membacakan buku untuk sang buah hati? Ibu perlu mengoleski beberapa buku cerita yang bisa ibu bacakan untuk sang buah hati. Buku cerita tersebut juga bisa ibu simpan sehingga ibu bisa berikan ketika anak ibu sudah lahir.

Dalam hal ini ibu juga harus tahu kapan waktu yang tepat membacakan buku. Menurut ahli kesehatan kandungan, ketika janin berusia 6 bulan, ia sudah bisa bergerak dan juga mendengar. Untuk itulah, waktu yang tepat di mana ibu bisa membacakan buku adalah ketika usia kehamilan sudah memasuki usia 6 bulan.

Ibu bisa bacakan buku-buku dongeng, cerita, atau lain sebagainya. Jika ibu ingin juga refreshing, ibu bisa membacakan novel dengan tema yang ibu suka.

Akan tetapi, sesekali ibu juga harus membaca informasi seputar kesehatan ibu hamil. Jadi, pengetahuan ibu tentang menjaga kesehatan kehamilan juga harus diperbaharui. Situs ibu dan balita sudah menyediakan berbagai informasi penting seputar kehamilan. Ini menjadi rujukan yang tepat jika ibu ingin belajar tentang bagaimana menjaga kehamilan dan memastikan perkembangan janin baik.

Di sana, ibu juga bisa bergabung dengan komunitas para ibu hamil. Ada juga forum tanya jawab dengan ahli. Jadi, jika ibu memiliki masalah seputar kesehatan kehamilan, ibu tanyakan kepada pakarnya. Istilahnya konsultasi online. Kapan saja ibu ingin konsultasi, klik saja www.ibudanbalita.com dan tinggalkan pertanyaan. Ahli kesehatan ibu hamil akan merespon pertanyaan yang ibu berikan.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *