Saat Hamil, Ibu Harus Menyusui. Berbahayakah?

Ibu hamil Menyusui
www.friso.co.id

Mengetahui informasi bawasannya ibu positif hamil tidak selalu terdengar menyenangkan. Contohnya saja jika ibu masih memiliki bayi yang usianya di bawah 6 bulan.

Tentu bukan tidak mungkin seorang ibu hamil lagi ketika ia baru memiliki bayi. Bahkan, banyak ibu yang mengalami hal tersebut.

Apakah ibu mengalami hal ini di mana ibu mengandung tapi pada saat yang sama ibu harus memberikan ASI kepada si kecil?

Tentu saja ini tantangan yang berat. Menjaga kesehatan ibu hamil saja berat apalagi ditambah harus juga memberikan ASI kepada bayi.

Hati-Hati Jika Menyusui Pada Saat Hamil

Tandem nursing. Itulah istilah medis untuk menggambarkan seorang ibu hamil juga harus memberikan ASI kepada si kecil. Para ahli medis juga sudah mengetahui serta melakukan penelitian tentang seorang ibu yang melakukan tandem nursing ini.

Dari penelitian tersebut, terdapat beberapa kesimpulan yang harus diperhatikan. Pertama, seorang ibu yang melakukan tandem nursing itu rentan sekali dengan keguguran. Hal ini disebabkan oleh kontraksi yang bisa terjadi ketika ibu tersebut memberikan ASI. Proses menyusui ini membuat rahim mengalami kontraksi. Dan hal ini tentu bukan buruk jika kontraksi kuat dialami ketika hamil muda. Bisa saja hal tersebut menyebabkan keguguran.

Yang kedua, adanya kemungkinan produksi ASI menurun. Saat hamil, secara otomatis tubuh memproduksi hormon estrogen meningkat. Di satu sisi, hormon estrogen ini sangat baik untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Namun, meningkatkan produksi hormon estrogen tersebut membuat produksi ASI turun.

Dan yang paling harus diantisipasi adalah kondisi kesehatan ibu. Menjalani tandem nursing akan membuat seorang ibu hamil yang juga menyusui akan lebih mudah stress. Bahkan keluhan kesehatan seperti morning sickness, anemia, dan lain sebagainya bisa saja terjadi lebih parah.

Sangat dianjurkan agar ibu yang melakukan tandem nursing lebih ekstra dalam menjaga kesehatan. Diperlukan hal yang ekstra untuk memastikan kondisi kesehatan ibu selalu terjaga. Banyak tips di www.friso.co.id yang bisa diterapkan untuk memastikan tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan dengan kesehatan seorang ibu hamil yang pada saat yang sama harus memberikan ASI kepada bayinya.

Tips Menjalani Tandem Nursing

Setelah mengetahui apa hal buruk yang bisa terjadi ketika ibu harus memberikan ASI saat hamil, sekarang saatnya ibu mengerti apa yang sebaiknya ibu lakukan.

Pada dasarnya, tubuh ibu harus lebih fit dari biasanya. Nutrisi harus komplit dan juga seimbang. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus ibu lakukan adalah mengkonsumsi susu Frisomum Gold. Susu ibu hamil tersebutlah yang akan memastikan semua kebutuhan nutrisi harian terpenuhi.

Selain itu, ada baiknya juga ibu bekerjasama dengan suami. Support dari suami harus ibu dapatkan agar ibu tidak terlalu lelah mengurus bayi. Karena pada saat yang sama, ibu harus menjaga stamina agar janin di dalam kandungan bisa berkembang optimal.

Dan yang tak kalah penting lagi adalah menejemen diri. Seorang ibu hamil itu harus memiliki waktu untuk istirahat. Bagaimana bisa istirahat jika memiliki bayi kecil?

Itulah pentingnya membuat menejemen diri yang baik. Pastikan ibu memiliki waktu untuk mengurus anak. Namun, saat si kecil tidur, ibu juga harus istirahat agar stamina ibu tidak terkuras. Jika ibu kelelahan, itu sangat tidak baik untuk kesehatan bayi di dalam kandungan.

Jadi, tidak ada hal yang tidak mungkin untuk menajalani hidup sebagai ibu yang melakukan tandem nursing. Ibu sudah siap sekarang.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *