Teknik Belajar Bicara yang Mudah dan Efektif untuk Diterapkan

belajar bicara
ibu dan balita

Belajar bicara sudah dimulai saat si kecil berusia 1 tahun. Pada usianya yang menginjak 1 tahun, memang ia belum bisa mengucapkan kata dengan jelas. Namun, setidaknya ia sudah mulai mengoceh. Itu merupakan tahap anak belajar bicara.

Sebagai orang tua, tentu saja ibu ingin sekali perkembangan si kecil, terutama perkembangan berbicara lebih optimal. Untuk itu, ibu pasti berusaha mencari cara yang cepat dan efektif agar si kecil bisa cepat berbicara.

Adakah cara agar si kecil lebih cepat dalam belajar bicara? Tentu saja ada. Hanya saja, ibu harus sesuaikan teknik yang ibu terapkan dengan usia si kecil.

Teknik Belajar Berbicara Balita Usia 1 Tahun

Seperti penjelasan sebelumnya, pada umumnya balita usia 1 tahun sudah mulai belajar bicara. Memang tidak seperti orang dewasa berbicara, tapi lebih tepatnya balita lebih sering mengoceh. Dan itu merupakan tanda bahwa si kecil sudah mulai belajar berbicara.

Untuk itu, peran sangatlah penting. Pada usianya yang menginjak 1 tahun, usahakan ibu menerapkan teknik repetition atau pengulangan. Artinya, ibu harus lebih sering mengulang-ulang kata tertentu yang sering digunakan sehari-hari seperti kata ibu, ayah, makan, pipis, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan repetition ini, si kecil akan lebih cepat dalam proses belajar bicara. Ia tidak lagi bisa mengoceh saja, tapi akan lebih cepat mengucapkan kata dengan lebih jelas. Dalam hal ini, ibu harus benar-benar sabar. Lebih banyak ibu melakukan pengulangan, maka semakin cepat si kecil akan bisa berbicara. Karena pada dasarnya kemampuan bicara anak itu muncul karena ia sering mendengar. Ia bisa berbicara setelah ia mendengar, menyimpan kata-kata dalam memori, kemudian menirukan memproduksi kata tersebut.

Teknik Belajar Berbicara Balita 2 tahun

Untuk balita yang sudah berusia 2 tahun, umumnya ia sudah bisa berjalan dengan lancar. Tugas ibu selanjutnya adalah memperhatikan tumbuh kembang balita dalam hal belajar bicara.

Ibaratnya dalam sebuah kursus, balita usia 2 tahun tidak lagi belajar berbicara dalam tahap beginner, tapi sudah tahap intermediate. Artinya, ibu harus menerapkan teknik yang berbeda.

Saat usianya sudah menginjak 2 tahun, sebaiknya ibu membelikan buku dongeng. Buku akan semakin membuat si kecil lebih tertarik untuk belajar bicara. Ibu bisa membacakan buku dongeng setiap hari. Lakukan pengulangan kata dari buku tersebut agar si kecil bisa mengucapkan kata-kata tersebut.

Dengan memberikan buku dongeng, sebenarnya ibu tidak hanya mengajarkan bicara kepada si kecil, tapi juga belajar membaca. Jika ibu ingin belajar bicara lebih efektif, ibu bisa terapkan metode glenn doman program. Ini bisa dikatakan sebagai cara mendidik akan agar bisa bicara sekaligus membaca ketika usianya baru 2 tahun.

Tentu saja ibu tidak harus terpaku dengan teknik tersebut di atas. Mungkin ibu bisa menerapkan cara sendiri agar tahap anak belajar bicara lebih cepat. Pada intinya, semakin banyak si kecil mendengarkan kosakata, maka akan semakin cepat ia bisa bicara. Itulah mengapa apapun teknik yang ibu gunakan, kehadiran serta peran ibu dalam tumbuh kembang anak itu yang paling penting. Tanpa peran orang tua, teknik apapun yang ibu gunakan sepertinya akan sia-sia saja.

Jika saat ini ibu masih mengandung, untuk memastikan perkembangan bayi baik ketika ibu sudah lahirkan nanti, sebaiknya ibu mengetahui info ibu hamil seputar nutrisi yang harus ibu berikan agar janin cerdas ketika masih ada di dalam kandungan. Hal ini diperlukan agar ia tidak mengalami masalah dalam perkembangannya nanti, terutama ketika ia sudah balita dan mulai belajar bicara.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *