Siklus Waktu Tidur Bayi Usia Dibawah Satu Tahun

waktu tidur bayi
Johnsons’ Baby Indonesia

Waktu tidur bayi yang benar dan sehat harus sangat dipahami oleh orang tua dari si bayi tersebut. Hal itu karena biasanya orang tua bingung dengan jam tidur si bayi yang berubah-berubah dan anda para bunda seringkali tampak panik dengan adanya hal itu. Namun anda tenang saja karena itu merupakan siklus tidur bayi yang memang waktu tidurnya selalu berubah dan mengikuti perkembangannya.

Memang waktu tidur bayi ini mengikuti usianya. Semakin usia bertambah, maka waktu tidur yang diperlukan bagi si bayi semakin sedikit karena bayi sudah mampu berpikir dan pikirannya cenderung tidak tenang. Berbeda dengan bayi yang baru saja lahir yang cenderung membutuhkan waktu tidur sangat lama karena memang mereka masih memiliki pikiran yang sangat tenang dan sangat nyaman untuk tidur.

Bayi yang usianya belum sampai satu tahun atau belum ada 12 bulan, siklus waktu tidurnya cenderung masih lama karena mereka masih belum memiliki banyak pikiran dibandingkan dengan bayi yang usianya lebih dewasa. Selain itu, kekebalan tubuh bayi yang masih sangat rentan juga menjadikan bayi tersebut gampang ngantuk dan sangat nyaman sekali untuk tidur. Bahkan kebanyakan bayi juga masih belum mengenal siang dan malam. Mereka rata-rata tidur pada siang hari karena dirasa paling nyaman.

Bayi yang baru lahir memiliki waktu tidur yang sangat panjang yakni sekitar 16 jam. Namun biasanya pola tidur ini tidak langsung menghabiskan 16 jam secara terus-terusan. Namun biasanya bayi mampu membagi waktu tidurnya yakni 7,5 jam untuk siang dan 8,5 jam selebihnya untuk tidur malam. Namun bahayanya terkadang bayi yang baru saja lahir akan terbangun dengan sendirinya pada malam hari. Dan itulah yang menyebabkan kenapa orang tua yang masih memiliki bayi sangat kecil cenderung tidak tidur dan lupa akan waktu tidurnya.

Semakin umur bayi berambah, waktu tidur yang dibutuhkan oleh si bayi cenderung berkurang. Pada usia 3 atau 4 bulan lebih, bayi akan cenderung menghabiskan waktu 14 hingga 15 jam untuk tidur. Namun waktu tersebut juga terbagi atas siang dan juga malam. Pada umur bayi yang sudah mencapai 3 bulan ke atas, bayi sudah bisa membedakan antara siang dan juga malam, sehingga tugas seorang orang tua untuk menemani bayinya sudah tidak berat lagi seperti beberapa bulan yang lalu ketika bayi baru saja lahir.

Selanjutnya pada usia 6 bulan ke atas, mungkin tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh si bayi dalam waktu tidurnya. Namun pada usia 6 bulan ini bayi cenderung menghabiskan waktu tidurnya pada malam hari dan sudah bisa beradaptasi dengan waktu tidur orang disekitarnya. Selain itu, apabila orang tuanya bangun, maka biasanya bayi juga sudah bisa merasakan bahwa itu waktunya bangun tidur. Untuk itu, bagi orang tua harus sangat berhati-hati jangan sampai bangun malam agar tidak dijadikan sebagai kebiasaan bagi si bayi sendiri.

Pada usai satu tahun ini bayi sudah memiliki pikiran yang semakin berat. Dan waktu tidur bayi yang dipakainya mungkin hanyalah sekitar 12-13 jam dalam sehari. Biasanya bayi yang berumur setahun sangat sulit untuk diajak tidur siang karena menurut mereka dengan keadaan siang yang panas tidak nyaman untuk digunakan tidur. Selain itu, bayi berusia satu tahun biasanya juga cenderung bangun sangat pagi karena mungkin mengikuti siklus tidur orang tuanya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *