Sudahkah Ibu Membuatkan Finger Food untuk Bayi Siang Ini?

finger food untuk bayi
www.ibudanbalita.com

Senang sekali jika usia bayi ibu sudah mencapai 6 bulan. Itu artinya ibu harus mulai memberikan MPASI. Ini bukan sekedar bubur atau latihan mencerna makanan yang sedikit lebih padat. Salah besar jika ibu menganggap seperti itu. Meskipun memang salah satu tujuan memberikan MPASI adalah agar bayi bisa mencerna makanan yang sedikit lebih kasar, tidak hanya ASI.

Namun, tujuan yang paling penting adalah agar supaya bayi mendapatkan gizi yang lebih banyak. Semakin dewasa maka bayi harus mendapatkan nutrisi yang semakin kompleks.

Untuk itu, selain memberikan menu MPASI, ibu juga harus pertimbangkan untuk memberikan finger food untuk bayi. Ibu tahu apa itu finger food?

Sekilas Tentang Finger Food

Ini hanya sekedar istilah saja. Finger food merupakan cemilan untuk sang buah hati. Dari kata per katanya saja, sebenarnya ibu bisa menebak jika ini merupakan istilah yang merujuk pada cemilan. Finger artinya jari, sementara food adalah makanan. Artinya, makanan yang bisa dipegang dengan jari atau cemilan.

Apakah ini penting? Sangat penting. Kebanyakan orang tua memberikan menu MPASI dengan bahan dasar berupa beras atau nasi. Dan yang terjadi biasanya bayi akan mengalami kesulitan buang air besar. Ini merupakan hal yang wajar. Sistem pencernaan baru beradaptasi untuk mencerna makanan yang sedikit lebih kasar.

Yang perlu ibu lakukan adalah membantu agar si kecil lebih cepat melewati masa ini. Ia tidak perlu terlalu lama mengalami kesulitan buang air besar. Salah satu caranya adalah dengan memberikan finger food bayi. Pasalnya, beberapa menu finger food merupakan sayuran di mana kandungan seratnya akan membuat buang air besar bayi lebih mudah.

Lebih dari itu, cemilan ini juga sangat dibutuhkan agar bayi tidak mudah lapar. Ingat ya bu si kecil sudah berusia 6 bulan. Ia akan lebih sering lapar. Sebelum jadwal makan tiba, ibu bisa berikan cemilan.

Ide Finger Food Untuk Bayi

Ada banyak menu cemilan yang baik untuk bayi. Yang pasti, cemilan tersebut bukan cemilan yang mengandung bahan pengawet atau penyedap rasa. Sebisa mungkin ibu harus berikan makanan atau minuman yang benar-benar sehat.

Salah satu finger food untuk bayi adalah sayuran. Ibu bisa rebuskan kembang kol atau wortel sebagai cemilan si kecil di siang hari.

Namun, bukan sayuran saja yang disarankan. Agar si kecil tidak bosan, ibu bisa sesekali menggantinya dengan keju. Apalagi keju kaya akan nutrisi mulai dari protein, vitamin A, dan juga zinc. Selain si kecil akan suka, ia juga akan selalu sehat karena mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan.

Bolehkah memberikan roti? Sangat boleh. Hanya saja, jika bayi ibu belum terbiasa, maka ia akan mudah tersedak. Sebaiknya ibu damping si kecil ketika ibu memberikan roti.

Beruntung sekali jika bayi ibu suka telur. Ini bisa dijadikan finger food untuk bayi ibu. Mungkin kurang tepat jika dikatakan cemilan karena telur ini akan membuat si kecil kenyang. Hanya saja memang kandungan karbohidratnya sangat rendah.

Semuanya harus benar-benar ibu perhatikan, mulai menu makanan utama hingga cemilan bayi. Jangan sampai ibu memberikan cemilan yang salah. Banyak bayi yang mogok makan lantaran sudah terbiasa mengkonsumsi cemilan orang dewasa yang sudah banyak penyedap rasanya. Jangan berikan cemilan seperti itu. Berikan saja finger food untuk bayi yang jelas aman dan sehat.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *