Saat Ibu Hamil, Ingatkan Suami Agar Tidak Melakukan Hal Sembrono

Ibu dan balita
www.ibudanbalita.com

Entah mitos atau fakta. Namun, pastinya ada hal-hal sepele yang tidak boleh dilakukan oleh suami ketika ibu sedang hamil.

Apa saja hal tersebut?

Sebelumnya, ibu harus tahu ada yang sifatnya fakta ada juga yang sifatnya mitos. Dikatakan fakta karena memang bisa dijelaskan secara logika. Namun, ada juga yang tidak bisa dijelaskan secara logika yang kemudian hal tersebtu dianggap sebagai mitos.

Terlepas apakah fakta atau mitos, sebaiknya suami ibu tidak melakukan hal sembrono.

Larangan untuk Suami

Apakah berikut ini fakta atau mitos.

1. Suami Dilarang Membunuh Binatang

Orang jawa mempercayai jika seorang suami membunuh binatang, entah itu binatang yang dagingnya bisa dimakan atau tidak, maka akan terjadi hal yang kurang baik pada perkembangan bayi yang sedang dikandung oleh seorang istri.

Ada yang bilang jika suami memukul ular hingga ular tersebut mati, maka bayi yang dikandung oleh istri akan mengalami cacat secara fisik.

Entah mitos atau fakta, nyatanya banyak kejadian seperti itu. Ibu percaya?

2. Menjelekkan Orang Lain

Orang tua selalu mengingatkan kepada anak laki-lakinya yang sudah beristri dan kebetulan istrinya tersebut sedang mengandung untuk menjaga ucapan. Jangan mengejek orang lain.

Karena dikhawatirkan apa yang ia ejek tersebut akan terjadi pada anaknya. Orang jawa mengatakan “moyok neplok” atau siapa yang mengejek orang lain maka ejekan tersebut akan juga terjadi pada dirinya sendiri.

3. Mengatakan Hal yang Kurang Baik Kepada Istri

Sepertinya ini bukan mitos, tapi fakta. Pasalnya, hal ini sudah dijelaskan di secara ilmiah di website www.ibudanbalita.com. Di sana dijelaskan bawasannya mengatakan hal yang negatif kepada istri akan membuat kondisi psikis seorang istri akan terganggu. Jika hal ini terjadi, bukan tidak mungkin kesehatannya juga menurun dan ujung-ujungnya akan buruk juga terhadap perkembangan bayi di dalam kandungan.

Mana yang ibu percayai sebagai fakta dan mana yang sepertinya tidak masuk akal sehingga dikategorikan sebagai mitos?

Kesimpulannya ada di tangan ibu.

Yang Jelas Tidak Boleh Dilakukan oleh Seorang Suami

Untuk yang satu ini bukan mitos, melainkan jelas fakta. Seorang suami dilarang berhubungan seks dengan istrinya yang sedang hamil ketika kehamilan baru berusia trimester pertama.

Seperti yang telah dijelaskan oleh dokter kandungan di website ibu dan balita bawasannya hormon yang masuk ke dalam rahim akan mengakibatkan kontraksi. Sementara itu, rahim yang belum kuat ketika hamil muda bisa menyebabkan keguguran.

Tentu bukan hanya berhubungan badan saja yang dilarang. Jika alasannya adalah kontraksi, maka kegiatan apapun yang bisa menyebabkan rahim tertekan dan bergerak jelas tidak dibolehkan.

Untuk lebih jelasnya, ibu bisa tanya kepada ahli kesehatan ibu hamil di situs ibu dan balita. Di sana, ibu bisa konsultasi secara online dengan dokter kandungan.

Yang paling penting, ibu harus menjaga kesehatan kehamilan dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat serta minum susu ibu hamil secara rutin setiap hari. Ini merupakan kewajiban yang harus ibu lakukan.

Sayangnya, banyak ibu hamil yang tidak mau minum susu dengan alasan tidak ada masalah dengan kesehatan mereka. Mereka tidak memahami jika banyak kasus bayi keguguran itu disebabkan ibu hamil yang acuh. Mereka merasa kesehatannya baik-baik saja padahal kondisi bayi di dalam rahim kurang baik sehingga perkembangannya tidak optimal.

Untuk menghindari hal buruk tersebut, ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan minum susu ibu hamil setiap hari.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *