Sehatkah Menerapkan Cara Membuat Bayi Gemuk Dengan Susu?

susu agar bayi gemuk
www.katalogibu.com

Ada banyak sekali ibu menerapkan cara membuat bayi gemuk dengan susu. Namun, apakah cara tersebut baik? Apakah cara tersebut aman untuk dilakukan?

Memang tidak sedikit ibu yang mengeluh dan khawatir ketika bayi mereka terlihat kurus. Umumnya, hal tersebut disebabkan karena mereka hanya memberikan ASI saja. Apalagi jika produksi ASI tidak banyak. Bayi pun akhirnya mendapatkan imbasnya. Tubuhnya kurus dan kecil.

Dibandingkan dengan bayi hanya mendapatkan ASI, bayi yang diberi sufor atau susu formula jauh lebih gemuk. Inilah yang membuat banyak orang tua menganggap bawasannya salah satu cara yang tepat untuk membuat bayi gemuk adalah dengan memberikan sufor. Bayi tidak hanya mendapatkan ASI saja.

Namun, pertanyaannya adalah, apakah cara tersebut aman dilakukan? Alangkah baiknya jika ibu simak penjelasan berikut ini.

ASI Eksklusif Untuk Bayi

Ibu pasti sudah mendengar mengenai program ASI eksklusif, bukan? Ini merupakan program di mana seorang ibu harus memberikan ASI selama 6 bulan. Jadi, sebelum usia bayi mencapai 6 bulan, ia hanya boleh mendapatkan ASI saja. Minuman dan makanan yang lunak sekalipun tidak boleh diberikan ketika usia bayi belum mencapai 6 bulan. Penjelasan singkat tersebut di atas sebenarnya sudah menjawab apakah cara agar bayi gemuk dengan susu itu bagus atau tidak.

Lebih dari itu, sebenarnya ada alasan lain mengapa ASI eksklusif harus dilakukan. Yang pertama, dengan memberikan ASI eksklusif, maka bayi akan sehat. Ada banyak kasus di mana bayi mengalami masalah kesehatan seperti diare, konstipasi, dan bahkan kegemukan karena bayi tersebut mengkonsumsi susu formula. Ini sebenarnya yang paling perlu dihindari.

Alasan kedua adalah ketahanan tubuh. Menurut penilitian ilmiah, seseorang yang waktu masih bayi mendapatkan ASI eksklusif tidak mudah sakit. Ternyata, hal ini disebabkan oleh antibodi yang didapatkan selama mendapatkan ASI eksklusif. Di dalam ASI, terdapat antibodi yang tidak didapatkan dari susu formula manapun. Antibodi inilah yang membuat sistem kekebalan tubuh seseorang kuat sehingga hingga dewasa nanti anak tidak mudah sakit.

Jadi, masihkah ibu ingin memberikan susu agar bayi ibu gemuk? Terlepas dari itu semua, memang bayi yang mendapatkan susu formula memiliki tubuh yang lebih gemuk daripada bayi yang hanya mendapatkan ASI saja. Namun, bukan gemuk atau tidaknya tubuh bayi yang menunjukkan bayi itu sehat. Jika berat badan bayi ideal, itu sudah cukup untuk menunjukkan jika si kecil sehat.

Cara Membuat Bayi Gemuk

Dari penjelasan tersebut di atas, seolah-olah memberikan susu formula tidak diperbolehkan. Sebenarnya tidak. Susu formula sebenarnya boleh saja diberikan asalkan memang ada kondisi tertentu di mana ibu tidak bisa memberikan ASI sesuai yang dibutuhkan oleh si kecil. Biasanya, dokter pun menyarankan agar diberikan susu formula kepada bayi jika sang ibu tidak bisa memberikan ASI.

Namun, jika alasannya agar tubuh bayi gemuk, sebenarnya alasannya kurang masuk akal. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kesehatan bayi itu tidak dilihat dari seberapa gemuk tubuh sang buah hati, melainkan apakah berat badan ideal sesuai dengan usia bayi atau tidak.

Ada tips lain selain cara membuat bayi dengan susu. Berikut ini beberapa hal yang bisa ibu lakukan.

  • Meningkatkan Kualitas ASI

Tidak bisa dipungkuri kuantitas ASI sangat menentukan kesehatan serta berat badan bayi. Jika ibu tidak bisa memberikan ASI dengan kuantitas yang banyak, maka bayi pun tidak mendapatkan nutrisi yang banyak. Begitupun sebaliknya.

Namun, ada hal lain yang tak kalah penting, yaitu kualitas. ASI yang berkualitas itu artinya nutrisi yang terkandung di dalam ASI sangat baik. Dan ASI yang berkualitas ini bisa ibu berikan jika ibu mengkonsumsi makan makanan yang sehat dan bergizi. Ketika menyusui, ibu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat. Ada baiknya juga ibu mengkonsumsi susu ibu menyusui Frisian Flag Mama yang kandungan nutrisinya lengkap dan seimbang.

  • Mengatur Kegiatan Anak

Semua hal yang berkaitan dengan tubuh anak berhubungan dengan nutrisi yang ada di dalam tubuhnya. Agar anak gemuk dan sehat, ibu harus memastikan nutrisi di dalam tubuh terserap dengan baik. Jadi, ibu harus atur kapan waktunya bermain dan kapan waktunya tidur. Jangan sampai bayi ibu memiliki waktu tidur yang terlalu singkat. Waktu tidur yang tidak cukup banyak akan membuat tubuh bayi terlihat kurus karena semua energi dikeluarkan untuk beraktivitas.

  • Perawatan

Ada banyak hal yang terkait dengan perawatan. Untuk lebih lengkapnya, ibu bisa ikuti diskusi di forum ibu dan balita. Banyak sekali para ibu yang membagikan informasi mengenai perawatan bayi.

Namun, yang paling penting adalah perawatan yang berhubungan dengan tumbuh kembang bayi. Banyak bayi yang tidak tumbuh dengan semestinya seperti berat badannya di bawah normal disebabkan adanya masalah pada tubuhnya. Contoh kecilnya adalah ketika bayi mengalami keseleo. Ketika bayi sudah mulai mengangkat kepalanya atau bahkan belajar tengkurap, seringkali ototnya keseleo dan secara tidak langsung hal ini berpengaruh terhadap perkembangan dan berat badannya.

Untuk itu, ada baiknya ibu melakukan perawatan seperti baby spa. Bayi akan dipijat sehingga otat yang kaku dan yang keseleo akan mendapatkan treatment.

Terlepas dari itu semua, tentu bukan menjadi hal yang perlu disalahkan jika ibu menerapkan cara membuat bayi gemuk dengan susu. Keputusan ada di tangan ibu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *