Sekolah Alam Lebih Bagus untuk Perkembangan Balita. Tahu Kenapa?

perkembangan balita
Ibu dan Balita

Sekarang ini semakin banyak sekolah alam khususnya untuk balita. Peminatnya juga semakin bertambah.

Jika ibu sedang mencarikan sekolah untuk sang buah hati dan belum menentukan keputusan, ibu bisa diam sejenak dan membaca penjelasan berikut ini kenapa sekolah alam menjadi pilihan yang bagus untuk si kecil, terutama untuk perkembangan balita.

Ternyata, bukan hanya untuk mengasah intelegensinya saja. Sekolah alam memberikan lebih dari sekedar perkembangan intelegensi anak.

Menghindarkan dari Berbagai Masalah

Apakah ibu tahu apa yang sering menjadi permasalahan serius yang dialami oleh balita akhir-akhir ini? Untuk balita yang tinggal di daerah perkotaan, biasanya mereka mengalami masalah dengan berat badan. Resiko balita mengalami obesitas sangat tinggi.

Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Orang tua yang sibuk dengan urusan pekerjaan sehingga tidak begitu memperhatikan asupan gizi si kecil. Kebiasaan balita yang kurang bagus di mana lebih sering duduk dan kurang beraktivitas. Belum lagi faktor jajanan yang kebanyakan dibuat menggunakan pemanis buatan.

Semua faktor tersebut bermain dan berpengaruh sekali terhadap tumbuh kembang anak terutama berat badan. Seabgai ibu, tentu ibu tidak ingin balita ibu mengalami hal semacam itu, bukan?

Nah, cara yang paling tepat untuk mencegah obesitas pada balita adalah memasukkannya ke sekolah alam. Di sana ia akan lebih sering aktif karena sistem pembelajarannya tidak hanya duduk diam seperti di sekolah konvensional.

Selain itu, karena berada di alam yang tidak ada sekat seperti tembok, maka ia akan lebih aktif bergerak. Kegiatan seperti ini tentu sangat bagus untuk perkembangan anak, terutama untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Selain itu, masalah yang tak kalah serius yang berkaitan dengan perkembangan anak adalah masalah sosialisasi. Terutama ibu yang tinggal di daerah perkotaan atau di daerah perumahan, ibu pasti sulit untuk mengajak si kecil bersosialisasi dengan orang lain. Berbeda sekali jika ibu tingga di daerah desa. Sosialisasi dengan tetangga jauh lebih mudah.

Agar anak ibu tidak sulit dalam bersosialisasi dengan orang lain, sekolah alam ini menjadi tempat yang tepat. Karena di sekolah ini, ia tidak hanya bisa bermain dan bercengkama dengan teman sesamanya, tapi juga dengan alam sekitar. Ia akan mengenal lingkungan dengan lebih baik. Ia akan sadar bahwa ia hidup tidak hanya berdampingan dengan manusia saja tapi juga alam. Bukan itu tujuan dari sebuah pendidikan?

Sekolah Alam Mahal

Tidak sedikit orang tua yang enggan memasukkan balita mereka ke sekolah alam karena masalah biaya. Memang SPP sekolah alam cenderung lebih mahal dibandingkan dengan sekolah biasa.

Hanya saja, ibu harus berpikir tentang tumbuh kembang balita. Jika ibu tidak bisa meluangkan waktu untuk si kecil karena sehari-hari harus sibuk bekerja, kenapa uang tersebut tidak ibu siapkan saja untuk membayar SPP yang mahal sekalipun.

Kalaupun ibu menjadi seorang ibu rumah tangga dan ingin melihat tumbuh kembang balita ibu lebih optimal, sangat tepat jika ibu memasukkannya ke sekolah alam.

Pondasi kehidupan harus kuat. Dan untuk memperkuat pondasi tersebut, selagi masih balita, ibu harus memberikan yang terbaik terutama dalam hal pendidikan. Mungkin ibu juga harus mempertimbangkan satu hal ini. Betapa pentingnya perkembangan anak, maka ibu harus berkorban untuk memberikan apapun yang terbaik untuk sang buah hati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *