Susu Ibu Hamil Bikin Mual Sampai Masuk Rumah Sakit

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Kejadian seperti ini tidak sering terjadi namun ada ibu hamil yang pernah harus menginap di rumah sakit karena mual dan muntah berlebihan setelah minum susu.

Siapapun tidak ingin hal ini terjadi. Namun, bagaimana lagi memang mual dan muntah sangat parah sehingga ibu harus dirawat di rumah sakit.

Meskipun demikian, hal ini tidak lantas menunjukkan bawasannya mual dan muntah tersebut disebabkan oleh susu ibu hamil. Karena bukan susu yang menjadi penyebabnya.

Dari sudut pandang medis, ibu hamil memang sangat beresiko mengalami mual dan muntah. Hal ini sering terjadi di pagi hari. Makanya ada istilah morning sickness, yaitu mual dan muntah karena hamil yang terjadi di pagi hari. Kira-kira itu penjelasan dari istilah morning sickness.

Ibu hamil memang mudah sekali mual. Hal ini disebabkan faktor hormonal. Orang awam mungkin sulit untuk menerima penjelasan secara medis seperti ini. Hanya saja, secara singkat bisa dijelaskan bawasannya hormone di dalam tubuh diproduksi lebih banyak jika dibandingkan ketika sebelum hamil. Kondisi inilah yang membuat tubuh merespon seperti mual dan muntah.

Lalu kenapa setiap kali minum susu kehamilan langsung mual atau muntah? Apakah susu meningkatkan produksi hormone?

Untuk yang satu ini, dibutuhkan penjelasan yang lain lagi. Ternyata, tidak semua susu itu membuat ibu mual lho. Mual yang disebabkan oleh susu sering disebabkan ibu eneg dengan rasa susu yang ibu pilih.

Kenapa eneg? Karena kandungan gulanya sangat tinggi atau rasa susu yang ibu tidak suka.

Jadi, tidak ada kaitan langsung antara minum susu untuk ibu hamil dengan produksi hormone yang meningkat. Yang ada hanya rasa yang timbulkan susu sehingga ibu hamil sering mual setiap kali selesai minum susu.

Oleh sebab itu, ada tips yang bisa ibu coba agar tidak mual setiap kali minum susu.

Yang pertama, pilih susu untuk ibu hamil yang terbaik. Terbaik bukan karena harganya yang mahal atau susu tersebut diminum oleh artis tertentu, atau susu tersebut sangat terkenal. Bukan itu kriteria susu terbaik.

Susu untuk kehamilan yang terbaik itu susu yang kandungan nutrisinya seimbang. Terutama kandungan gulanya.

Sebenarnya hamil dilarang mengkonsumsi makanan yang terlalu manis lho. Hal ini untuk mencegah obesitas entah dialami oleh ibu atau bayi di dalam kandungan. Bisa berbahaya jika ibu atau janin yang ibu kandung mengalami obesitas.

Cek dulu kandungan gula di dalam susu kehamilan yang ibu pilih. Usahakan kandungannya sangat rendah agar terhindar dari obesitas dan juga tidak eneg.

Yang kedua, pilihlah susu dengan rasa yang paling ibu suka. Sekarang ada banyak varian rasa untuk susu. Ada rasa coklat, vanilla, dan lain sebagainya.

Yang ketiga, konsumsi susu layaknya ibu minum teh. Bayangkan ibu sedang santai di pagi atau sore hari sambil ditemani dengan secangkir teh. Hanya saja, teh diganti dengan susu.

Karena banyak ibu yang mual setelah minum susu untuk kehamilan karena mereka minum satu gelas susu sekali atau dua kali teguk saja. Sistem pencernaan membutuhkan waktu untuk mencerna semua nutrisi yang terkandung di dalam susu. Oleh sebab itu, minumlah susu dengan santai.

Kebaikan susu tidak perlu diragukan lagi. Ibu sebaiknya ikut serta dalam program menurunkan prosentasi bayi lahir dengan berat badan rendah atau bayi lahir cacat dengan cara mengkonsumsi susu setiap hari.

Pasti ibu ingin melihat bayi ibu lahir dalam keadaan normal dan sehat, bukan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *