Tahap Perkembangan Janin Dari Minggu Pertama Hingga Dua Puluh Empat. Penasaran ? ayo cek disini !

tahap perkembangan janin
ibudanbalita.com

Tahap perkembangan janin pertama kali dimulai beberapa hari atau minggu setelah malam berbagi kasih antara ayah dan bunda. Setelah sperma pasangan anda bertemu dengan indung telur, maka secara garis besar, dalam waktu 3 minggu, permulaan janin sudah terbentuk. Bahkan, bisa jadi anda telah hamil lebih dulu sebelum menyadari anda hamil.

4 Minggu Pertama
Kehamilan bulan pertama Jangan dibayangkan yang begitu luar biasa, karena bentuk bayi masih seperti dragon ball (kartun era 90-an) yakni bola merah mentereng dengan lingkaran merah di tengah. Gambaran yang diberikan sama persis bila anda pernah melihat sekumpulan kelereng magnet menempel satu sama lain, bedanya ‘bola janin’ ini seperti membelah diri. 1 lingkaran, 2 lingkaran, begitu terus hingga nanti berubah menjadi organ. Anda mungkin tidak merasakan apapun dari luar, tidak ada perubahan pada badan anda.

Minggu kedelapan
Minggu delapan harapan bunda dan ayah mulai muncul cerah. Bentuk janin terlihat lebih menjanjikan. Saat ini, lengan bayi yang tadinya ‘buntung’ sudah mulai punya jari jari meski masih belum bisa banyak digerakkan. Telapak kaki bayi sudah mulai memunculkan bentuk dasarnya. Sedangkan dari segi organ dalam, banyak organ seperti hati, paru paru, usus, otak, dan tulang sum sum sudah lebih kokoh dibanding sebelumnya. Wajah anak anda bak lukisan dimana seniman masih membuat kerangka dasar, dalam hal ini kerangka dasar janin berupa bentuk dasar hidung, mulut, dan mata. Ayah dan ibu mungkin masih kesulitan menebak kira – kira nanti anak akan condong mirip dengan siapa.

Minggu kesepuluh
Apabila anda gemar melakukan ultra sound mungkin ini saat yang tepat. Karena bentuk wajah lebih jelas lagi dimana telinga janin sudah mulai melipat membentuk detil seperti lubang telinga. Bahkan jari yang tadinya masih seperti sarung tinju, akan ada jarak antara jari tangan dan kaki sehingga anda mulai bisa mengira ngira yang manakah jari telunjuk, kelingking, manis, tengah, atau jempol. Seperti jari manusia pada umumnya, lima jari dalam satu tangan. Otak, tulang sum sum, serta jaringan saraf lebih sistematis dan membentuk. Sistem pencernaan dan sensor ada dalam daftar pengembangan bahkan tulang pun sudah hadir melengkapi janin. Ini saat yang cukup tepat untuk mulai mengkonsumsi banyak vitamin D dan kalsium guna membantu perkembangan tulang dan gigi calon bayi.

Minggu ke enam belas
bentuk janin sekarang semakin jelas. Jari – jari makin terbentuk, kelopak mata, alis, bulu mata, kuku, janin sedang dalam tahap pengerjaan. Patut dibanggakan pula gigi dan tulang janin yang makin kokoh siap memperkuat diri. Bila anda punya kemampuan lebih untuk melihat janin anda secara langsung, anda akan sangat kagum bila melihat gerakan gerakan seperti mengisap jempol, menguap, merenggangkan badan, sampai membuat ekspreksi. Bisnis kedokteran banyak memanfaatkan situasi kehamilan 4 bulan (enam belas minggu) dengan menawarkan alternatif teknologi guna melihat tahap perkembangan janin. Ada juga yang menawarkan foto janin dalam kandungan mengingat gerak dan ekspreksi calon bayi sudah mulai memikat hati.

Minggu ke dua puluh
Selamat bagi anda yang telah mencapai tahap perkembangan janin minggu kedua puluh. Di dalam rahim anda terkandung janin berukuran paling tidak 13 centi meter, plus berat dua kali lipat dibanding masa kehamilan usia keempat ! luar biasa bukan perjuangan ibu? Bagian – bagian tubuh bayi yang lain juga semakin terbentuk. Contoh saja, lengan dan kaki bayi semakin panjang dengan posisi menekuk. Bila calon bayi anda laki – laki, calon ‘burung lelaki’ sudah tegak menghadap keatas, sedangkan calon bayi perempuan sudah memiliki rahim berisi 3 sel telur, suatu sel telur untuk seumur hidup anak anda. Tentu hal ini menjelaskan kenapa perempuan mengalami menopause nantinya. Hanya ada 3 sel telur yang akan terus berkurang kualitasnya seiring dengan bertambahnya usia nanti.

Bentuk dan letak puting juga makin terlihat jelas. Gigi sedang dalam masa penguatan, alangkah membantunya jika anda mulai berkonsultasi bagaimana memberi asupan fluoride pada janin agar gigi calon anak nanti menjadi kokoh nan indah. Begitu pula dengan tulang yang makin perkasa, meminta pada bunda agar rajin memberi asupan kalsium. Jangan lupa, tiap kali anda melakukan Ultra sound segera cek permukaan kulit janin, saraf – saraf akan sangat terlihat bak aurora di tengah malam kutub sungguh indah. Sidik jari sangat populer sebagai petunjuk identitas, bahkan pengukur kecerdasan. Berita baiknya sidik jari bayi sudah terbentuk, artinya identitas bayi telah ditentukan pada bulan kedua puluh.

Minggu kedua puluh empat
Berbeda dengan perkembangan janin yang lain, minggu kedua puluh empat adalah minggu stabil. Tidak ada lagi daftar tahap perkembangan janin berupa pembangunan tertentu pada tubuh janin. Tubuh hanya membesarkan janin agar mencapai berat badan ideal. Bahkan, karena sudah ada lapisan lemak yang kian menumpuk menjaga bayi bertahan dari dunia luar, apabila bayi lahir lebih cepat dari yang dijadwalkan maka sudah ada pengaman. Janin akan terlihat seperti tidur pulas dengan damai tanpa ada masalah. Sesekali janin menendang dan cegukan lebih sering dibanding sebelumnya. Karena kemampuan mendengar bayi sudah diberikan, harap berhati hati dalam menjaga perasaan bunda jangan sampai merusak tahap perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *