Suami Pun Bisa Membantu dalam Perawatan Bayi Lho

perawatan bayi
Ibu dan Balita

Perawatan bayi terlihat sangat mudah tapi ternyata cukup melelahkan. Oleh karena itu, ada baiknya jika ibu mengajak suami untuk membantu dalam merawat sang buah hati. Hal ini diperlukan agar ibu tidak terlalu lelah.

Sayangnya, hanya sedikit suami yang mau berbagi tugas dalam perawatan bayi. Entah mereka tidak mau atau tidak mampu. Seorang ibu terlihat lebih pintar dan luwes dalam merawat sang buah hati dibandingkan dengan suami. Itulah yang membuat banyak suami yang menolak jika diminta untuk membantu dalam merawat bayi.

Akan tetapi, sebenarnya ada lho perawatan untuk bayi yang bisa dilakukan oleh suami. Tentu saja perawatan tersebut sangat mudah untuk dilakukan. Apa saja perawatan tersebut?

Mengganti Popok

Salah satu hal sederhana yang bisa seorang suami lakukan adalah mengganti popok si kecil. Mengganti popok tidak membutuhkan waktu yang lama. Dan pastinya suami ibu bisa melakukannya. Apalagi popok untuk si kecil berbentuk celana. Jelas lebih mudah, bukan?

Ibu bisa memberikan pengertian kepada suami agar mau berbagi tugas dalam memberikan perawatan bayi setidaknya untuk mengganti popok. Jika popok tidak segera diganti khususnya ketika sudah menampung banyak air kecil, maka yang terjadi adalah ruam popok dan juga iritasi kulit. Dengan memberikan pengertian ini, semoga suami ibu tidak keberatan untuk mengganti popok si kecil.

Memijit Bayi

Memang tidak sembarang orang yang bisa memijit bayi. Akan tetapi, kalau memijit hanya untuk sekedar melemaskan otot yang tegang, siapapun bisa tak terkecuali suami ibu.

Suami ibu bisa memijat bagian tangan dan kaki si kecil ketika ia sedang tertidur. Memijit juga bagian penting dari perawatan bayi agar bayi merasa nyaman karena ototnya tidak tegang. Apalagi jika bayi ibu sudah mulai aktif seperti belajar berdiri dan belajar jalan, tentu pijatan bagian kaki sangat diperlukan.

Jika suami ibu ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana memijit bayi, ibu bisa menunjukkan tips perawatan bayi khusus seputar cara memijit sang buah hati, tidak hanya bagian kaki saja tapi seluruh tubuh si keci mulai kepala hingga kaki. Perawatan tersebut biasanya dikuasi oleh seorang therapist anak. Akan tetapi, bukan berarti orang yang bukan therapist tidak bisa menerapkan perawatan bayi, bukan?

Memotong Kuku Si Kecil

Orang dewasa saja sangat penting dalam menjaga kebersihan kuku, apalagi bagi bayi. Bayi sering sekali memasukkan tangannya ke mulut. Bayangkan jika ternyata kukunya panjang dan kotor. Tentu hal tersebut bisa menyebabkan penyakit, bukan?

Oleh karena itu, salah satu perawatan bayi yang sangat penting adalah merawat kuku si kecil dengan cara memotong kuku secara berkala. Ibu harus tahu kuku bayi itu cepat sekali tumbuh. Mungkin ibu perlu memotong kuku lebih dari satu kali dalam satu minggu. Untuk itu, mungkin ibu bisa menyerahkan urusan ini kepada suami. Akan lebih mudah bagi suami untuk memotong kuku si kecil ketika ia sedang terlelap. Namun, tetap saja suami ibu harus hati-hati jangan sampai melukai jari si kecil.

Berbagi tugas dengan suami tentu akan meringankan tugas ibu. Saat suami ibu bisa membantu, ibu bisa sejenak beristirahat. Ibu juga bisa browsing dan mencari tahu tentang info kesehatan bayi dan juga tentang nutrisi balita agar ibu semakin siap untuk mengoptimalkan perkembangan sang buah hati.

Yang perlu ibu lakukan adalah memotivasi suami ibu agar mau membantu dalam hal perawatan bayi.

 

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *