Tanda Gangguan Kesehatan Ibu Hamil Dan Tips Di Kala Puasa

kesehatan ibu hamil

Kesehatan ibu hamil menjadi prioritas siapa saja yang mendambakan buah hati. Betapa tidak ? ada manusia yang tinggal dalam tubuh bunda, plus bergantung sekali dengan inang, yakni perempuan yang kelak jadi ibunya. Di bulan Ramadhan sekalipun, bunda yang memutuskan berpuasa pasti sudah memikirkan masak – masak dengan diskusi serta pencarian informasi mendalam.


Islam adalah agama penuh cinta, dan siapa saja yang menorehkan kebencian atas nama Allah pasti tidak mengenal agama yang disebarkan nabi dan rasul dengan baik. Tidak pernah ada paksaan puasa bagi perempuan berbadan dua. Bahkan, dengan jelas Allah menyatakan melalui Al Quran bahwa apabila seorang perempuan hamil merasa tidak mampu berpuasa maka dipersilahkan baginya untuk meninggalkan puasa.

Keindahan agama Islam, tidak hanya berhenti disitu saja. Bunda yang memutuskan berpuasa meski hanya niat saja sudah tercatat sebagai pahala. Prakteknya gagal, dalam artian di tengah hari batal karena suatu alasan tidak ada ruginya. Maklum saja, bunda harus benar – benar sadar gangguan kesehatan saat hamil apa saja yang menuntut pembatalan puasa bahkan di bulan Ramadhan sekalipun.

Ilmu pengetahuan minim bisa membahayakan tidak sekedar nyawa bunda namun juga nyawa janin yang terkandung. Kadangkala bahaya datang bukan karena puasa itu sendiri, melainkan ketidakmampuan pemilik tubuh membaca sinyal SOS yang dilancarkan. Secara garis besar ada tiga tahap sinyal yaitu dehidrasi, berat badan, dan reaksi tubuh lain – lain.

Dehidrasi sudah menjadi musuh nyawa manusia. Lebih dari 80% tubuh manusia terbentuk dari air, menjadikan asupan air sudah menjadi kewajiban bagi mereka yang ingin jantung tetap berdetak. Seperti yang telah diketahui, puasa melarang menenggak air sebelum fajar menyingsing dan matahari terbenam. Ancamana dehidrasi bukan lagi berita baru bagi banyak orang, termasuk perempuan yang sedang mengandung.

Tidak banyak ciri – ciri dehidrasi karena badan normal sekalipun akan terasa sangat lemah. Salah satu tanda paling jelas bila kadar air bermasalah adalah kala buang air kecil. Secara ilmu kedokteran, air seni mencerminkan kondisi tubuh. Air seni bening tanpa bau berarti tidak ada masalah dan bunda cukup minum air, beda dengan air seni keruh dengan bau pesing menyerebak, ada kesehatan bunda yang patut dipertanyakan.  

Manusia memang bisa hidup hanya dengan minum air putih, tapi manusia tetap butuh makanan. Tersembunyi nutrisi yang berguna bagi kinerja tubuh dalam bahan – bahan layak konsumsi yang ada di muka bumi. Beberapa orang memanfaatkan kesempatan berpuasa guna kesehatan pula, yakni mencapai berat badan impian. Ya, bunda memang dilarang makan selain pada waktu sahur dan buka puasa, tidak heran berat badan pasti akan berkurang.

Kondisi badan masing – masing orang berbeda, sehingga kebutuhan juga berbeda. Salah satu cara mengetahui tingkat berat ideal adalah BMI. Body mass index atau BMI merupakan alat hitung yang cukup efektif. Perbandingan rasio berat badan dan tinggi terbukti memberi analisis masuk di akal dan mudah dibaca. Secara ilmu kesehatan, obesitas terletak pada tingkat body mass index sebesar tiga puluh persen, dan kekurangan berat badan terletak pada body mass index dibawah delapan belas persen.

Setiap pemeriksaan di rumah sakit manapun, pasti bunda diminta naik ke atas timbangan oleh suster. Dengan mengetahui berat badan, maka rumah sakit dapat menentukan apa masalah yang mendasari kehamilan. Namanya penggunaan jasa pasti minta keluar kocek alias UUD (ujung ujungnya duit) yang sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Timbangan sudah bermacam – macam, kalau memang dana terbatas timbangan biasa sudah cukup mengukur kondisi bunda.

Puasa tidak ditujukkan untuk menyakiti umat muslim, justru ibadah dibentuk demi kesehatan penganut islam. Kembali pada timbangan berat, selama bunda melihat body mass index masih dalam kadar standard (delapan belas sampai dua puluh lima) seharusnya tidak ada masalah. Bunda wajib khawatir kalau berat badan terlalu kurus atau berlebih menurut kadar body mass index. Pengecekan bisa dilakukan setiap hari, atau setiap dua hari sekali sesuai keinginan.

Dehidrasi, kekurangan berat badan, tidak akan sampai disitu saja. Banyak kasus menunjukkan bunda hamil memutuskan batal puasa bukan sebab berat badan tidak normal, atau sadar kadar air terus menurun. Kedua gejala tersebut tidak akan mencerminkan apapun kecuali ada pemicu yang terasa jelas dampaknya.

Keluarnya isi tubuh atau biasa disebut muntah memang punya banyak sebab. Satu hal pasti nan unik adalah kala seseorang muntah, secara otomatis orang – orang menghampiri dan menawarkan bantuan rumah sakit. Tindakan naluri manusia satu ini tidak salah, dan sebaiknya diikuti oleh bunda. Bisa jadi, pemicu muntah adalah 2 sebab yang telah dijelaskan di awal, siapa yang tahu ?

Sebagai hamba Allah yang taat pasti ingin selalu berusaha yang terbaik. Tenang saja, tips hamil bulan Ramadhan  memang dibuat untuk membantu bunda melalui Ramadhan dengan meminimalisir beragam resiko yang telah dijelaskan sebelumnya.

Menu makanan yang terbatas menuntut bunda untuk tetap strategik. Berdasarkan ilmu medis, seharusnya sahur berfokus pada kandungan yang sulit dicerna seperti karbohidrat dan protein. Kebalikan dengan berbuka dimana bunda justru berfokus pada makanan pemenuhan gizi.

Puasa menuntut ketenangan yang mendalam. Bila makanan bukan masalah, sekarang faktor psikologis yang harus diatasi. Gunakan metode favorit bunda untuk tetap rileks seperti jalan kaki santai dan kondisi mood stabil supaya menjaga kesehatan ibu hamil tidak sulit.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *