Terapkan Tips Mendidik Anak agar Si Kecil Mau Mendengarkan Perkataan Orang Tua

tips mendidik anak
Friso Indonesia

Tips mendidik anak berikut ini bisa ibu terapkan jika merasa selama ini si kecil susah sekali untuk dikasih tahu. Setiap kali ibu memberi nasehat, ia lebih sering membantah daripada diam dan mendengarkan apa yang ibu katakan. Itu artinya ada yang salah dalam pola asuh yang ibu berikan.

Untuk itu, ibu perlu perhatian tips mendidik anak berikut ini. Mungkin setelah ibu menerapkan tips berikut ini, anak ibu menjadi anak yang patuh dengan kedua orang tuanya.

Memberi Contoh

Apakah ibu sudah merasa menjadi tauladan yang baik bagi anak ibu? Jika belum, maka tidak salah jika anak ibu menjadi anak yang bandel dan susah sekali menuruti apa yang ibu katakan.

Saat ibu meminta si kecil untuk shalat namun ia tidak mau, maka ibu harus memberinya contoh. Ajaklah ia untuk shalat. Setidaknya ibu membiarkan si kecil untuk duduk di samping saat ibu sedang shalat. Itu sudah menjadi contoh yang baik. Jadi, si kecil akan mulai tahu apa yang sebaiknya dilakukan sehingga saat ibu memintanya untuk shalat, ia akan dengan mudah mau melakukan apa yang ibu perintahkan.

Begitu pula dengan hal-hal sepele lainnya seperti membuang sampah di tempat sampah, bersalaman dengan tamu, dan lain sebagainya. Tips mendidik anak harus secara konsisten ibu terapkan.

Memberikan Nasehat pada Saat yang Tepat

Sebagai orang tua, ibu pasti sering merasa malu saat anak ibu berbuat hal yang kurang bagus di depan banyak orang. Lalu, apa yang akan ibu lakukan? Memarahinya seketika itu juga bukan cara yang tepat. Bukannya anak ibu akan mendengarkan apa yang ibu katakan, tapi justru ia akan susah diajak berbicara.

Untuk itu, ibu harus tahu tips mendidik anak yang satu ini, yaitu tentang bagaimana berkomunikasi pada waktu yang tepat. Percuma saja saat ibu menasehat atau memarahi anak ibu padahal ia tidak mendengarkan apa yang ibu katakan. Oleh sebab itu, ibu harus cari waktu yang tepat agar ibu bisa berkomunikasi dan apa yang ibu katakan didengarkan oleh si kecil.

Salah satu waktu yang tepat adalah pada waktu ia sedang dalam keadaan gembira seperti ketika ibu mengajaknya bermain. Pada saat itu, ia akan lebih legowo untuk mendengarkan nasehat dari ibu. Mulailah untuk mengajarkan bagaimana cara bertingkah laku yang sopan di depan orang banyak. Pada saat itu, ibu bisa membuat janji dengan anak ibu agar ia tidak melakukannya kembali.

Atau, ibu bisa menasehati si kecil saat ia hampir terlelap. Salah satu tips mendidik anak adalah memberkan nasehat saat ia hampir terlelap. Karena pada kondisi antara sadar dan tidak sadar, memori otaknya bekerja lebih bagus sehingga apa yang ibu katakan akan tersimpan di benak si kecil

Itulah mengapa anak kecil harus sering dibacakan dongeng setiap kali ia akan terlelap. Dan saat ia hampir terlelap, orang tua harus memasukkan moral value atau pesan moral yang ada di dalam cerita. Dengan cara tersebut, secara tidak langsung ibu sudah menerapkan cara mendidik anak, yaitu mengajarkan hal-hal yang baik untuk dilakukan.

Daripada membentak-bentak si kecil namun ia tidak mau mendengarkan apa perkataan ibu, bukankah cara tersebut di atas jauh lebih efektif? Jadikan ibu sebagai orang yang di mana anak ibu merasa sedih maka ia akan lari dan menemui ibu. Dengan cara itulah apapun yang ibu katakan akan didengarkan oleh si kecil. bukan justru sebaliknya yang membuat ibu semakin ditakuti dan dibenci oleh anak. Itulah inti dari tips mendidik anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *