Terapkan Tips Ibu Hamil Muda Ini, Maka Masa Kehamilan Jadi Enteng

tips ibu hamil muda
Ibu dan Balita

Memang tidak mudah menjadi seorang ibu hamil muda. Hal ini tidak ibu rasakan sendiri tapi juga ibu-ibu yang lainnya. Mereka diselimuti rasa was-was dan khawatir apabila terjadi sesuatu hal yang buruk terjadi pada janin yang ada di dalam rahim. Apalagi, kejadian janin mengalami keguguran sering terjadi saat usia kehamilan muda.

Itulah yang menjadi alasan kenapa ibu harus menerapkan tips ibu hamil muda, yaitu tips seputar bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil muda. Selain itu, ada hal yang paling penting lagi tentang bagaimana ibu bisa menjalani masa kehamilan dengan baik.

Bagaimana perkembangan janin bisa baik jika ibu justru lebih sering tertekan dan stress? Bagaimana kesehatan ibu terjaga jika psikologi ibu kurang baik?

Dalam hal ini, ibu tahu bawasannya menjaga kesehatan janin harus bisa dilakukan jika ibu merasa bahagia. Oleh sebab itu, ibu perlu melakukan beberapa hal berikut ini.

Selalu Berpikir Positif

Sebenarnya apa sih yang sering ibu pikirkan setiap hari? Bagi wanita yang baru pertama kali hamil, mereka sangat takut jika terjadi hal-hal yang buruk terhadap perkembangan janin. Akhirnya, mereka terlalu over-protected. Mereka sangat selektif dengan apa yang mereka konsumsi. Saking selektifnya, mereka menjadi terlalu khawatir. Akibatnya, mereka stress.

Sebenarnya tidak salah jika ibu selektif memilih makanan seperti apa yang harus ibu konsumsi. Hanya saja hal tersebut tidak lantas menjadi beban sehingga ibu stress. Jika ibu merasa sudah mengkonsmsi makanan yang sehat, ibu tidak perlu memikirkan hal yang lain lagi. Sudah cukup jika ibu sudah memilih untuk makan sayuran hijau, buah-buah segar, daging yang dimasak dengan cara yang tepat, dan rutin mengkonsumsi susu ibu hamil.

Akan lebih baik jika ibu lebih fokus terhadap hal-hal yang baik. Ibu bisa mulai memilihkan nama untuk sang buah hati. Mulailah menyicil barang-barang bayi yang harus dibeli. Dengan demikian, ibu akan menjalani masa kehamilan dengan ringan dan tanpa beban.

Rutin Melakukan Meditasi

Cara yang paling mudah untuk mengusir rasa penat adalah melakukan meditasi. Caranya sangat mudah. Ibu bisa melakukan meditasi di rumah setiap malam hari. Atau, ibu bisa mendengarkan musik dengan nada rendah sambil duduk bersila di ruang keluarga.

Melakukan meditasi akan menurunkan stress yang ibu alami. Dan ini cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan wanita hamil lho. Pasalnya, meditasi akan membantu memperlancar peredaran darah sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh semua organ tubuh akan disalurkan. Bukankah itu yang terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh?

Sayangnya, banyak orang yang menganggap meditasi itu hal yang tidak perlu dilakukan. Meditasi bisa menjadi alternatif terbaik jika ibu tidak memiliki waktu untuk olahraga setiap hari dengan berbagai alasan. Meditasi akan membuat pikiran jernih, melepas stress, dan sekaligus mendapatkan semangat kembali.

Siapa bilang menjadi ibu hamil muda itu berat jika ibu menerapkan cara tersebut di atas? Tidak ada yang berat menjalani masa kehamilan. Yang merasa berat adalah mereka yang merasa terkekang karena ada janin yang harus mereka jaga kesehatannya.

Menjaga kesehtan itu tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Percuma saja jika ibu sudah makan makanan yang sehat namun pikiran ibu penuh dengan hal-hal negatif. Karena pada dasarnya pikiran sangat menentukan kesehatan fisik. Ini yang harus ibu benar-benar pahami.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *