Sudah Matangkan Persiapan untuk Melahirkan Secara Normal, Bu?

persiapan untuk melahirkan
Johnson’s Baby

Ketika melakukan persiapan untuk melahirkan, pastinya Ibu akan terus memastikan apakah semua yang dibutuhkan untuk melakukan persalinan sudah siap. Terlebih lagi jika Ibu sudah berencana ingin melakukan persalinan secara normal, karena banyak hal yang bisa terjadi selama Ibu mengalami kontraksi sebelum melahirkan. Hal ini tentunya berbeda dengan persalinan yang dilakukan secara caesar atau dengan cara operasi.

Ada banyak pula cerita dan mitos seputar melahirkan secara normal yang mungkin pernah Ibu dengar, dan seringkali informasi tersebut justru membuat sebagian calon Ibu menjadi takut atau bingung untuk melahirkan secara normal.

Makanya, sebaiknya cerita atau mitos tersebut jangan dipercaya ya, Bu. Tetapi artikel ini ditulis dengan tujuan berbagi informasi mengenai apa saja yang bisa dilakukan sebelum menjalani persalinan jika ingin dilakukan secara normal, agar prosesnya pun berjalan dengan nyaman dan lancar.

Pastinya Ibu sudah mulai merencanakan bagaimana Ibu akan melakukan persalinan dari beberapa bulan pertama menjalani kehamilan, kan? Melakukan persiapan untuk melahirkan pun tidak hanya perlu dilakukan di waktu mendekati hari kelahiran. Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri untuk hari kelahiran sejak tahap awal kehamilan.

Salah satu hal yang bisa dipersiapkan dari awal kehamilan adalah untuk melakukan pijatan di bagian selangkangan secara rutin untuk memudahkan proses melahirkan. Hal ini bisa Ibu mulai lakukan bahkan sejak minggu ke 36, atau bulan ke-3 kehamilan. Gunakan kedua ibu jari untuk memijat perlahan bagian selangkangan setiap harinya.

Memang disarankan untuk lebih berhati-hati untuk melakukan pijat ketika sedang mengandung, tetapi pijat ini bisa Ibu lakukan sendiri di rumah sehingga Ibu sendiri lah yang bisa mengatur kekuatan memijatnya. Meskipun begitu, tapi sebaiknya Ibu melakukan pijatan dengan sangat lembut saja ya Bu.

Pijatan ini dapat membantu memperlancar proses melahirkan dan mengurangi terjadinya robekan. Menggunakan baby oil atau minyak zaitun ketika melakukan pijatan ini juga disarankan.

Kegiatan lain yang disarankan untuk dilakukan Ibu hamil untuk mempersiapkan untuk melahirkan adalah untuk melakukan aktifitas relaksasi, seperti yoga. Tentunya Ibu tidak bisa bergabung dalam kelas yoga yang sama seperti ketika belum hamil, tetapi ada banyak sekali program yoga untuk kehamilan yang akan lebih aman bagi Ibu hamil.

Selain membantu membuat tubuh menjadi lebih lentur, melakukan yoga ketika hamil juga bisa sangat membantu untuk lebih fokus. Pasalnya, ketika melahirkan secara normal Ibu perlu tetap tenang dan fokus, termasuk dalam mengatur nafas.

Melakukan yoga ketika hamil juga dapat membantu membuat Ibu menjadi lebih tenang dan meningkatkan stamina, lho!

Ada banyak pula cara yang bisa Ibu lakukan untuk mengurangi rasa sakit di saat melahirkan secara normal, seperti melakukan teknik pernafasan tertentu, dengan menggunakan botol berisi air panas, atau menempatkan diri dalam posisi yang lebih nyaman untuk melahirkan.

Cara apapun yang Ibu pilih untuk digunakan pada hari kelahiran, Ibu tetap perlu mencari informasi sebanyak mungkin sebelum sudah terlalu mendekati hari persalinan. Dengan persiapan yang lebih matang, maka melakukan proses persalinan itu sendiri akan menjadi lebih nyaman dan lancar. Jadi jangan lupa ya Bu, untuk memastikan sudah melakukan semua persiapan untuk melahirkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *