Suhu Udara yang Berubah Tidak Hanya Bisa Membuat Anak Mudah Sakit

Friso
www.friso.co.id

Kebanyakan orang tua menganggap perubahan suhu udara yang sangat ekstrim akan membuat anak sakit. Contohnya saja ketika musim hujan seperti saat ini anak akan mudah pilek, flu, dan juga demam. Padahal, perubahan suhu udara tidak hanya mengakibatkan hal tersebut.

Sayang sekali jika ibu hanya fokus untuk membuat si kecil terhindar dari pilek, flu, dan juga demam saja. Karena ada hal yang lain juga yang perlu untuk diperhatikan.

Perlu Diperhatikan Juga

Apakah ibu tahu jika suhu udara yang berubah secara drastis bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan anak?

Ada satu penelitian kesehatan yang ibu harus ketahui. Ternyata, ketika udara begitu dingin seperti ketika musim hujan tiba, sistem pencernaan akan melambat. Sementara itu, ketika cuaca panas, terdapat pembesaran saluran pembuluh darah yang mengakibatkan sirkulasi darah semakin cepat. Ini berkebalikan ketika cuaca dingin.

Dan sebenarnya inilah yang menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit pada anak entah itu pada musim panas atau musim dingin.

Agar ibu bisa lebih tahu tentang pengaruh cuaca terhadap sistem pencernaan anak, ibu bisa baca selengkapnya di www.friso.co.id.

Selain masalah pada sistem pencernaan, ada juga resiko di mana si kecil akan mengalami masalah pada kulitnya. Pada saat musim hujan, ada banyak sekali bakteri yang berkembang. Apalagi jika banyak selokan yang mampet atau tersumbat. Jika terkena tangan, bakteri tersebut bisa mengakibatkan hal yang buruk seperti cacar air.

Sementara itu, ketika musim panas, terkadang kulit si kecil akan mengalami iritasi atau terbakar. Itulah mengapa dibutuhkan proteksi untuk kulit si kecil. Dan proteksi tersebut harus sesuai dengan cuaca.

Paling Penting untuk Dilakukan

Paling sulit itu mencegah balita untuk tidak terlalu lama beraktivitas di luar rumah khususnya ketika sinar matahari begitu terik atau sedang hujan. Namanya juga balita. Ia ingin sekali bermain.

Dan apa yang terjadi? Si kecil akan mudah mengalami masalah kesehatan.

Sebenarnya tidaklah cukup jika ibu melarang si kecil bermain ketika hujan atau cuaca terik. Lebih penting lagi, ibu harus bisa membuat sistem pertahanan tubuh atau immune system

semakin kuat. Sebenarnya itulah yang paling dibutuhkan. Jika sistem pertahanan tubuhnya kuat, maka bakteri atau virus apapun tidak akan membuatnya sakit.

Caranya tentu saja dengan memberikan menu makanan yang tepat. Dan jangan lupa juga ibu harus memberikan susu Friso, yaitu susu yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan dengan jumlah yang seimbang. Nutrisi yang seimbang iniliah yang dibutuhkan untuk memperkuat sistem pertahanan tubuh si kecil.

Mencegah anak agar tidak bermain di luar ketika hujan turun atau ketika cuaca sangat panas bisa dilakukan jika ibu memberikan alternatif permainan yang lain. Untuk itu, ibu harus cerdas memilihkan permainan menarik yang bisa ia mainkan di dalam rumah.

Dalam hal ini, ibu bisa mencari beberapa ide permainan edukatif yang bisa dilakukan di dalam rumah. Ibu bisa dapatkan ide tersebut di www.friso.co.id

Ada banyak sekali ide game edukatif yang bisa ibu coba. Yang pasti, ibu harus menyesuaikan permainan dengan usia si kecil ya agar ia tertarik untuk memainkan permainan tersebut.

Dengan demikian, ibu tidak perlu lagi repot-repot melarang si kecil agar tidak bermain di luar rumah. Karena ia tertarik untuk diam dan bermain di dalam rumah. Bukankah itu lebih menyenangkan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *