Susu Pertumbuhan Anak dan Kegiatan Penting Guna Meningkatkan Daya Ingat Anak

susu untuk balita
kompas.com

Meskipun pada dasarnya semua susu pertumbuhan anak sudah dilengkapi dengan kandungan yang dapat mengembangkan saraf dan otak secara maksimal, tetapi kenapa tidak semua anakĀ  menjadi pintar padahal sudah mengkonsumsi susu secara rutin?

Pertanyaan di atas mungkin bisa saja mewakili dari sebagian besar pertanyaan dari para Bunda yang ada di dunia ini. Namun yang perlu Bunda pahami adalah tidak semua susu anak mengandung nutrisi lengkap guna mengoptimalkan perkembangan otak serta meningkatkan daya ingat.

Oleh sebab itu, sebelum memilih produk susu tertentu, penting untuk tahu dulu apa saja kandungan nutrisi yang bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Lebih dari itu, supaya pertumbuhan si kecil bisa lebih optimal serta daya ingat si kecil juga bisa lebih berkembang, Bunda juga perlu mengajak si kecil melakukan beberapa aktifitas yang tepat.

Peran Susu Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak

Untuk meningkatkan daya ingat si kecil, salah satu faktor penting yang harus Bunda perhatikan adalah pemberian nutrisi yang tepat untuk si kecil. Nutrisi yang terkandung di dalam susu ini bisa dikatakan sebagai stimulus dari dalam guna meningkatkan daya ingat si kecil.

Pertanyaannya sekarang adalah memangnya apa nutrisi penting tersebut? Salah satu jenis nutrisi yang berperan cukup besar dalam mempengaruhi daya ingat anak adalah omega 3.

Bukannya omega 3 ini bisa dengan mudah didapatkan dari seafood? Memang benar jika omega 3 ini banyak terkandung di dalam seafood, tetapi susu pertumbuhan balita jenis tertentu juga mengandung omega 3.

Istimewanya, omega 3 yang terkandung di dalam susu seperti ini kadar omega 3 sudah disesuaikan dengan anjuran gizi untuk anak. Oleh sebab itu, Bunda tidak perlu repot lagi mencukupi omega 3 yang dibutuhkan oleh si kecil. Sebab ketika memberikan susu formula secara otomatis takaran omega 3 sudah pas.

Selain omega 3, AA dan juga DHA ikut serta dalam mengoptimalkan perkembangan otak si kecil. Supaya anak bisa memiliki daya ingat yang tinggi, maka Bunda harus juga memastikan memilih susu balita yang di dalamnya mengandung AA dan juga DHA.

Meskipun demikian, supaya daya ingat anak lebih tajam lagi, selain memberikan stimulus dari dalam seperti ini, Bunda juga perlu memberikan stimulus dari luar. Memangnya seperti apa stimulus dari luar tersebut?

Bermain Sambil Meningkatkan Daya Ingat

Supaya daya ingat anak bisa lebih maksimal lagi, melakukan stimulus dari dalam saja tidak lah cukup. Bunda juga perlu memberikan stimulus dari luar. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika salah satu cara untuk menstimulus perningkatan daya ingat si kecil adalah dengan cara bermain musik.

Maka dari itu, beruntung jika Bunda sudah mulai mengenalkan musik kepada si kecil. Dan ini merupakan salah satu cara menstimulus peningkatan daya ingat anak dari luar. Meskipun demikian, peran dari susu pertumbuhan bayi sebagai penyuplai nutrisi apakah sudah tidak diperlukan lagi?

Tetap saja pendukung tumbuh kembang si kecil seperti ini masih sangat diperlukan. Selain bermain musik, apakah ada kegiatan lain yang bisa Bunda lakukan? Tentu saja banyak sekali jenis permainan yang bisa Bunda coba. Misalnya saja jenis permainan edukatif. Hanya saja, bermain musik masih menjadi salah satu pilihan terbaik guna meningkatkan daya ingat si kecil.

Susu Terbaik Yang Dapat Menguatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Sebagai orang tua, selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya sudah menjadi sebuah keharusan. Dan hal ini bida Bunda lakukan dengan cara memilih susu pertumbuhan untuk anak yang sekaligus bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Maka dari itu, pada saat Bunda memilih susu formula, tidak bisa sembarangan. Teliti terlebih dahulu kandungan serta manfaat yang ditawarkan oleh susu formula tersebut. Terutama pengaruhnya bagi tumbuh kembang anak.

Salah satu pertimbangan yang umumnya sering dilakukan oleh banyak ibu ketika hendak membeli susu adalah manfaatnya untuk daya tahan tubuh anak. Hal seperti ini sangat penting untuk dilakukan, secara daya tahan tubuh anak ini belum bisa bekerja maksimal, sehingga harus dibantu dari luar.

Susu pertumbuhan batita yang sekaligus memiliki manfaat meningkatkan daya tubuhnya adalah susu yang di dalamnya terkandung beberapa zat sebagai berikut ini:

  1. Omega 3

Sebenarnya zat omega 3 seperti ini bisa dengan mudah Bunda dapatkan pada ikan salmon, makarel, tuna, dan beberapa jenis kerang. Dan biasanya kandungan omega 3 dikemas dalam bentuk suplemen seperti halnya minyak ikan.

Akan tetapi saat ini sudah banyak produk susu formula yang di dalamnya sudah mengandung omega 3 seperti ini. Istimewanya, selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, banyak manfaat lain yang bisa si kecil rasakan.

  1. Prebiotik

Prebiotik ini adalah sejenis zat yang dapat menumbuhkan bakteri baik pada pencernaan si kecil sekaligus dapat mencegah alergi sehingga tidak tumbuh dan berkembang di dalam tubuh.

Bahkan tidak hanya itu saja, prebiotik ini bisa dikatakan sebagai zat yang sangat penting sebab memiliki kemampuan untuk menguatkan ketahahan saluran pencernaan anak.

  1. Kalsium

Kalsium ini bisa dikatakan sebagai nutrisi yang sangat penting lantaran berfungsi sebagai komando pada sistem imun tubuh anak. Oleh sebab itu, penting untuk memilih susu pertumbuhan untuk balita yang mengandung kalsium di dalamnya.

Apalagi sistem imun memiliki peran yang sangat penting untuk mempertahankan tubuh anak dari serangan berbagai virus serta kuman yang masuk. Jadi ketika sistem imun ini kuat, sudah pasti si kecil tidak akan mudah terserang penyakit.

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, memilih susu pertumbuhan untuk batita yang memiliki kandungan tepat penting sekali untuk dilakukan. Maka dari itu, mulai sekarang jangan sembarangan saat memilih susu pertumbuhan anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *