Tempat Wisata yang Cocok untuk Perkembangan Anak Usia 3 Tahun

Perkembangan Anak Usia 3 Tahun
Friso Indonesia

Perkembangan anak usia 3 tahun itu sangat menakjubkan. Si kecil sudah mulai bisa bergerak lincah. Ia juga mulai mengetahui banyak hal yang ada di sekitar mulai dari benda-benda yang ada di rumah hingga beberapa jenis benda yang ada di alam. Lebih menarik lagi, pada usianya yang ke 3 tahun, balita ibu sudah tahu bagaimana bersosialisasi dengan orang lain.

Untuk memaksimalkan perkembangan anak usia 3 tahun tersebut, seperti ibu harus turun tangan. Artinya, peran ibu harus lebih dioptimalkan. Mengajak si kecil berwisata mungkin bisa menjadi salah satu alternatif yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Akan tetapi, apakah ibu tahu wisata seperti apa yang baik untuk perkembangan balita 3 tahun? Berikut beberapa tempat wisata yang bisa ibu pilih.

Water Park

Water Park atau wisata air menjadi salah satu destinasi yang tepat untuk anak usia 3 tahun. Pasalnya, tempat ini menawarkan keceriaan bagi si kecil. Jika ia ceria, maka tumbuh kembangnya pun akan semakin optimal. Karena pada dasarnya belajar dengan ceria itu lebih efektif. Dengan membuat si kecil ceria selalu, maka ibu bisa memaksimalkan tumbuh kembangnya.

Akan tetapi, tidak itu saja yang ditawarkan ole tempat bermain yang satu ini. Dengan mengajak si kecil ke Water Park, perkembangan otot dan tulangnya akan lebih maksimal. Usahakan ibu mengajaknya untuk belajar renang di sana. Karena dengan olahraga renang, tulang si kecil akan terstimulasi untuk berkembang lebih cepat. Jadi, sangat tepat jika ibu merencanakan liburan dengan anak ke Water Park ini demi perkembangan anak usia 3 tahun.

Kebun Binatang

Bagi orang tua, mungkin kebun binatang merupakan tempat yang tidak menyenangkan. Akan tetapi, berbeda dengan anak-anak terutama ketika usianya 3 tahun. Pada usia tersebut, rasa keingintahuan terhadap makhluk lain sangat tinggi. Jika selama ini ibu mengenalkan berbagai jenis binatang melalui media buku, kenapa ibu tidak ajak si kecil ke kebun binatang untuk melihat secara langsung?

Salah satu ciri dari perkembangan anak usia 3 tahun adalah munculnya rasa kasih sayang terhadap orang lain maupun makhluk lain. Balita usia 3 tahun tidak hanya berubah dalam hal fisik, tapi juga psikis dan perasaan. Untuk memupuk rasa kasih sayang tersebut, maka ibu bisa ajak ke kebun binatang. Ibu bisa mengenalkan banyak hewan sekaligus memberikan pelajaran bahwa manusia hidup bersama di dunia ini dengan makhluk lain.

Taman Pintar

Sekarang ini, semakin banyak tempat wisata berupa taman pintar. Apakah anak usia 3 tahun sudah bisa diajak ke taman pintar? Tentu saja anak usia 3 tahun sebaiknya diajak ke taman pintar. Di tempat wisata ini, ia akan belajar seputar science yang sederhana. Setidaknya, ia memiliki pengalaman mengerti science ketika ia masih belia.

Jadi, itulah beberapa tempat wisata yang baik untuk perkembangan anak usia 3 tahun. Yang jelas, sebagai orang tua ibu harus berperan aktif dalam memperhatikan perkembangan balita. Penuhi kegiatan setiap hari dengan hal-hal yang positif.

Mungkin ibu perlu tahu beberapa kegiatan yang bisa ibu lakukan dengan balita di mana kegiatan tersebut bisa mengembangkan kemampuan si kecil. Lupakan gadget yang cenderung membuat si kecil pasif. Ganti permainan yang berbasis gadget dengan permaian sederhana namun sanga baik untuk perkembangan anak usia 3 tahun.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *