Ternyata, Cara Mendidik Anak yang Mengalami Down Syndrome itu Menyenangkan

cara mendidik anak
Friso Indonesia

Salah besar jika ibu menganggap memiliki anak yang mengalami down syndrome itu sebuah musibah. Justru sebaliknya. Jika ibu tahu sisi baiknya, ibu akan memahami bawasannya dianugrahi seorang anak down syndrome merupakan keistimewaan yang luar biasa.

Ibu tinggal cari tahu di mana sisi baiknya. Maka ibu akan dengan senang hati mendidik anak tersebut. Ibu tidak akan merasa ada beban untuk menjadi seorang ibu dari anak yang membutuhkan perhatian lebih dibandingkan dengan anak-anak umum lainnya.

Cara mendidik anak yang mengalami down syndrome pun sangat menyenangkan. Ini termasuk di dalam sisi baik memiliki anak berkebutuhan khusus ini. Ingin tahu bagaimana cara mendidik seorang anak yang mengalami down syndrome?

Belajar dari Dunia Nyata

Tidak mungkin anak yang mengalami down syndrome bisa berada di sekolah yang sama dengan anak-anak normal lainnya. Pasti suasanya sangat kacau. Jika tidak, anak tersebut akan jauh tertinggal dibandingkan dengan anak lainnya.

Salah satu alternatifnya adalah memasukkan ke sekolah khusus berkebutuhan khusus. Meskipun demikian, hal ini tidak bisa dikatakan pilihan yang terbaik jika ibu ingin sekali mendidik anak tersebut.

Yang terpenting dari seorang anak dengan down syndrome adalah bagaimana ia mengenal alam. Oleh sebab itu, para psikolog anak selalu menekankan cara merawat anak dengan down syndrome itu beda. Tidak perlu ibu mengajarkan seperti anak-anak normal. Yang perlu ibu lakukan hanya mengajaknya untuk ikut serta di setiap kegiatan keluarga setiap hari.

Saat ibu beraktivitas di dalam rumah seperti sedang memasak, ikutkan si kecil untuk membantu ibu memasak. Ini juga bagian dari belajar. Dan bahkan ini cara belajar yang efektif untuk anak yang mengalami down syndrome.

Lebih penting lagi mengajak anak untuk aktif bermain. Jangan biarkan ia menyendiri dengan gadget. Usahakan ibu selalu menawarkan permainan yang baru. Permainan tersebut harus membuat tubuh bergerak. Ini sangat bagus untuk membuat sistem motorik anak semakin baik.

Fokus Pada Pencarian Bakat atau Potensi

Ibu sebenarnya harus bersyukur tidak harus memasukkan anak ibu ke sekolah umum. Kebanyakan sekolah umum fokusnya tidak pada satu hal, tapi banyak hal. Maka tak jarang peserta didik yang tidak menemukan bakat atau potensinya. Selain itu, kalaupun potensi sudah terlihat, potensi tersebut tidak bisa diasah secara optimal.

Untuk anak dengan down syndrome, anak tersebut hanya butuh didikan dari seorang ibu yang mampu memunculkan bakat yang ada di dalam dirinya. Ibu pasti tahu banyak anak yang divonis terkena down syndrome tapi berbakat di bidang tertentu. Hal ini dikarenakan orang tua mereka fokus untuk mencari potensi di dalam diri anak tersebut dan mengasah potensi terus menerus.

Jadi, bisa dikatakan proses belajar anak berkebutuhan khusus tersebut sangat terfokus pada satu arah saja. Tidak seperti anak normal yang sepertinya diharusnya untuk berbakat dalam banyak hal.

Meskipun demikian, tidak bisa dipungkiri menjadi orang tua dari anak yang mengalami down syndrome tidaklah mudah. Ibu harus ekstra sabar ketika mendidik anak. Lebih dari itu, ibu harus banyak mencari tahu seputar cara mendidik anak yang mengalami masalah down syndrome dengan cara banyak membaca buku dan konsultasi dengan psikolog anak.

Ibu hanya perlu menikmati saja. Usahakan anak selalu senang sambil ibu didik dia untuk untuk mempelajari hal-hal yang sepertinya ia memiliki bakat di bidang tertentu.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *