Sayuran bintang makanan untuk memperbanyak ASI

makanan untuk memperbanyak asi
www.awalsehat.nestle.co.id

Dahaga malaikat kecil anda yang baru lahir tentu akan lebih terpuaskan dengan manfaat jauh lebih banyak apabila diberikan air susu bunda secara langsung. Nah, sekarang bunda dan ayah harus berpikir bagaimana memilih makanan untuk memperbanyak ASI.

Terlebih lagi, pilihan menu makanan untuk memperbanyak ASI sangat berpengaruh dan berdampak besar bagi bunda. Pada artikel kali sayuran makanan untuk memperbanyak ASI lebih ditekankan. Apa sajakah itu ?

  1. Daun bayamDaun bayam selalu saja ada pada daftar produk pedagang sayuran lewat sampai supermarket besar sekalipun. Mulai dari kebutuhan konsumsi anak sampai konsumsi pakan ternak seperti kelinci, bayam laku keras dimana mana dalam berbagai kondisi. Bayam sangat mudah dikombinasikan dengan jenis makanan apapun, sup biasa sampai bagian dari adonan roti, bayam pun oke jadi.Tahukah anda bahwa ada alasan tertentu dari kejayaan daun bayam ?

    Daun bayam mengandung zat besi, kalsium, dan asam folic. Tidak hanya menambah produksi air susu bunda, namun juga membuat bayi yang mengkonsumsi air susu ibu menjadi lebih kuat, sepertinya apa yang dipasarkan popeye ada benarnya.

    Berita baik bagi bunda penderita anemia alias kekurangan darah, bayam sangatlah membantu anda melalui kondisi ini, ditambah lagi bayam bisa membantu tubuh mengeluarkan racun dan juga mencegah kanker payudara. Namun, perlu diingat jangan terlalu banyak memakan bayam karena hal ini malah bisa mengakibatkan diare pada bayi.

  1. Bawang putihBila saja bawang putih tidak terkenal dengan bau menyengat yang vampir tampan nan terkuat sekalipun ogah mendekatinya, tentu saat ini bawang putih bisa menjadi bintang di antara bunda bunda menyusui. Ya, dalam dunia kedokteran terutama kesehatan kandungan sebenarnya bawang sangat dikenal sebagai salah satu sayuran yang mampu mendorong produksi air susu ibu pada kelenjar payudara.Tidak hanya membantu produksi air susu pada payudara, bawang juga mempertebal pertahann tubuh dalam perang lawan kanker, dimana tentu saja manfaat ini mampu ditularkan pada malaikat kecil anda.
    Ya, tentu beberapa orang bahkan mungkin anda sendiri keberatan kalau diminta memakan bawang mentah mentah setiap hari. Untung saja, ada banyak cara mengolah bawang, mulai dari oseng oseng sederhana, mencampurkan bawang di dalam sup, sayuran kesukaan anda, atau hanya mengaduk bawang dalam mangkuk nasi yang anda makan setiap hari. Jangan lupa untuk terus menggosok gigi, siapa tahu pasangan atau orang di sekitar anda bisa jadi keberatan dengan bau mulut bawang.
  2. Nasi merahBagi kalangan pecinta diet, apalagi yang bertujuan menurunkan berat badan, tentu pernah mengenal nasi merah. Memang, dibanding nasi putih biasa, cita rasa nasi merah kurang populer mungkin karena karakteristik nasi merah yang kering dan tidak se empuk nasi putih membuat banyak wanita terpaksa menolak nasi merah meski butuh sekalipun. Jika anda memang mau menolak, mari simak penjelasan satu ini.Pertama dan terutama, nasi merah memiliki kandungan hormone yang bisa mendorong produksi susu pada kelenjar payudara. Tentu hal ini menjadi keuntungan utama. Kedua, nasi merah memberi energi lebih banyak dibanding nasi putih biasa. Energi yang diperlukan oleh bunda tentunya, tentu saja ayah boleh turut mengkonsumsi nasi merah pula bersama bunda. Tapi manfaat nasi merah akan sangat terasa lebih berarti bagi bunda. Bunda cenderung merasa lemah usai melahirkan belum lagi tanggung jawab menyusui si kecil, sehingga banyak tenaga terserap dan terbuang begitu saja. Nasi merah sangatlah cocok untuk memastikan kesehatan bunda terjaga dengan mengembalikan tenaga bunda.

    Untuk awal awal coba mencampurkan nasi merah dengan beragam masakan kesukaan anda. Tekankan pula pada sayur mayur seperti sup dan capcay untuk dipadukan dengan nasi merah. Tidak perlu buru buru, jika bunda tidak bahagia maka makanan sesehat apapun tidak ada artinya.

  1. WortelHanya untuk mata ? eits tunggu dulu. Wortel tidak diciptakan di bumi ini untuk keuntungan mata saja. Sebetulnya wortel juga sangat berguna dalam membantu produksi air susu ibu. Sayuran merah nan identik dengan wortel satu ini ternyata punya fungsi nyaris sama dengan bayam ! wow !Mungkin itu sebabnya kelinci bisa memberi makan anaknya yang begitu banyak dalam suatu waktu ?

    Kembali lagi pada wortel, zat yang membantu mendorong produksi susu ini ternyata ada pada vitamin A. Jadi, jangan sampai memasak wortel dengan berlebihan (sampai warna wortel memudar) karena gizi wortel yang tercermin di warna bisa saja larut bersama limbah karena kesalahan mendasar ini. Lebih baik masak sebentar sampai empuk saja tidak perlu direbus atau digoreng terlalu lama.

    Berita baiknya, wortel bisa dibuat sebagai minuman maupun makanan. Beberapa bunda malah menyukai wortel yang dimakan mentah mentah. Cukup makan setidaknya sekali di pagi hari, terutama jika bunda berkenan mengolah wortel menjadi jus.

Bayam, wortel, bawang putih, dan nasi merah adalah kelima sayuran yang sebenarnya sangat mudah ditemui kapanpun, dan dimanapun. Apalagi kelimanya sangat mudah digabungkan satu sama lain agar mengeluarkan cita rasa yang lezat. Tinggal bagaimana ayah dan bunda memanajemen stok yang ada agar selalu tersedia sayuran segar penuh gizi, siap dimasak dan dikonsumsi setiap harinya agar rasa dahaga si kecil kerap terpuaskan. Cukup konsumsi rutin daftar sayuran sebagai makanan untuk memperbanyak ASI diatas, dan rasakan hasilnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *