Tanya Dokter Kandungan Seputar Pusing Selama Masa Kehamilan

stres pada ibu hamil
Source: Daily Mail

Banyak ibu hamil yang tanya dokter kandungan mengenai penyebab pusing yang sering mereka alami. Umumnya, mereka menebak bahwasannya hal tersebut disebabkan karena anemia. Dengan mengkonsumsi obat anemia, masalah sudah beres. Namun, ternyata tidak demikian. Pusing tetap saja mereka rasakan.

Mungkin ibu juga mengalami hal yang sama. Tentu yang paling disarankan adalah konsultasi dengan dokter kandungan secara langsung. Karena dikhawatirkan ada hal yang perlu mendapatkan penanganan secara langsung. Namun, ada baiknya juga ibu lebih tahu lagi beberapa penyebab pusing saat hamil selain yang disebabkan oleh anemia.

Faktor Penyebab Pusing Saat Hamil Selain Anemia

Saat hamil, ibu rentan sekali mengalami pusing terutama ketika masa kehamilan mencapai usia trimester kedua. Salah satu faktornya adalah gangguan emosional. Apa hubungannya dengan pusing? Sekilas memang tidak ada kaitannya sama sekali. Akan tetapi, jika ibu tanya dengan dokter kandungan, mereka akan menjelaskan dari sudut pandang ilmiah.

Seperti yang sudah ibu ketahui, selama masa kehamilan, ibu mudah sekali mengalami mood yang jelek, bukan? Ini bisa disebabkan oleh faktor hormonal. Dan ternyata, mood yang jelek ini bisa membuat emosi terganggu. Pada saat itulah syaraf otak mengkerut yang kemudian menyebabkan aliran darah tidak lancar. Ibu langsung akan merasakan pusing.

Pada intinya, pusing itu disebabkan oleh aliran darah ke otak yang tidak lancar. Hanya saja, faktor penyebab tersumbatnya darah bermacam-macam. Salah satunya disebabkan oleh kerutan pada syaraf otak yang berawal karena adanya gangguan emosional.

Itulah mengapa selama hamil, ibu disarankan untuk pandai-pandai mengatur emosi. Ibu harus tahu bagaimana menghindari stres. Atur jadwal kegiatan dan luangkan waktu untuk istirahat dan tidur nyenyak. Ini cara yang paling ampuh untuk menhindari gangguan emosional seperti stres.

Selain gangguan emosional, pusing saat hamil bisa juga disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Jika ibu memiliki alat untuk mengukur tekanan darah sendiri, ibu bisa mengecek sendiri. Namun, jika ibu merasa pusing, ibu harus segera konsultasi dokter kandungan.

Lho, bukannya darah rendah yang menyebabkan pusing? Betul sekali. Selama ini masyarakat awam memang memahami jika tekanan darah rendah maka mereka merasa pusing. Sebaliknya, tekanan darah tinggi pun bisa menyebabkan pusing.

Darah tinggi disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Dan pada saat itulah aliran darah ke otak terganggu. Akhirnya, seorang ibu hamil akan mengalami pusing yang luar biasa.

Kapan hal ini terjadi? Jika ibu memiliki masalah kolesterol, ibu berisiko mengalami penyempitan pembuluh darah. Ibu sebaiknya mengurangi makanan penyebab naiknya kolesterol seperti gorengan atau mengkonsumsi makanan fast food yang mengandung lemak.

Yang dikhawatirkan adalah pusing yang disebabkan oleh sirkulasi oksigen yang menurun. Ini biasanya terjadi ketika usia kehamilan ibu mencapai trimester kedua dan ketiga. Pada saat itu, pertumbuhan bayi di dalam kandungan sangat signifikan. Hal ini berimbas pada tekanan darah serta oksigen menurun sehingga ibu merasa pusing. Untuk membuat tekanan oksigen stabil, setiap pagi ibu sebaiknya melakukan gerakan fisik sebagai pemanasan sebelum beraktivitas. Luangkan satu atau dua kali dalam satu minggu untuk melakukan olahraga, seperti jalan sehat, senam ibu hamil, renang, atau yoga.

Tentu masih banyak lagi hal yang bisa ibu tanya ke dokter kandungan tentang pusing yang ibu alami selama masa kehamilan serta solusinya. Kunjungi www.friso.co.id untuk mendapatkan nasihat yang lebih akurat lagi langsung dari dokter spesialis kandungan.

Makanan Pencegah Pusing Saat Hamil

Dari penjelasan di atas, ada satu kesimpulan yang bisa ibu dapatkan. Pusing itu disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah ke otak. Hanya saja, penyebab aliran darah tersumbat itu bermacam-macam.

Terlepas dari hal tersebut, dokter kandungan sangat menyarankan untuk mengkonsumsi makanan tertentu agar pusing tidak ibu sering alami selama masa kehamilan. Contohnya saja mengkonsumsi buah pisang. Ini bisa ibu jadikan buah segar di siang hari sebelum makan siang.

Ibu mungkin bertanya mengapa harus buah pisang? Ternyata, pisang ini merupakan buah yang bisa memberikan energi. Ibu hamil yang pusing bisa saja disebabkan oleh rasa lapar yang membuat organ tubuh tidak bekerja secara maksimal. Ketika ibu sedang bekerja dan waktu makan siang belum tiba, ibu bisa menunda lapar dengan makan buah pisang.

Kacang-kacangan juga bisa ibu jadikan cemilan lho. Kandungan proteinnya sangat tinggi sehingga membuat kacang ini mengganjal perut sehingga ibu tidak merasa lapar. Selain itu, kacang juga mengandung zat besi yang tinggi. Kandungan ini sangat diperlukan jika ternyata pusing yang ibu rasakan disebabkan oleh anemia.

Tidak hanya makanan. Susu Frisomum Gold juga akan menghindarkan ibu mengalami pusing. Kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang di dalam susu ibu hamil ini membuat ibu bisa terhindar dari pusing. Salah satu kandungan di dalam susu ini adalah zat besi dan protein yang keduanya sangat berperan penting untuk mencegah pusing saat hamil.

Ibu sekarang sudah semakin paham tentang faktor penyebab pusing saat hamil, bukan? Jadi, bukan hanya anemia saja yang menjadi faktor penyebabnya. Dengan mengetahui informasi tersebut, ibu menjadi lebih tahu apa saja yang perlu ibu lakukan ketika ibu sering pusing.

Meskipun demikian, bukan berarti ibu tidak perlu konsultasi dengan dokter kandungan. Konsultasi tetap harus dilakukan setidaknya satu kali dalam waktu satu bulan. Untuk masalah emergency, ibu bisa tanya dokter kandungan secara online di situs Friso.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *