Satu Diantara 4 Faktor Paling Penting yang Menentukan Tumbuh Kembang Balita

Tumbuh Kembang Balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita tidak hanya ditentukan oleh nutrisi dari makanan dan minuman yang ibu berikan setiap hari. Terdapat 4 faktor penting yang mempengaruhi perkembangan balita.

Akan tetapi, dari keempat faktor tersebut, ada satu faktor yang sangat penting. Bahkan, faktor inilah yang sering menentukan bagaimana balita ibu nanti tumbuh dewasa. Apa faktor yang dimaksud tersebut? Seberapa pentingkan faktor tersebut untuk perkembangan balita?

Faktor Penting untuk Tumbuh Kembang Balita

Faktor tersebut adalah faktor lingkungan. Dalam hal ini, lingkungan ini ruang lingkupnya sangat luas, bisa lingkungan keluarga, masyarakat, atau sekolah. Jadi, dari sini saja sulit sekali untuk memastikan balita ibu dalam lingkungan yang baik.

Mungkin ibu sudah membuat lingkungan keluarga yang baik sehingga tumbuh kembang balita tidak perlu diragukan lagi. Tapi, bagaimana dengan lingkungan masyarakat? Bagaimana dengan lingkungan keluarga?

Balita tentu saja butuh untuk bersosialisasi dengan orang lain, tidak hanya dengan orang tua dan saudara saja di rumah. Sayangnya, menciptakan lingkungan masyarakat yang baik bagi perkembangan anak itu tidak mudah. Diperlukan sinergi antar keluarga agar suasana atau lingkungan masyarakat baik bagi tumbuh kembang balita.

Seperti contoh, apakah ada taman bermain anak di sekitar perumahan ibu? Idealnya, di setiap tempat tinggal itu terdapat ruang terbuka di mana balita bisa bermain dengan sesama balita lainnya. Dengan demikian, mereka bisa aktif, ceria, dan sekaligus bersosialisasi dengan balita lainnya. Sayangnya, tidak banyak perumahan yang memiliki ruang terbuka sebagai taman bermain. Itu hanya salah satu contoh saja bagaimana lingkungan masyarakat yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang balita.

3 Faktor Penting Lainnya untuk Tumbuh Kembang Balita

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, faktor lingkungan masyarakat itu sangat berpengaruh terhadap perkembangan balita. Apalagi jika ibu sudah memiliki buah hati yang sudah aktif berjalan dan menjelajah ke tempat yang baru di luar rumah. Faktor lingkungan masyarakat itu sangat penting.

Terlepas dari itu semua, bukan berarti ibu bisa meniadakan atau menganggap sepele 3 faktor tumbuh kembang balita yang lain ya. Tiga faktor lainnya adalah faktor biologis, faktor sosial ekonomi, serta faktor nutrisi.

Faktor biologis maksudnya adalah faktor genetik atau keturunan. Artinya, keistimewaan yang ada pada diri balita itu sudah digariskan sesuai dengan genetikanya. Sementara itu, sosial ekonomi merupakan faktor yang berhubungan dengan status sosial keluarga di mana ia lahir dan dibesarkan. Yang terakhir adalah faktor nutrisi. Faktor ini bisa dikatakan faktor internal karena nutrisi mempengaruhi tumbuh kembang balita dari dalam. Jika nutrisi yang tidak pernuhi seperti contoh kalsium, maka tumbuh kembang sang buah hati pun akan terganggu, bukan? Ia akan mengalami masalah dengan pertumbuhan tulang.

Dari situlah ibu harus tahu ada banyak faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang balita. Jika selama ini ibu hanya fokus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saja, maka yang ibu lakukan kurang tepat. Ibu juga harus pastikan bahwa lingkungan di mana ibu dan sang buah hati tinggal itu baik karena inilah yang jauh lebih mempengaruhi saat usia sang buah hati sudah balita.

Untuk mengetahui hal-hal yang perlu ibu lakukan agar bisa memastikan bahwa si kecil tumbuh baik, sebaiknya ibu memperbaruhi pengetahuan ibu tentang bagaimana mendidik balita agar tumbuh kembang balita baik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *