Tanda Awal Kehamilan yang Saling Terkait Satu Sama Lain

tanda awal kehamilan
Friso Indonesia

Pergi ke dokter kandungan untuk melakukan konsultasi menjadi cara yang paling tepat untuk memastikan apakah ibu sedang hamil atau tidak.

Namun, sabar. Tunggu dulu karena ibu juga bisa mengetahui tanda awal kehamilan sendiri tanpa harus melakukan konsultasi dengan dokter kandungan.

“Ah belum tentu”. Betul sekali. Banyak orang yang tidak percaya begitu saja dengan tanda yang muncul. Karena terkadang seorang wanita mual-mual tapi ternyata masuk angin, bukan sedang hamil.

Ada salah satu tanda berupa telat haid. Tapi tiba-tiba haid muncul. Terlambat datang bulan atau haid karena kondisi kesehatan kurang baik sehingga siklus haid berubah, bukan terlambat haid karena sedang hamil.

Namun, prediksi hamil atau tidak bisa ibu lakukan jika melihat ada tanda kehamilan yang saling berkaitan.

Berikut ini beberapa contohnya.

Payudara Terasa Nyeri Disertai dengan Sesak Nafas

Ibu pasti tahu salah satu tanda hamil muda adalah berubahnya bentuk payudara. Payudara ibu membesar dan semakin kencang. Hal ini merupakan reaksi payudara karena sudah ada janin yang ada di dalam rahim.

Untuk memastikan payudara yang membesar tersebut sebagai tanda awal ibu hamil, hal tersebut biasanya disertai dengan pernafasan yang sedikit banyak terganggu. Ibu merasa lebih susah untuk bernafas, tidak seperti biasanya.

Sesak nafas ini bisa saja dikarenakan ukuran payudara ibu membesar sementara ibu masih menggunakan BH yang sama. Apalagi ibu sering menggunakan pakaian yang ketat. Tentu sesak nafas lebih terasa.

Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama, ibu akan merasa nyeri pada bagian payudara. Sebaiknya ibu menanggulangi hal ini dengan memakai BH dengan ukuran yang lebih besar. Lupakan menggunakan pakaian yang ketat karena hal tersebut akan memperburuk keadaan.

Sering Merasa Pusing dan Mual

Mual saja tidak bisa dijadikan patokan bawasannya ada janin di dalam kandungan. Karena bisa saja mual yang ibu alami disebabkan karena kurang enak badan.

Pusing saja juga bisa juga disebabkan karena darah ibu turun. Namun, jika ibu sering mual dan diiringi dengan sakit kepala, ada kemungkinan ibu memang sedang hamil. Dua-duanya merupakan tanda awal hamil yang saling berkaitan.

Mual disebabkan karena peningkatan produksi hormone. Sementara itu, jika ibu mual terus menerus, asupan nutrisi berkurang dan hal tersebut bisa mengakibatkan kepala pusing karena produksi sel darah merah juga secara tidak langsung terganggu.

Jika memang hal tersebut terjadi, ibu harus segera melakukan tindakan. Jangan sampai mual yang ibu alami berlarut-larut sehingga ibu tidak enak makan dan hal ini membuat tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Keadaan seperti ini jelas tidak hanya kurang baik untuk kesehatan ibu tapi juga kesehatan janin yang ibu kandung.

Jika ada dua atau lebih tanda kehamilan yang saling berketerkaitan, ibu bisa melakukan tes kehamilan dengan menggunakan testpack. Jika menunjukkan positif, ibu bisa memastikan hal tersebut dengan melakukan konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan.

Dokter akan melakukan tes kehamilan dengan melakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan ini akan memberikan kepastian apakah memang ada janin di dalam kandungan atau tidak.

Yang terpenting, ada seberapa persen kemungkinan bawasannya ibu sedang hamil. Hal tersebut ditujukkan dengan munculnya beberapa tanda kehamilan yang saling keterkaitan. Semoga masa kehamilan lancar dan ibu serta bayi dalam keadaan sehat dan selamat saat proses persalinan nanti.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *