Selektif Dalam Memilih Permainan Anak Yang Mendidik

permainan anak yang mendidik
www.friso.co.id

Anak-anak adalah dunia yang paling membahagiakan, baik dari anak itu sendiri maupun orangtua. Pastinya bagi orangtua melihat sang anaknya sengan tertawa riang dan bergembira adalah kepuasan tersendiri. Bagi sang anak menemukan dunianya dengan baik dan benar akan membuat anak tersebut tumbuh dengan baik pula. Edukatif adalah sebuak aksi yang berhubungan edukasi, atau lebih gamblangnya semua hal yang berbuhungan dengan pendidikan. Jenis Permainan anak yang mendidik memang sudah cukup banyak apalagi di era modern seperti ini tentu orang tua harus lebih selektif dalam memilihnya.

Jenis Permainan Anak Yang Mendidik Usia Dini

-Permainan Tepuk Tangan

Permainan edukasi sangat mudah dan sering digunakan oleh guru TK dalam kelas. Permainan tepuk tangan untuk anak-anak TK ini bertujuan menumbuhkembangkan keseimbangan kedua tangan pada anak-anak. Permainan ini bisa dikombinasaikan dengan lagu anak yang paling mudah. Saat lagu sampai pada lirik yang memberi tahu untuk tepuk tangan maka anak anak disuruh untuk melakukan tepukan. Tepukan dapat  dimulai dari 1 tepukan kemudian diulang kembali lagu tersebut dan tepukan ditambah dari yang 1 menjadi 2, begitu seterusnya sampai 3 atau sampai dirasa cukup.

– Permainan Mencari Teman

Game edukatif anak ini bertujuan untuk membantu tumbuh kembang refleks anak khususnya kepada teman. Caranya anak-anak dibuat melingkar dan memang membutuhkan ruang cukup besar. Guru ada ditengah-tengah. Kemudian guru sekolah tersebut menyebutkan salah satu nama anak dan tugas dari anak-anak itu adalah menunjuk orang yang namanya disebutkan oleh gurunya.

– Permainan Pesan Bersambung

Permainan ini bertujuan untuk mengembangkan daya ingat anak. Anak-anak akan dibuat menjadi 5 orang dalam 1 kelompok. urutan orang yang pertama akan diberikan kata-kata oleh guru sekolah tersebut, dan kata-kata itu haruslah sampai pada anak yang berada di ujung. Berilah jarak  dan batas pada anak satu dan lainnya.

– Permainan Membangun Menara

Gedung disini adalah sebuah balok kayu kecil-kecil. Jadi perminan edukasi ini melatih anak untuk kesabaran dan ketelitian. Berilah masih-masing anak 5 sampai 10 balok, setiap anak harus membuat balok-balok tersebut menumpuk dan tersusun rapi.

-Permainan Kucing dan Tikus

Permainan edukatif ini sangat seru dan ramai. Game ini baiknya dilakukan di luar ruangan. Permainanya mudah yaitu ada yang menjadi kucing  dan ada yang menjadi tikus. Kucing harus menangkap tikus yang dihalangi oleh pagar yang terbuat dari gandengan tangan anak-anak yang lainnya. Jika tikus  berhasil di pegang maka tikus  akan menjadi kucing dan teman lainnya yang menjadi tikus. Buatlah pagar jangan terlalu besar agar permainnya seru.

-Permainan Menyusun Puzzle

Permainan edukatif ini bisa dibuat individu maupun kelompok. Permainan ini dimaksutkan untuk memacu daya saing dan kecepatan dari masing-masing anak.

-Permainan Tebakan Jitu

Permainan adalah permainan edukatif populer di anak-anak sekolah TK maupun SD. Dalam sebuah kantong hitang atau tidak tembus pandang ada sebuah benda didalamnya. Sang anak boleh untuk meraba , mencium dan menggunakan semua indranya kecuali penglihatan. Tugas anak itu adalah menebak benda apa yang ada dalam kantong itu.

– Permainan Kertas Warna

Permainan edukasi ini bisa digunakan kelompok. Setiap kelompok anak diberikan beberapa bahan yaitu potongan-potongan kertas yang bewarna dan kertas yang sudah bergambar namun hitam putih. Tugas anak tersebut adalah menempelkan potongan kertas warna pada kertas gambar. dan lihat hasilnya apakah warna bisa terpadu dengan gambar. Sebelumnya beri tahu warna yang cocok, misal gunung bewarna biru atau hijau, laut bewarna biru, sawah bewarna hijau, matahari bewarna kuning

Fungsi Dari Permainan  Anak Yang Mendidik

Anak merupakan buah hati yang selalu diidam-idamkan oleh kedua orang tua. Apa saja yang dibutuhkan oleh anak pasti diberikan oleh orang tua. Semua itu dilakukan oleh orang tua hanya ingin anaknya senang dan bahagia. Misalnya saja anak ingin mainan, walaupun mainan tersebut merogoh saku kedua orang tuanya, pasti akan mereka belikan. Namun, apakah mereka mengetahui mainan tersebut memberikan nilai pendidikan bagi anak atau tidak. Memang kenyataannya semua mainan itu dapat membuat anak senang, tapi alangkah baiknya kalau mainan tersebut dapat mendidik bagi sang anak.

Permainan merupakan sesuatu yang digunakan untuk bermain, bisa barang atau sesuatu yang dipermainkan. Permainan ialah suatu kegiatan yang menyenangkan yang dilaksanakan untuk kepentingan kegiatan itu sendiri.

Berikut ini beberapa manfaat dan fungsi dari permainan tersebut;

– Permainan dapat meningkatkan afiliasi dengan teman sebaya, mengurangi tekanan, meningkatkan perkembangan kognitif, meningkatkan daya jelajah, dan memberi tempat berteduh yang aman bagi perilaku yang secara potensial berbahaya.

– Permainan dapat meningkatkan kemungkinan bahwa anak-anak akan berbicara dan berinteraksi dengan satu sama lain.

– Permainan sebagai wadah untuk mempraktikkan peran-peran yang mereka akan laksanakan dalam hidup masa depannya.

Permainan membentuk kepribadian dapat disesuaikan dengan jenis kelamin anak. Permainan anak yang mendidik ini juga bisa melatih anak perempuan agar terbentuk naluri keibuannya dan anak laki-laki agar terbentuk naluri kebapakannya, disamping itu juga menumbuhkan jiwa solidaritas mereka kepada lawan jenisnya. Namun tak menutup kemungkinan mereka bermain permainan lawan jenisnya, agar laki-laki dapat mengerjakan pekerjaan rumah tangga, dan perempuan tak terlalu cengeng dan dapat hidup mandiri kelak setelah dewasa.  Teknologi yang semakin canggih juga bisa Anda manfaatkan untuk memberikan permainan bagi buah hati Anda. Misalnya saja memilih beberapa game yang ada pada smartphone maupun laptop.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *