Sharing Ibu-Ibu Hamil Tentang Tanda Awal Kehamilan

tanda awal kehamilan
Friso Indonesia

Beruntung sekali jika ibu bergabung di forum ibu hamil. Di sana, ada banyak curhatan dari sesama ibu hamil tentang kehamilan mereka. Mulai dari pengalaman yang menyenangkan hingga pengalaman yang kurang menyenangkan.

Namun, bagi ibu yang belum hamil dan ingin sekali hamil, tidak salah jika bergabung di forum tersebut. Barangkali saja ibu tidak menyadari bawasannya ada tanda awal kehamilan yang muncul.

Mungkin ibu sudah tahu dari penjelasan dokter kandungan tentang apa saja tanda kehamilan. Ibu juga bisa dapatkan informasi tersebut dari blog atau website.

Namun, tidak salah jika ibu mendengar langsung dari para ibu hamil tentang pengalaman mereka ketika awal kehamilan.

Makan Kelewat Banyak

Aneh tapi ini yang banyak diungkapkan oleh para ibu hamil. Entah mengapa banyak ibu hamil yang tiba-tiba nafsu makannya banyak ketika mereka hamil. Padahal, tidak sedikit juga lho ibu hamil yang justru tidak doyan makan.

Jika ibu merasa ada tanda kehamilan dan nafsu makan bertambah banyak, ada kemungkinan ibu sedang hamil. Secara medis hal ini memang bisa dijelaskan.

Janin yang ada di rahim ibu membutuhkan asupan nutrisi. Dan nutrisi tersebut diambil dari makanan yang ibu konsumsi.

Saat ibu mengkonsumsi makanan dengan porsi yang biasa, tentu saja ibu akan lebih mudah merasa lapar. Karena nutrisi tidak hanya ibu yang butuhkan tapi juga janin di dalam kandungan.

Walhasil, pola makan ibu akan sedikit banyak berubah. Yang awalnya makan sedikit tiba-tiba banyak atau sedikit namun sehari bisa makan lebih dari tiga kali.

Berdarah pada Bagian Vagina

Darah yang keluar dari mulut vagina disebut dengan flek. Ini merupakan salah satu tanda awal ibu hamil.

Sayangnya, ibu sulit untuk membedakan apakah itu darah flek atau darah menstruasi. Untuk lebih jelasnya, ibu bisa mencari tahu apa perbedaan antara darah flek dengan darah menstruasi.

Yang pasti, darah flek yang muncul itu merupakan tanda kehamilan awal. Darah ini keluar karena janin mencoba untuk menempel pada rahim sehingga ada bagian rahim yang luntur dan akhirnya keluar dalam bentuk darah.

Sekilas hal ini merupakan kabar baik. Hanya saja, hal ini bisa menjadi kabar buruk jika flek terus menerus muncul. Karena jika flek tidak berhenti, ada beberapa kemungkinan. Yang pertama, bisa saja terjadi keguguran. Dan kedua, ibu harus bedrest mengingat flek bisa juga disebabkan karena terlalu lelah.

Payudara Terasa Sakit

Ada juga yang sharing tentang tanda-tanda awal kehamilan di mana mereka merasa sakit pada bagian payudara. Apalagi jika payudara disentuh.

Apakah ada hubungan antara kehamilan dengan sakitnya pada bagian payudara? Ternyata ada. Payudara akan menjadi membesar dan lebih padat saat ibu sedang mengandung. Hal ini disebabkan kelenjar susu mulai bekerja.

Secara otomatis, payudara akan mempersipkan diri agar bisa memproduksi ASI walaupun janin baru berusia beberapa hari saja. Efek yang timbul yang ibu rasakan payudara terasa sakit.

Itulah beberapa pertanda awal kehamilan yang harus ibu ketahui. Jangan-jangan ada tanda kehamilan yang muncul namun ibu tidak menyadarinya.

Kebanyakan orang mengetahui hamil atau tidak ketika terlambat datang bulan. Sayangnya, terkadang siklus menstruasi berubah-ubah sehingga belum tentu terlambat datang bulan berarti hamil.

Oleh sebab itu, ibu harus tahu beberapa tanda awal kehamilan selain terlambat menstruasi atau terlambat bulan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *