Solusi Anak Susah Makan Karena Tumbuh Gigi

Anak Susah Makan
blogs.babycenter.com

Ada banyak hal yang menyebabkan anak susah makan. Hal tersebut bisa disebabkan badannya sedang kurang fit, mengalami pilek, sariawan, dan lain sebagainya. Mogok makan juga bisa disebabkan karena tumbuh gigi. Dan ini bisa terjadi terus menerus setiap kali ada gigi yang sedang tumbuh.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan? Tentu saja tidak ada obat yang bisa ibu berikan. Berbeda jika faktor penyebabnya karena pilek atau sedang demam. Ibu bisa berikan obat atau setidaknya ibu bisa melakukan sesuatu untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Dengan demikian, nafsu makan sang buah hati akan kembali lagi.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan jika anak mogok makan karena sedang tumbuh gigi? Beberapa tips berikut ini layak untuk ibu coba terapkan.

Membuatkan Bubur Bayi

Memang kebanyakan anak yang sudah terbiasa makan nasi atau makanan yang kasar akan menolak mengkonsumsi bubur. Akan tetapi, ketika anak sedang tumbuh gigi dan susah makan, ibu bisa coba memberikan bubur.

Ibu bisa buatkan bubur yang paling enak. Sesuaikan dengan rasa yang paling disukai oleh si kecil. Buatkan bubur ayam agar kebutuhan protein harian si kecil terpenuhi. Atau ibu bisa buatkan bubur instan yang biasanya rasanya lebih enak.

Dengan memberikan bubur, anak ibu tidak harus mengunyah makanan yang bisa membuat giginya terasa lebih sakit. Makanan berupa bubur ini bisa ibu berikan hingga gigi sudah tumbuh sempurna dan rasa perih tidak lagi dirasakan oleh anak ibu.

Memberikan Biskuit

Ada dua jenis makanan yang biasanya membuat gigi terasa lebih perih saat sedang tumbuh. Yang pertama adalah makanan yang mengandung air. Dan yang kedua adalah makanan yang terlalu keras.

Untuk itu, salah satu alternatifnya adalah memberikan biskuit. Makanan yang satu ini tidak terlalu keras. Selain itu, biskuit itu kering. Dengan mengunyah biskuit, anak tidak hanya akan merasa kenyang tapi juga mengurangi rasa sakit saat gigi tumbuh. Bahkan, makanan seperti biskuit ini akan mempercepat pertumbuhan gigi. Pasalnya, tekstur yang sedikit kasar akan membuat gusi semakin mudah terbuka sehingga gigi lebih cepat tumbuh.

Membelikan Mainan Gigit-Gigitan

Anak yang sedang tumbuh gigi cenderung ingin menggigit apa saja yang ada di dekatnya, tak terkecuali mengigit tangannya sendiri. Hal ini disebabkan ia merasa gatal pada bagian gusi.

Ada baiknya ibu bisa membelikan mainan gigit-gigitan. Ibu bisa membeli mainan yang bahannya aman digigit oleh si kecil. Selain itu, ibu bisa dengan mudah membersihkan mainan tersebut. Biasanya, mainan seperti itu cukup direndam di dalam air hangat saja agar bersih dan higienis.

Ini memang tidak ada hubungannya secara langsung dengan anak susah makan. Hanya saja, ketika ibu membelikan mainan seperti ini, maka gigi akan lebih terangsang dan akhirnya lebih cepat tumbuh. Dan diharapkan anak ibu bisa kembali makan dengan lahap lagi.

Membuatkan Cemilan Dari Sayuran

Ini sebenarnya tidak beda dengan biskuit. Cemilan yang terbuat dari sayuran yang keras seperti wortel akan menstimulus pertumbuhan pertumbuhan gigi. Diharapkan gigi tumbuh lebih cepat.

Ini juga sekaligus akan membuat anak ibu tidak kelaparan. Apalagi jika ibu memberikan beberapa jenis sayuran sebagai cemilan. Anak ibu pasti akan tetap sehat walaupun sedang susah makan.

Memberikan Susu

Jika anak ibu sudah balita, maka ibu bisa berikan susu tambahan. Susu akan membuat anak ibu tidak kekurangan nutrisi. Kandungan nutrisinya lengkap sehingga kalaupun anak ibu susah makan, ia tidak akan merasa lapar. Perkembangannya pun tidak akan terganggu.

Biasanya, tumbuh gigi membutuhkan waktu hingga seminggu bahkan lebih sehingga bisa menjadi sempurna. Tentu saja ibu tidak bisa membiarkan anak ibu sama sekali tidak mau makan. Ibu harus pikirkan alternatif lain. Memberikan susu terbaik untuk balita bisa menjadi alternatif untuk sementara waktu.

Bagaimana jika penyebab anak susah makan bukan karena tumbuh gigi? Tentu saja cara mengatasinya berbeda. Ibu bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana mengatasi anak yang susah makan di  situs-situs yang sudah banyak menjelaskan semua hal mengenai perkembangan anak, mengatasi masalah kesehatan anak, dan lain sebagainya. Ibu bisa dapatkan cara mengatasi anak yang sulit makan. Sebelumnya, ibu harus tahu juga apa penyebabnya.

Atau ibu bisa langsung konsultasikan dengan dokter anak di situs tersebut. Terdapat layanan berupa konsultasi kesehatan anak secara online. Yang ibu perlu lakukan hanyalah mendaftarkan diri di situs tersebut. Kemudian, ibu bisa sampaikan pertanyaan apa saja yang ibu ingin tanyakan. Dokter anak akan segera merespon pertanyaan ibu tersebut.

Sebagai orang tua, sudah sepatutnya ibu mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Ibu tidak hanya harus memberikan makanan dan minuman yang bergizi saja. Perkembangan anak akan lebih optimal jika kesehatannya terjaga. Itu artinya, jika terjadi masalah seperti masalah anak susah makan harus segera diatasi.

Ibu harus memperkaya wawasan mengenai parenting, yaitu tentang bagaimana merawat dan membesarkan anak dengan baik. Ibu bisa saja belajar tentang parenting dari orang-orang tua yang sudah memiliki anak sebelumnya. Namun, apakah ibu yakin cara yang mereka lakukan benar? Akan lebih baik jika ibu tanyakan langsung pada ahlinya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *