Temukan Cara Asyik untuk Tumbuh Kembang Balita Lebih Optimal

tumbuh kembang balita
Friso Indonesia

Tumbuh kembang balita sangat menentukan bagaimana ia akan tumbuh menjadi anak dan dewasa nanti. Untuk itulah mengapa ibu sebagai orang tua harus sadar betul akan pentingnya menjaga dan merawat si kecil agar tumbuh kembangnya benar-benar optimal. Dengan optimalnya tumbuh kembang anak, maka kedepannya nanti si kecil akan tumbuh menjadi anak yang pintar.

Siapapun pasti ingin sekali memiliki anak yang pintar, bukan? Apalagi seperti yang ibu ketahui saat ini bahwa kompetisi semakin kuat. Hanya dengan menjadikan si kecil sehat dan pintar, ibu akan bisa memastikan ia akan siap untuk menghadapi kompetisi tersebut. Dan apa yang harus ibu lakukan pada saat ini? Tentunya ibu harus berperan aktif dalam tumbuh kembang balita karena itulah yang menentukan masa depannya nanti.

Untuk itu, penting sekali bagi ibu untuk mengetahui serta mempratekkan apa yang sebaiknya ibu lakukan untuk mendukung perkembangan balita selain tentu saja memastikan nutrisi yang diperlukan si kecil tercukupi dengan memberikan susu balita terbaik. Berikut beberapa cara asyik untuk mendukung kreatifitas dan tumbuh kembang si kecil.

Belajar Seni Visual

Belajar sambil bermain itu akan menjadi kegiatan yang mengasyikkan, bukan? Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mengajak si kecil belajar seni visual. Dalam hal ini, jenis seni visual bisa ibu sesuaikan dengan usia dan kemampuan si kecil.

Salah satu pelajaran seni visual yang sangat simple adalah seni mewarnai. Untuk balita usia 2-3 tahun, hal ini akan sangat menyenangkan sekali. Mewarnai merupakan kegiatan yang akan mendorong tumbuh kembang balita. Ibu akan sangat senang sekali melihat si kecil mengenal pensil dan kertas bergambar. Selain itu, si kecil akan bisa tahu bagaimana memegang pensil yang benar, membedakan warna, dan yang paling penting, si kecil bisa berimajinasi seperti apa seni mewarnai menurut imajinasinya sendiri.

Ibu tidak perlu mendekte. Artinya, biarkan si kecil berkreasi dengan memberikan warna sesuai keinginannya. Ibu tidak perlu ikut campur seperti meminta si kecil untuk memarnai dengan warna tertentu. Hal tersebut justru akan menghambat kreativitasnya. Akan lebih baik jika ibu biarkan si kecil mewarnai sesuka dirinya.

Seni Musik

Ibu pernah lihat anak usia 7 tahun sudah pintar memainkan alat musik tertentu? Tidak mungkin hal tersebut bisa terjadi tanpa peran serta orang tua, bukan? Apabila ibu melihat tumbuh kembang balita mengarah ke bidang musik, tidak salah jika sejak dini ibu mengenalkan beberapa alat musik. Lalu, ibu pastikan alat musik apa yang paling disenang oleh si kecil. Optimalkan kesukaan tersebut sehingga menjadi bakat. Ajaklah si kecil untuk belajar musik di kelas khusus musik.

Menemukan kesukaan si kecil merupakan hal yang paling utama. Sayangnya, kebanyakan orang tua memaksakan kehendak mereka sendiri dan tidak menghiraukan apa yang diinginkan oleh anak. Jelas ini penghambat tumbuh kembang balita. Temukan apa yang ia suka dan tugas ibu hanya mengarahkan agar ia semakin mahir terhadap apa yang ia sukai tersebut.

Belajar dan bermain harus dipadukan. Namun, lebih dari itu, ibu harus memastikan kegiatan yang ibu pilihkan untuk mengasah kreativitas si kecil sesuai dengan keinginan atau kesukaan si kecil. Dengan harapan keinginan tersebut bisa menjadi cita-cita dan bekal saat dewasa nanti. Karena pada intinya inilah hal terpenting ketika ibu memperhatikan tentang tumbuh kembang balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *