Si Kecil Cuma Maunya Makanan yang Itu-Itu Saja? Ini Solusinya

si-kecil-makan-itu-itu-saja

Senang sekali jika si kecil sudah mulai mendapatkan MPASI. Itu artinya ibu harus tahu menu MPASI apa saja yang sebaiknya diberikan. Dan pastikan menunya harus variatif. Hal tersebut penting agar si kecil tidak bosan dengan menu yang sama. Selain itu, mengganti menu akan membuat si kecil tahu berbagai rasa makanan yang berbeda.

Meskipun demikian, ada juga anak yang akhirnya hanya mau mengkonsumsi menu makanan yang sama. Kenapa demikian?

Yang pasti, ibu pasti sangat khawatir jika balita ibu hanya mau makanan yang itu-itu saja.  Bagaimana ia bisa menerima makanan yang lain? Bagaimana ia bisa mendapatkan nutrisi dari jenis makanan yang lain?

Itulah mengapa ibu bisa mencoba menerapkan beberapa tips berikut ini jika si kecil hanya mau makanan yang itu-itu saja.

  1. Membuat Suasana Makan yang Berbeda

Apakah selama ini ibu menyuapi si kecil di meja khusus? Akan lebih baik jika ibu mencoba menyuapi si kecil sambil bermain di luar rumah. Hal tersebut akan membuat si kecil tidak begitu fokus dengan menu makanan yang ia makan.

Akan tetapi, ibu juga harus hati-hati. Karena makanan ibu bawa ke luar, jangan sampai makanan terkena debu dan kotoran yang bisa membuat perut si kecil sakit.

  1. Membuat Kreasi Makanan

Sebenarnya bukan karena menu makanan tapi bentuknya pun berpengaruh. Mungkin si kecil tidak mau mengkonsumsi tempe padahal di dalam tempe terdapat protein yang sangat diperlukan.

Ibu bisa membuat menu makanan kreatif dan tampilannya menarik namun bahan utamanya sama, yaitu tempe. Ibu bisa dapatkan ide kreatif membuat makanan di www.ibudanbalita.com.

  1. Mencampur

Jika si kecil baru masuk usia 1 tahun, memang tidak disarankan memberikan menu makanan yang bervariatif. Namun, jika usianya sudah sekitar 1,5 tahun, ibu bisa membuatkan menu makanan yang variatif seperti nasi sop dengan lauk begedel dan ayam. Karena sistem pencernaan sudah siap untuk menerima menu makanan campuran seperti itu, maka tidak masalah jika ibu membuatkan menu makanan seperti itu.

Dan efeknya pun akan berbeda. Rasa yang berbeda membuat anak merasakan makanan yang berbeda dan diharapkan ia akan mau mengkonsumsi makanan yang variatif.

  1. Mengajak Makan di Luar

Suasana yang berbeda bisa si kecil dapatkan ketika ia makan di tempat yang berbeda. Salah satunya di tempat makan. Jadi, ibu tidak hanya keluar dengan suami saja tapi ajak juga si kecil agar merasakan suasana yang berbeda sembari memberikan menu makanan yang berbeda.

Akan tetapi, ibu harus pastikan terlebih dahulu bawasannya di tempat makan tersebut, ibu bisa memesan makanan yang sehat untuk si kecil. Sebaiknya ibu menghindari memberikan menu makanan berupa fast food kepada si kecil.

Banyak hal yang bisa ibu coba untuk membuat anak mau makan makanan yang berbeda dengan lahanya.

Ada istilah picky eater atau pilih-pilih makanan. Jangan sampai si kecil mengalami hal tersebut. Hal ini cukup beralasan karena jika hal tersebut terjadi, bukan tidak mungkin si kecil suatu saat nanti menjadi anak yang makannya susah.

Jika ibu mengalami masalah seperti itu, ibu bisa bertanya kepada orang tua lainnya barangkali mereka memiliki pengalaman yang sama. Ikuti saja forum ibu dan balita  di aman ibu bisa bertanya dan ikut berdikusi dengan sesama orang tua yang memiliki balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *