Susu Ibu Hamil Rasa Coklat Tidak Membuat Perut Mual

susu ibu hamil rasa coklat
www.facebook.com/ibudanbalita

Ada yang bilang susu ibu hamil rasa coklat itu bisa membuat mual. Bahkan, ada juga yang sampai muntah. Lalu, mereka menyalahkan susunya. Semoga saja ibu bukan satu dari mereka yang menyalahkan susu.

Susu ibu hamil tidak menyebabkan mual apalagi muntah. Meskipun ada ibu hamil yang mual dan muntah setiap kali minum susu, itu sebenarnya bukan disebabkan oleh susu jika ibu memilih susu yang benar. Susu Frisian Flag Mama misalnya. Ini merupakan susu yang tidak akan membuat ibu mual apalagi muntah. Sekalipun ibu memilih susu rasa coklat, ibu tidak akan mual atau muntah.

Mual dan Muntah Bukan Disebabkan Oleh Susu

Terlalu cepat mengambil kesimpulan jika ibu mengatakan susu menyebabkan mual dan muntah. Sebenarnya, ini gejala yang umum terjadi. Bahkan, seorang ibu hamil harusnya senang jika merasa mual dan muntah.

Lho kok senang?

Tentu saja harusnya senang. Mual dan muntah yang ibu alami terutama ketika sedang hamil muda disebabkan oleh peningkatan produksi hormon progesterone dan estrogen. Kedua hormon inilah yang dibutukan oleh janin yang masih berusia beberapa hari untuk berkembang. Sayangnya, ada efek kurang baiknya. Ketika produksi hormon meningkatkan, ibu akan merasa mual dan bahkan muntah setiap kali mengkonsumsi makanan atau minuman.

Jadi, bukan susunya yang menjadi penyebab mual dan muntah. Sekalipun ibu tidak minum susu kehamilan rasa coklat, tetap saja ibu akan merasa ingin mual dan muntah. Pasalnya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada faktor penyebab yang tidak bisa dihindari mengingat ibu sedang hamil.

Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri susu juga menjadi salah satu penyebabnya. Hanya saja, susu bukan penyebab itu. Susu hanya menjadi pengaruh kecil saja yang menyebabkan ibu merasa mual dan muntah.

Pengaruh Susu Terhadap Mual Dan Muntah

Sebelum menjelaskan lebih jauh mengenai pengaruh susu terhadap mual dan muntah, ada satu hal yang harus ibu ketahui. Ada istilah medis yang sering digunakan untuk menggambarkan mual dan muntah saat hamil, yaitu morning sickness. Dari namanya, ibu akan mengira mual dan muntah ini hanya dirasakan oleh ibu hamil di pagi hari saja. Ternyata tidak. Tidak sedikit juga ibu hamil yang justru mual di malam hari sebelum tidur. Ini yang harus dipahami.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak ada hubungan antara susu ibu hamil rasa coklat dengan mual yang sering dialami oleh ibu hamil. Mual atau muntah tersebut disebabkan oleh produksi hormon yang meningkat. Meskipun demikian, harus diakui susu juga memberikan adil namun hanya kecil.

Susu mengandung lemak dan juga gula. Kandungan itulah yang sebenarnya menyebabkan ibu mudah sekali mengalami mual dan muntah. Lemak dan gula membuat susu terasa eneg sehingga membuat lambung merespon dengan mual dan bahkan memuntahkan semua makanan atau minuman yang baru saja ibu konsumsi.

Oleh sebab itu, yang harus ibu lakukan adalah memilih susu ibu hamil yang terbaik. Usahakan ibu memilih susu yang tidak eneg. Susu Frisian Flag Mama rasa coklat contohnya. Susu ibu hamil yang satu ini selain tidak terasa eneg rasanya juga enak.

Tips Agar Tidak Mual Setelah Minum Susu

Susu ibu hamil memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Dengan mengkonsumsi susu, kebutuhan nutrisi harian ibu hamil terpenuhi. Dan diharapkan, dengan rajin mengkonsumsi susu, risiko bayi mengalami keguguran bisa diturunkan atau bahkan dihilangkan.

Sayangnya, banyak ibu hamil yang menyerah minum susu. Alasannya sama, mereka sering mual dan bahkan muntah setiap kali minum susu. Namun, apakah gara-gara mual ibu tidak mau mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil?

Agar tidak mual, ada beberapa tips yang bisa ibu terapkan.

  1. Memilih Susu Yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, susu menyebabkan mual lantaran rasanya yang eneg. Oleh sebab itu, ibu perlu memilih susu Frisian Flag Mama rasa coklat yang tidak eneg.

  1. Ada Jeda Antara Makan dan Minum Susu

Yang menjadi penyebab mual dan bahkan muntah adalah mengkonsumsi susu dan makanan secara bersamaan. Seharusnya tidak seperti itu. Ibu harus membuat jeda sekitar 20 menit. Ibu makan dan beri jeda 20 menit baru mengkonsumsi susu.

  1. Nikmati Minum Susu

Susu ini bukan obat yang harus diminum sekali dalam satu tegukan. Seharusnya, ibu menikmati susu ibu hamil layaknya ibu menikmati teh. Maksudnya, ibu perlu minum susu secara pelan-pelan. Jangan minum susu satu gelas sekali tegukan.

  1. Makan Buah Segar

Mengkonsumsi susu ibu hamil disarankan di pagi dan di malam hari. Untuk menghindari mual dan muntah, sebaiknya pada saat ibu minum susu ibu juga makan buah segar. Buah pisang cocok sekali dijadikan menu penutup sarapan. Atau jika ibu ingin buah yang lebih segar lagi, ibu bisa memilih semangka atau jeruk. Yang pasti, mengkonsumsi buah yang segar bisa menghindarkan ibu merasa mual dan bahkan muntah.

Meskipun ibu sudah mengkonsumsi susu ibu hamil, tugas ibu masih banyak. Ada hal lain yang harus ibu lakukan untuk memastikan perkembangan bayi di dalam kandungan optimal. Ikuti saja forum ibu dan balita di www.ibudanbalita.com. Itu merupakan forum di mana ibu hamil dan juga ibu yang memiliki balita berkumpul dan berdiskusi mengenai kesehatan. Akan banyak sekali ilmu yang bisa ibu serap dari forum tersebut.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *