Seputar Perawatan Bayi yang Sebenarnya Tidak Perlu Ibu Lakukan

perawatan bayi
Ibu dan Balita

Perawatan bayi tidaklah mudah. Banyaknya hal yang perlu diperhatikan dalam merawat bayi membuat tidak sedikit ibu yang merasa kuwalahan menerapkan semua hal yang berkaitan dengan perawatan sang buah hati. Hal ini sering dialami oleh para ibu muda atau ibu yang juga merangkap sebagai wanita karir. Apakah ibu merasakan hal yang sama?

Sebenarnya, ada beberapa perawatan bayi yang tidak perlu ibu lakukan lho. Hanya saja, perawatan tersebut sudah dilakukan oleh orang tua sejak dahulu sehingga seolah-olah hal tersebut wajib dilakukan.

Apa saja perawatan bayi yang sebenarnya tidak perlu dilakukan tersebut? Setidaknya, setelah ibu mengetahui informasi yang satu ini, ibu tidak perlu terlalu repot dalam merawat si kecil tanpa harus khawatir ada masalah kesehatan yang terjadi karena ibu tidak melakukan perawatan tersebut.

Asal Menaburkan Bedak

Kebanyakan orang tua dahulu akan menaburkan bedak pada seluruh badan bayi. Bahkan, wajah bayi juga sudah ditaburi dengan bedak khusus dengan alasan agar wajah si kecil terlihat putih.

Sebenarnya, ibu dilarang untuk menaburkan bedak secara sembarangan. Hal ini dikarenakan dikhawatirkan si kecil akan menghirup bedak tersebut. Bukan tidak mungkin ia akan mengalami masalah pada sistem pernafasannya. Oleh karena itu ibu harus memperhatikan dalam menamburkan bedak dan cerdas dalam memilih. Sehingga bedak terbaik yang dipilih tidak akan membuat bayi sesak.

Oleh karena itu, mulai sekarang sehabis ibu memandikan si kecil, ibu perlu memperhatikan kembali dimana akan menaburkan bedak pada si kecil. Hindari tempat yang memungkinkan bayi akan menghirup bedak tersebut.

Membersihkan Telinga

Salah satu bentuk dari perawatan bayi adalah dengan membersihkan telinga sang buah hati. Siapapun ibu pasti tidak mau bayinya mengalami masalah terutama pada telinga. Ketika ada kotoran pada telinga, apa yang ibu lakukan? Kebanyakan ibu akan mengambil cotton bud kecil khusus untuk bayi lalu mengambil kotoran pada telinga si kecil tersbeut.

Namun, tahukah ibu bahwa hal tersebut sebenarnya tidak perlu ibu lakukan? Setidaknya ada dua alasan yang perlu ibu ketahui. Pertama, dengan menggunakan cotton bud, ibu justru akan mendorong kotoran untuk masuk ke dalam. Yang kedua, ada resiko di mana justru ibu akan melukai telinga bayi.

Ibu harus tahu sebenarnya kotoran dalam telinga itu bisa keluar sendiri. Untuk itu, sebenarnya ibu tidak perlu membersihkan kotoran di dalam telinga bayi menggunakan cotton bud. Kalaupun ibu ingin membersihkan telinga si kecil, sebaiknya ibu menerapkan tips perawatan bayi yang benar, yaitu membersihkan telinga bagian luar saja. Selain itu, akan lebih baik jika ibu membersihkan telinga menggunakan kain basah saja.

Bedong

Satu hal yang sering ditakutkan oleh para ibu muda adalah membedong bayi sehabis melahirkan. Membadong bayi bukanlah masalah yang mudah. Kebanyakan ibu muda akan menyerahkan perawatan bayi yang satu ini kepada orang tuanya yang sudah memiliki pengalaman.

Namun, tahukah ibu perawatan untuk bayi yang satu ini sebenarnya tidak perlu dilakukan? Walaupun bayi baru berusia beberapa hari, tidak wajib bagi ibu untuk membedongnya. Bahkan, menurut ahli kesehatan bayi, bedong justru akan menghambat perkembangan tulang.

Itulah beberapa hal seputar perawatan pada bayi yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Bagi ibu yang sang buah hatinya sudah menginjak balita, ibu harus mulai mencari tahu semua hal tentang nutrisi balita. Akan tetapi, jika si kecil masih bayi, ketahui semua hal yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya serta aplikasikan perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *