Tidak Banyak Yang Tahu Manfaat Kehamilan Bagi Tubuh Ibu

manfaat kehamilan
www.ibudanbalita.com

Memang seorang wanita akan merasa bahagia jika ia mendengar bawasannya ada janin di dalam kandungannya. Dan kebahagiaan tersebut secara tidak langsung akan membuat semangat baru yang bisa memberikan pengaruh yang baik untuk kesehatan.

Namun, siapa sangka jika ada manfaat kehamilan bagi tubuh ibu lainnya. Anda pasti tidak percaya sebelum tahu penjelasan dari pakar mengenai manfaat kehamilan ini. Ingin tahu apa saja manfaat yang ibu bisa dapatkan selama masa kehamilan?

Manfaat Kehamilan Secara Umum

Mungkin ibu menganggap justru saat kehamilan ibu akan mengalami beberapa masalah kesehatan. Ini yang biasa disebut dengan keluhan kesehatan saat hamil seperti morning sickness, nyeri, dan bahkan sakit kepala yang tak tertahankan. Memang itu adalah keluhan yang sangat umum dialami oleh ibu hamil. Dan ibu bisa dapatkan solusi mengatasi semua keluhan kesehatan saat hamil di situs Ibu Dan Balita.

Namun, tahukah ibu jika ternyata kehamilan adalah masa di mana kesehatan ibu secara umum menjadi lebih baik? Sebenarnya ini lebih bersifat psikologis saja. Umumnya, ibu hamil akan senantiasa menjaga kesehatan karena mereka tidak ingin janin di dalam kandungan mengalami masalah kesahatan. Itulah mengapa mereka akan mulai menjalankan pola hidup yang sehat. Sedikit demi sedikit mereka akan meninggalkan gaya hidup yang kurang sehat.

Dan ini berlangsung hingga 9 bulan, lho? Dan inilah yang terjadi. Ketika mereka menjalankan pola hidup yang sehat selama 9 bulan, mereka tidak sadar jika itu sudah menjadi kebiasaan. Jadi, jelas kan jika ada manfaat kehamilan bagi kesehatan ibu secara umum?

Penyakit Berbahaya Bisa Diatasi Saat Hamil

Siapa sangka jika beberapa penyakit bisa diatasi ketika ibu sedang hamil. Dan jangan salah, bukan penyakit biasa, melainkan penyakit yang sangat berbahaya.

Contohnya saja penyakit jantung. Mungkin ibu tidak merasa memiliki masalah dengan jantung ibu. Hal ini disebabkan ibu tidak tahu resiko yang bisa ibu alami. Siapapun memiliki resiko mengalami masalah pada jantung. Hanya saja, tingkat resiko itu berbeda-beda.

Resiko terkena penyakit jantung tersebut akan dihilangkan ketika ibu hamil. Menurut ahli kesehatan ibu hamil, hal ini disebabkan karena meningkatnya hormone estogren selama masa kehamilan. Hormone inilah yang akan menjaga produksi kolesterol sehingga tidak terlalu banyak yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Kolesterol yang tinggi akan menyumbat penyaluran darah sehingga hal ini akan berakibat buruk bagi kesehatan jantung.

Selain itu, jika ibu mengalami masalah nyeri yang tak tertahankan ketika menstruasi, kehamilan merupakan obatnya. Kram atau nyeri pada perut disebabkan oleh darah haid. Sementara itu, ketika hamil, hormone yang berperan pada saat haid digunakan untuk kehamilan, lebih tepatnya untuk memperlancar proses persalinan. Dan ketika masa persalinan sudah ibu lewati, tubuh akan semakin sehat dan rasa nyeri akan hilang.

Dan sebenarnya masih banyak lagi manfaat ibu hamil yang bisa dirasakan. Yang pasti, jangan mengeluh ketika ibu merasakan keluhan kesehatan saat hamil. Ibu bisa konsultasi dengan dokter kandungan secara langsung atau konsultasi secara online agar mendapatkan solusi atas keluhan yang ibu rasakan.

Sekarang sudah ada forum ibu dan balita di mana ibu bisa sharing atau bertanya kepada ibu hamil lainnya tentang pengalaman mereka selama hamil. Ini bisa mendapatkan bekal ilmu yang bisa ibu gunakan untuk menghadapi masa kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *