Sumber Nutrisi Untuk Ibu Hamil Muda

makanan sehat untuk ibu hamil
Source: moonshineink

Janin pada trimester pertama seringkali dianggap bukan manusia sehingga nutrisi untuk ibu hamil muda kerap diremehkan. Padahal, walau janin masih berbentuk dragon ball alias gumpalan bulat tak berarti, janin tetap cikal bakal manusia. Kebutuhan nutrisi di awal kehamilan sama pentingnya dengan akhir kehamilan sekalipun. Bahkan, bisa dibilang asupan nutrisi trimester pertama akan berpengaruh besar pada arah kehamilan selanjutnya.

Ketika pembuahan berhasil, gumpalan darah dalam rahim secara otomatis membelah diri terus menerus tanpa mengenal waktu. Hasil belahana diri inilah yang nanti menghasilkan tangan, kaki, wajah, rambut, alat kelamin, sampai dengan organ dalam. Ibarat membangun rumah, gumpalan darah tersebut hanyalah kontraktor, nutrisi yang masuk dalam tubuh adalah bahan bangunan itu sendiri seperti semen, dan batu bata. Masalah akan dimulai jika rumah telanjur selesai padahal banyak kekurangan bahan.

Ilmu pengetahuan dibentuk bukan sekedar syarat kelulusan akademis. Penelitian demi penelitian dilakukan dengan tujuan memudahkan kelancaran kehamilan ibunda. Beberapa bahan makanan merupakan sumber nutirisi ibu hamil trimester pertama. Selama bunda tahu betul apa yang harus dikonsumsi maka hari persalinan akan lebih mudah dinanti dan masalah nutirisi pada saat bayi lahir akan kemungkinan minim. Beberapa daftar bahan makanan trimester pertama ini akan banyak membantu bunda baik sebelum persalinan maupun kala buah hati disambut dunia.

1. Bayam
Kalau bicara mengenai sayur, bayam sudah sering menempati posisi pertama. Popularitas bayam melejit seiring dengan kesuksesan kartun popeye. Tokoh ciptaan Elzie crisler selgar di tahun Seribu Sembilan ratus Sembilan belas ini mengidapi tanah air dengan jalur cerita yang unik namun simpel. Olive, pacar Popeye selalu saja diganggu Brutus, dan tiap kali, bayam seolah membuat otot popeye besar secara instant, melepaskan kekuatanmanusia super.

Kaitan bayam dengan kehamilan tentu saja bukan otot bayi bak binaraga ketika keluar dari rahim bunda. Bayam mampu membantu bayi mencapai bentuk sempurna, yakni otak berfungsi baik, dan organ dalam sehat maupun luar sehat lahiriah. Kandungan asam folat dalam bayam juga turut membantu kinerja jantung, jangan lupa, bahkan janin dalam kandungan sekalipun memerlukan jantung guna bertahan hidup selama 9 bulan lamanya.

2. Ikan salmon
Merkuri bisa dibilang salah satu musuh terbesar bunda mengandung bahkan kaum perempuan pada umumya. Betapa tidak ? merkuri merusak sel – sel dalam tubuh menyebabkan kecacatan pada bayi dan merusak kecantikan pada wanita. Beberapa produk kecantikan illegal memakai merkuri sebagai bahan utama dengan bertaruh pada ‘wajah menawan instant’ yang akan rusak ketika berhenti memakai.

Penemuan modern cukup menyayangkan mahluk laut yang terkontaminasi merkuri. Asal tahu saja, merkuri yang digunakan baik dalam proses pembuatan termometer, atau produk lain, akan berakhir sebagai limbah. Tanpa perlu ditanya, merkuri dilepas pada lautan luas sehingga penduduk dalam laut terpaksa menerima, termasuk ikan salmon.

Jangan salah, salmon boleh saja mengandung merkuri, namun manfaat salmon untuk kehamilan jauh lebih berarti dibanding resiko merkuri itu sendiri. Dalam satu ikan salmon, tersimpan kalsium dan vitamin D, dua sumber nutrisi pembangun tulang. Seperti yang bunda pahami, tulang adalah kerangka tubuh seumur hidup. Bayi yang kekurangan kalsium walau sudah merampas jatah kalsium ibu bisa berdampak pada aktivitasnya di kala dewasa.

Mengingat ikan salmon masuk dalam kategori ikan mengandung merkuri, ada baiknya bunda membatasi konsumsi. Ya, bunda dipersilahkan memenuhi asupan vitamin D dan kalsium. Akan tetapi, bunda harus tahu bahwa batas konsumsi ikan salmon maksimal. Konsultasikan dengan dokter kepercayaan bunda berapa banyak ikan salmon yang dapat dimakan setiap harinya supaya mendapat manfaat maksimal dengan resiko yang minimal.

3. Daging merah segar
Sapi termasuk kategori ternak paling populer di seluruh dunia. Bagaimana tidak ? seluruh bagian sapi bisa dimanfaatkan dengan secercah kreativitas. Kulit sapi bisa digoreng menjadi kerupuk atau sebagai bahan bedug, organ sapi tak perlu diragukan lagi kelezatannya, susu sapi bisa diminum segala usia, dan terakhir namun tidak kalah penting, daging sapi.

Kekayaan tanah air memang tidak terbatas. Cerminan dari pernyataan tersebut ada pada kuliner Indonesia yang jarang sekali terlepas dari daging, termasuk daging merah. Bahkan, cara memasak daging di Indonesia sepertinya sangat sepenuh hati. Ambil contoh saja rendang yang musti dimasak berminggu – minggu atau gulai yang memakai banyak rempah. Padahal, harga hewan berdaging merah (bukan putih seperti ayam) tidak tergolong murah.

Harga menentukan kualitas, begitu pula daging merah. Kandungan zat besi dalam daging merah termasuk kualitas terbaik dibanding jenis daging lain. Zat besi sendiri bertanggung jawab atas kualitas sel darah pembawa oksigen dalam tubuh. Tidak hanya membuat janin lebih tenang namun bunda bakal merasa lebih segar dan bugar.

4. Telur
Ayam bertelur setiap hari tanpa mempedulikan adanya pembuahan atau tidak. Pasokan telur yang seolah banjir di mana mana menjadikan harga telur tidak seberapa. Belum lagi, karateristik telur yang sangat fleksibel membuat telur diminati semua pemasak di seluruh dunia, mulai dari tukang masak professional, ahli roti dan kue, sampai dengan ibu rumah tangga.

Jangan salah, telur memang murah namun tidak murahan. Dalam satu butir telur terkandung protein yang sangat tinggi. Protein sendiri adalah kunci pembangunan tubuh janin menjadi sempurna. Nah, tanpa perlu penjelasan lebih lanjut tentu telur termasuk sumber nutrisi untuk ibu hamil muda.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *