Selain Memenuhi Nutrisi, 2 Hal Ini Perlu Ibu Lakukan Agar Bayi Sehat

Healthy Baby
Source: http://kindercarepediatrics.ca

Memberikan ASI eksklusif pasti akan membuat bayi sehat. Namun, bagaimana jika si kecil sudah berusia 6 bulan? Asal ibu tahu bayi rentan sekali terkena penyakit. Tidak hanya butuh nutrisi dari MPASI dan juga ASI saja, melainkan ibu harus berusaha lebih keras lagi anak ibu ibu tidak mudah sakit.

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik. Mereka memberikan menu MPASI yang terbaik setiap hari, memastikan kualitas ASI bagus, dan lain sebagainya. Dan dua hal berikut ini tidak boleh ibu lewatkan.

Atur Waktu Tidur Yang Tepat

Tahukah ibu kualitas tidur bayi itu menentukan tumbuh kembangnya? Untuk itu, ibu harus tahu bagaimana caranya agar memiliki masa tidur yang berkualitas.

  1. Atur waktu tidur setiap hari

Yang pertama, ibu harus atur waktu tidur setiap hari. Umumnya, bayi berusia di bawah 3 bulan tidur selama 3 kali, di pagi, siang, dan di malam hari. Sementara itu, jika usianya sudah mencapai 4 bulan ke atas, umumnya ia tidur hanya dua kali, yaitu di siang dan di malam hari.

Dalam hal ini, ibu harus sangat memahami waktu atau jadwal tidur bayi agar ibu tahu kapan waktunya si kecil tidur. Jangan sampai ia terlalu lelah sehingga membuat ia sulit tidur dan rewel sebelum tidur.

Agar bayi sehat, ibu harus pastikan si kecil tidur 13-14 jam jam setiap hari. Jadi, ibu tidak perlu khawatir jika bayi ibu lebih sering tidur. Justru, dengan berisitirahat, tumbuh kembangnya akan lebih optimal.

  1. Pastikan ruangan nyaman

Selain mengatur waktu tidur, ibu harus pastikan ruangan di mana ibu menidurkan si kecil nyaman. Sebenarnya tidak anjurkan menggunakan AC untuk ruangan bayi. Hanya saja, jika cuacanya sangat panas, ibu bisa setting AC dengan suhu yang tidak terlalu dingin.

Akan lebih baik jika ibu menata ruangan sedemikian rupa sehingga sirkulasi udara bisa sangat lancar. Biarkan udara keluar dan masuk secara bebas ke dalam ruangan. Dan ini jelas lebih baik daripada menggunakan AC.

Dengan menerapkan dua hal tersebut, maka anak sehat karena ia mendapatkan tidur berkualitas.

Tempat Makanan Higienis

Sayang sekali jika ibu sudah susah-susah membuatkan menu makanan yang sehat dan bergizi tapi wadah yang ibu gunakan tidak higienis. Ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan mengenai kehigienisan tempat makanan si kecil. Sebaiknya ibu gunakan alat pembersih tempat makanan khusus, tidak menggunakan alat pembersih yang sama dengan tempat makanan ibu.

Selain itu, ibu juga perlu menggunakan sabun khusus untuk peralatan bayi. Biasanya sabun tersebut memiliki kandunga lebih ampuh untuk membasmi kuman yang mungkin masih menempel pada tempat makanan bayi.

Ada baiknya juga ibu menyimpan tempat makanan bayi di tempat yang berbeda. Jangan campurkan dengan wadah makanan ibu.

Apakah ibu yakin sudah memberikan proteksi yang maksimal untuk menjaga kesehatan bayi? Tentu diperlukan usaha yang lebih keras untuk menjaga kesehatan sang buah hati. Pasalnya, inilah yang bisa membuat bayi tumbuh sehat dan optimal.

Jika si kecil sudah beranjak balita, ibu harus siapkan suplemen tambahan. Semakin besar, sang buah hati membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Ibu bisa belikan susu balita terbaik yang banyak mengandung nutrisi yang diperlukannya. Dengan susu tersebut, kebutuhan nutrisi harian anak terpenuhi dan tumbuh kembang balita pun akan lebih optimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *