Tanda Awal Kehamilan Persis Sebelum Telat Mens

tanda awal kehamilan
Friso Indonesia

Tidak banyak yang tahu apa saja tanda kehamilan selain telat mens atau haid. Kebanyakan wanita mengetahui jika haid telat maka itu tandanya ia hamil.

Padahal ada beberapa tanda awal kehamilan yang muncul sebelum telah haid. Dan tanda-tanda ini bisa membuat ibu semakin yakin apakah sedang mengandung atau tidak.

Ingin tahu apa saja tanda kehamilan sebelum telat haid? Berikut tanda-tanda dimaksud tersebut beserta penjelasan kenapa tanda-tanda tersebut muncul.

Warna Bibir Vagina Berubah

Salah satu tanda yang muncul di awal kehamilan adalah perubahan warna bibir vagina. Wanita yang tidak hamil memiliki bibir vagina dengan warna merah muda. Akan tetapi, ketika sedang hamil, warnanya berubah agak kehitaman.

Memang perubahan warna ini tidak begitu signifikan. Karena perubahan warna tersebut tidak begitu kelihatan. Dan banyak wanita yang tidak begitu memperhatikan. Akan tetapi, tanda kehamilan yang berkaitan dengan vagina lainnya mungkin mereka perhatikan.

Keluar Cairan Putih Pekat

Selain perubahan warna bibir vagina dari merah muda menjadi kehitam-hitaman, tanda awal ibu hamil lainnya adalah keluarnya cairan putih pekat.

Cairan ini terlihat seperti keputihan. Akan tetapi, kekentalannya sedikit berbeda. Sebenarnya, cairan ini muncul karena adanya pembuahan. Bisa dikatakan pembuahan tersebut mengakibatkan keluarnya cairan putih seperti keputihan.

Menurut dokter kandugan, cairan tersebut berasal dari cervical mucus. Jadi, tidak ada hal yang perlu dikhawatir jika cairan ini keluar dari vagina.

Kram pada Perut

Tanda kehamilan yang satu ini yang paling banyak dirasakan oleh wanita hamil. Hanya saja banyak dari mereka yang tidak tahu. Kram pada perut bisa disebabkan oleh apa saja. Akan tetapi, jika berkaitan dengan kehamilan, kram ini disebabkan terhentinya produksi hormone progesterone di mana hormone tersebut tergantikan dengan plasenta.

Selain itu, kram juga bisa disebabkan karena rahim beraksi ketika ada janin yang menempel pada dinding rahim. Saat hari-hari pertama kehamilan, rahim memang harus bekerja ekstra keras. Karena janin mulai menempel dan menggantung pada rahim sehingga dinding rahim harus semakin diperkuat.

Ketika janin sudah mulai tumbuh membesar, pada saat itulah ibu merasakan kram pada perut.

Sesak Nafas

Sebenarnya bukan sesak nafas. Ketika ibu rasanya susah sekali bernafas, sebenarnya hal tersebut disebabkan ukuran payudara ibu membesar. Sementara ibu masih menggunakan BH yang lama.

Salah satu tanda awal hamil itu ukuran dada yang membesar. Hal ini disebabkan kelenjar susu sudah mulai muncul dan bekerja. Kelenjar ini berfungsi untuk mempersiapkan ASI. Walaupun masa melahirkan masih sangat jauh sekali, kelenjar susu sudah mulai mempersiapkan diri. Salah satu efeknya adalah ukuran payudara membesar. Payudara terasa lebih kencang. Terkadang hal ini membuat ibu susah bernafas.

Beberapa hal tersebut merupakan tanda kehamilan awal yang muncul sebelum ibu mengetahui bawasannya ibu sedang terlambat haid. Bahkan, tanda tersebut lebih valid daripada terlambat datang bulan lho. Terkadang ibu terlambat haid tapi ternyata hasil tes negatif.

Meskipun demikian, tidak ada yang lebih valid jika dibandingkan dengan pemeriksaan USG. Setidaknya, jika sudah ada 2-3 tanda seperti yang telah dijelaskan di atas, ibu bisa langsung ke bidan atau dokter kandungan untuk memeriksaan USG. Dengan demikian, ibu bisa lebih jelas dan lebih bisa memastikan apakah ibu sedang hamil atau tidak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *