Si Kecil Masih Saja Sering Sulit BAB? Itu Artinya Ibu Salah Memilih Nutrisi Balita

nutrisi balita

Nutrisi balita sangat penting untuk menunjang perkembangannya. Namun, ibu juga harus tahu bahwa nutrisi juga diperlukan untuk menjaga kesehatan dan mengatasi segala permasalahan kesehatan yang mungkin ia alami. Itulah mengapa nutrisi yang cukup diperlukan agar si kecil ceria selalu.

Lalu bagaimana jika justru balita ibu sering mengalami kesulitan dalam BAB? Tentu hal tersebut tidak hanya menyakitkan bagi sang buah hati, tapi bisa juga mempengaruhi perkembangannya. Bisa saja ia akan trauma dan selalu menolak untuk diajak ke kamar mandi karena ia merasakan rasa sakit setiap kali BAB.

Untuk masalah sepreti ini, ibu bisa memperhatikan nutrisi balita apa diperlukan untuk mengatasi masalah sulit BAB. Berikut informasi selengkapnya.

Nutrisi yang Penting untuk Mengatasi Susah BAB Balita

Seperti halnya orang dewasa, balita pun ternyata bisa mengalami susah BAB. Dalam dunia medis, kondisi seperti ini disebut dengan konstipasi. Dokter selalu menyarankan jika mengalami konstipasi sebaiknya mengkonsumsi air putih yang banyak.

Jika si kecil susah BAB, ibu juga bisa menerapkan tips ini lho. Berilah si kecil air putih yang lebih banyak. Hal ini bisa membuat BAB lebih lancar dan juga menghindari dehidrasi.

Akan tetapi, memberikan air putih yang lebih banyak saja tidak cukup. Ibu harus memilihkan makanan yang mengandung nutrisi untuk balita yang bisa mengatasi masalah susah BAB. Nutrisi apakah yang dimaksud?

Nutrisi tersebut adalah serat. Serat akan membuat sistem pencernaan si kecil semakin baik sehingga ia akan terhindari dari permasalahan seperti diare dan juga konstipasi. Untuk itu, jika balita ibu sering mengalami susah BAB, itu bukan berarti ibu salah dalam memilih susu balita. Susu itu sumber gizi yang sangat penting bagi tubuh si kecil. Jika si kecil mengalami konstipasi, si kecil tidak mendapatkan serat yang cukup.

Untuk itu, yang perlu ibu lakukan adalah menemukan makanan yang kaya akan nutrisi balita yang satu ini, yaitu serat. Dari manakah ibu bisa mendapatkan serat?

Makanan Sumber Serat yang Cocok untuk Balita

Ibu harus bersyukur karena hidup di Indonesia. Daerah tropis ini menghasilkan berbagai jenis makanan yang sehat. Lihat saja berbagai macam sayuran hijau. Jika ibu ingin memastikan serat dalam tubuh si kecil tercukupi, ibu bisa memberikan menu makanan berupa sayuran hijau. Ada bayam, kangkung, dan lain sebagainya.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung serat lho, terumata kacang merah. Menurut ahli gizi, kacang merah mengandung berbagai nutrisi untuk balita, tidak hanya serat tapi juga karbohidrat, asam folat, asam lemak omega 3, dan juga vitamin C. Oleh karena itu, memberikan menu makanan berbahan kacang merah akan memberikan banyak manfaat untuk balita, terutama untuk mengatasi susah BAB karena kandungan seratnya yang tinggi.

Jadi, ibu sekarang tahu apa yang harus dilakukan saat balita mengalami susah BAB, bukan? jangan sekali-kali ibu langsung memberikan obat ya. Sebisa mungkin ibu harus memberikan treatment tanpa menggunakan bahan kimia. Semakin jauh dari bahan kimia, perkembangan sang buah hati akan semakin baik. Karena apa yang ibu berikan itu sangat berpengaruh terhadap kesehatan balita.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi ibu. Silakan ibu pratekkan tips sederhana tersebut di atas jika si kecil mengalami konstipasi. Jadi, yang harus ibu lakukan adalah memberikan makanan yang mengandung serat yang merupakan bagian dari nutrisi balita.

 

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *