Susu Anak Bantu Ibu Menaikkan Berat Badan Si Kecil

kelebihan susu friso
www.friso.co.id

Susu anak bisa menjadi makanan utama atau pendamping bagi si kecil. Terutama untuk dijadikan sebagai makanan penambah berat badannya. Tidak mengherankan jika susu lebih diprioritaskan oleh para ibu.

Susu bisa memberikan kecukupan gizi bagi si kecil. Gizi yang lebih lengkap akan didapatkan dari asi. Namun, pemberian asi sebagai makanan utama hanya diberikan untuk anak usia 0-6 bulan.

Bagi anak yang sudah menginjak usia 6 bulan ke atas, asi tidak lagi menjadi asupan makanan utama. Melainkan asi hanya sebagai makanan pendamping. Makanan utamanya beralih menjadi makanan padat.

Meskipun dianggap sebagai makanan pendamping, sebaiknya ibu tetap memberikan asi sampai si kecil genap usia 2 tahunan. Jika sudah melebihi usia tersebut, ibu bisa menghentikan pemberian asi. Ibu bisa menggantikan asi dengan produk susu untuk anak.

Susu diberikan khusus untuk menjaga kesehatan anak. Malahan, susu diberikan untuk menjaga berat badannya. Artinya, jika berat badan bayi turun, ibu bisa memanfaatkan susu khusus untuk menambah berat badan.

Kenapa Si Kecil Tidak Naik Berat Badannya?

Tidak sedikit penyebab kenapa bayi mengalami penurunan berat badannya. Bahkan, keaktifan anak di masa kanak-kanak yang terlihat sehat bisa saja menunjukkan penurunan berat badan. Faktanya, banyak ibu yang menimbang anaknya tapi berat badannya malah turun.

Penyebab utamanya bukan berasal dari keaktifan anak. Jika dicermati secara langsung, penyebab utamanya adalah anak tidak mendapatkan asupan gizi yang dibutuhkannya. Contohnya adalah asupan protein dan kalori.

Tidak mendapatkannya asupan gizi ini disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah anak terlalu senang dengan permainan, dan enggan untuk mengkonsumsi makanan. Di sini, ibu harus pintar dalam mengakalinya.

Kemudian faktor lainnya adalah sakit. Kebanyakan anak akan cenderung kehilangan nafsu makannya bila jatuh sakit. Sakit yang terlalu sering membuat anak tidak mau makan. Akibatnya, asupan gizinya akan terus berkurang.

Di sini, ibu tidak bisa memaksa anak untuk mengkonsumsi makanan. Tetapi, ibu perlu mencari solusi khusus untuk mendorong anak mau makan. Salah satunya adalah memberikan jenis makanan yang menggugah selera atau enak dikonsumsi. Contohnya adalah susu anak yang bagus.

Susu Yang Bagus Untuk Menambah Berat Badan Anak

Bicara mengenai susu yang terbaik, ini tidak dipisahkan oleh proses pengambilannya. Tak hanya itu saja, tetapi susu harus mengandung nilai gizi yang tinggi. Khusus untuk menambah berat badan, kandungan khusus untuk menjaga berat badan harus tersedia.

Mengenai urutan jenis susu, asi menempati posisi pertama. Kemudian yang kedua ditempati oleh susu cair segar. Proses alamiah dari susu ini memungkinkan kandungan di dalamnya tetap terjaga.

Sementara itu, tingkatan setelahnya ditempati oleh susu bubuk. Tetapi, kadang susu bubuk juga diprioritaskan lantaran ibu kesulitan mendapatkan susu segar. Yang paling penting, nilai gizi di dalamnya tersedia.

Susu anak untuk menambah berat badan perlu diperhatikan ibu. Bila ibu memilih susu formula, perhatikan label kandungan yang ada dalam kemasannya. Setidaknya, ibu sudah mendapatkan gambaran tentang manfaat dari susu tersebut.

Ibu tidak perlu cemas bila anak sedang mengalami penurunan berat badan. Ibu bisa mengupayakan kembali peningkatan berat badannya. Yaitu dengan memanfaatkan susu yang punya kandungan khusus untuk menambah berat badannya.

Minimal, susu tersebut mengandung nilai gizi protein, kalori lebih besar. Sisanya, nilai gizinya disematkan dalam kadar yang seimbang. Susu jenis ini akan merealisasikan harapan ibu.

Tapi perlu diingat jika pemberian susu penambah berat badan anak ini tidak boleh diberikan secara berlebihan. Pemberian susu secara berlebihan hanya akan mengundang masalah saja. Jadi, berikan sewajarnya dengan melihat aturan pemakainnya.

Makanan Utama Untuk Mendampingi Susu Penambah Berat Badan

Faktanya, susu hanya dijadikan sebagai suplemen saja bila anak sudah menginjak usia di atas 1 tahunan. Posisi ini tentunya memperlihatkan jika asupan utama ada pada makanan padat. Makanan inilah yang harusnya diutamakan oleh ibu.

Mengenai jenis makanan yang wajib ibu berikan adalah makanan yang kaya akan protein dan kalori. Kalori ini dibutuhkan anak untuk memberikan energi khusus. Jika energi didapatkan dengan mudah, maka lemak di dalam tubuh tidak akan diambil.

Sementara protein sendiri dimanfaatkan tubuh untuk mendukung perkembangan sel dan jaringan. Ini berlanjut dengan proses penambahan berat badan anak. Jadi, ibu bisa memilih makanan sehat sebagai pendamping susu untuk menambah berat badan anak.

Mengenai jenis makanannya, ibu bisa menengok banyak informasi di dalam media informasi. Tapi yang jelas, makanan tersebut harus lebih sehat. Misalnya adalah makanan yang berupa sayuran dan buah.

Contohnya adalah sayuran hijau mengandung serat. Serat akan dimanfaatkan tubuh dalam menstabilkan sistem metabolisme. Jika sistem pencernaan lebih lancar, pemecahan zat gizi akan lebih baik. Dan ini akan berpengaruh pada pemenuhan gizi anak, dan bisa mengembalikan berat badan anak.

Kiat Ibu Mengkombinasikan Makanan Dengan Susu Pendamping Anak

Kadang anak akan cenderung memilih minum susu pertumbuhan anak saja, sisanya anak akan enggan dalam mengkonsumsi makanan lain. Ini yang harus ibu hindari. Tujuannya adalah agar anak tidak memiliki kecenderungan makan satu variasi saja. Caranya agar ibu bisa memberikan susu dan makanan bisa dilihat di sini.

  • Atur jam makan anak
  • Variasi jenis makanan di tiap kali jam makan
  • Berikan susu sebagai pelengkap saat santap makanan
  • Batasi pemberian susu di tiap harinya
  • Berikan camilan sehat untuk melengkapi makanan utama

Demikianlah ulasan mengenai bagaimana cara ibu dalam menambah berat badan buah hatinya. Selain makanan, ibu disarankan untuk mendampinginya dengan pemanfaatan susu. Jadi, sudahkah ibu memberikan susu anak saat ini?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *